Apa Manfaat Menjingling Blog Orang Lain?

Apa Manfaat Menjingling Blog Orang Lain?


Apa manfaatnya menjingling blog orang lain?


Kali pertama saya membangun blog, saya banyak mencari informasi dengan bergabung di grup-grup facebook yang berhubungan dengan blogger.


Ada beberapa kali pertanyaan yang saya utarakan disana, jawaban yang mendukung dan meremehkan berkesinambungan meramaikan pertanyaan saya. Saya kira tidak ada pertanyaan remeh, atau pertanyaan yang kecil sekali. Semua pertanyaan itu bagus. Seperti contoh, saya pernah bertanya, bagaimana cara membuat blog? Dan lebih bagus mana antara yang A dengan yang B? untuk orang yang sudah sangat sangat berpengalaman pertanyaan ini adalah kecil, seperti ujung kuku kelingking hingga bukan malah mendapat jawaban tetapi malah mengkucilkan atau meremehkan, tapi bukan berarti semua blogger begini hanya segilintir tapi semoga semakin kecil dan punah. Untuk yang berpengalaman tetapi tetap rendah hati dan bilang bahwa beliau masih juga belajar, akan menjawab tuntas pertanyaan remeh tersebut.


Setelah beberapa minggu saya bangun blog dan rajin mengunggah link di story WA dan grup-grup FB (biar banyak view, eh wkwk) beberapa kali saya mendapat pertanyaan yang dulu menurut saya sulit, “kak, bagaimana cara membuat blog”, “kak, ajarin buat blog dong” dan ya, sekarang saya mengakui bahwa pertanyaaan itu remeh atau gampang (eh, mohon maaf) tapi tidak diutarakan bahwa itu hal yang remeh apalagi menjawab dengan remeh juga, tidak tidak. Saya ingin berusaha tidak seperti itu. Semoga.


Suatu hari, saya membaca postingan dari rekan blog di grup bahwa blog nya kena jingling. Saya yang pemula ini baru mendengar apa itu jingling tidak paham, dengan sabar saya membaca koment di bawah-bawah postingan itu. Dan ada kalimat yang bikin saya berhenti mengirim link di grup itu lagi, “di sini banyak orang jahil gan, jangan kirim link sembarangan”, nah loh, saya yang ngga tau apa itu jingling tapi tetap takut dong.


Pernah beberapa kali juga saya browsing apa itu jingling, point besarnya memang agak paham tapi tetap belum paham sebenar-benarnya apa manfaat menjingling blog orang lain? Mendatangkan banyak pengunjung sekali klik, lalu beberapa hari bisa turun drastic (apa manfaatnya si?)


Katanya sih katanya, untuk blog yang mendaftar AD, bisa berakibat fatal, bahkan katanya sih katanya juga bisa dianggap spam oleh google dan lebih parahnya di hapus dari google (hasil browsing). Oke, ini kerugian dari blog yang dijingling, lalu manfaat nya buat yang menjingling itu apa sih? Mau lihat saudara sesama bloggernya tidak sukses? Ah pemikiran apa ini, ayolah bersikap dewasa sedikit.


Dan, ASTAGHFIRULLAHAL ADZIM, blog saya yang baru sebulan ini kenak jingling juga dong! Apa lah yang ada dipikiran anda menjingling blog yang baru berumur sebiji jagung? Awalnya sih saya senang kan ya, pengunjung nambah drastis, apa lagi hari itu saya tidak mengshare link blog saya, tapi tetap banyak pengunjung. Kebetulan hari itu juga saya lagi bahas blog sama temen saya lalu ngarah pada tema jingling, saya curiga, apa blog saya kenak jingling ya? Setelah saya cek  dan saya tanyakan sama teman saya, ternyata iya!. Tapi sampai sekarang saya tidak merasa ada dampak apa-apa sebab jingling itu sih, atau memang saya kurang pengetahuan atau kurang peka (?)


Bukan maksud saya menentang atau menantang rekan-rekan blog yang pernah menjingling blog orang lain. Saya tidak paham apa-apa, saya pemula hehe. Saya berani begini karena yang kena jingling itu blog saya dong hiks. Jadi begini, sebenarnya ini tulisan tidak mengandung ilmu tentang jingling apalagi bagaimana cara  mengatasi jingling, sudah saya bilang saya pemula hehe. Hanya saja, ini tulisan sebagai sharing saja dari saya sesuai pengalaman dan beberapa keluhan dari rekan-rekan blog yang lain.


Untuk yang hanya iseng atau ingin menjatuhkan rekan blog lainnya, ayolah jangan berfikiran seperti ini, kita ini saudara, harusnya saling merangkul dan menguatkan bukan malah menjatuhkan, jikan seperti ini kedepannya, kapan indonesia maju? Kalau sesama warganya pun tidak mau melihat saudaranya maju (?)


Kalau ingin terlihat lebih sukses dari saudaranya tidak apa-apa, bahkan ini adalah pemikiran yang bagus agar lebih semangat lagi berkarya, tapi harus dengan tanda kutip, bersainglah dengan cara yang sehat, bukan jingling menjingling. Ah, maafkan saya yang sok menasehati para master-master yang lagi baca tulisan ngga jelas saya. Tapi sekali lagi, please! Mari saling merangkul, sukses bersama, kepalkan tangan bersama, lalu bersorak ria bersama saat sudah sama-sama sukses, oke? Jangan lagi ada pemikiran ingin menjatuhkan bersama. Tidak baik hehe. 




Baiklah sekian dari saya yang pemula ini, salam damai hehe.


Related Posts

Hai.. Panggil saja saya sulfa, atau Aini gpp, kalo di gabung jadi sulfaini, itu nama asli saya. Lahir di tanggal yang unik; 06 06 2000.

Add Comments


EmoticonEmoticon