Menulis Fiksi itu Seksi - Review Buku


Menulis Fiksi itu Seksi - Review Buku
 

 

Saya selalu menganggap tulisan saya sebagai kekasih. Saya bercumbu dengannya melalui semburan kata-kata. Saya menggodanya dengan permainan kaya yang nakal. Saya menggerus emosinya dengan kalimat-kalimat menyentuh. Dengan dasar cinta yang kuat, sangat sulit untuk saya menghentikan cinta ketika ekspresi karya belum selesai, seperti itulah menulis novel (halaman 191)


Alberthiene Endah, penulis ini merupakan seorang jurnalis dulunya, yang sangat suka sekali membaca. Beliau ingin sekali menulis sesuatu yang tidak dikekang atau di bawah aturan orang lain, al hasil beliau menghasilkan novel pertama tentang “Jangan Beri Aku Narkoba” dengan segala kegelisahan, gemetar, pergi kesana sini untuk mencari informasi sebagai tambahan referensi dan segala macam usaha lainnya sehingga novel itu menjadi best seller dan mendapat penghargaan dari badan narkotika. Ya, ini tu sangat membangkitkan semangat saya untuk melanjutkan naskah novel yang hanya satu setengah lembar wkwk.


Baru di awal baca saja, saya sudah jatuh cinta sama buku ini. penyampaiannya yang nyantai sekali, bahasa yang sangat mudah diserap, ilustrasi bukunya yang tidak membosankan sayangnya sih saya baca dari ipusnas online, jadi bukan fisik huhu. Bab per bab nya sangat berkesinambungan dan terkesan terurut gitu, nggak ngacak dari langkah awal sampai akhir.


Beliau banyak menceritakan tentang beberapa karya yang dihasilkan, bagaimana latar belakang karya itu dibukukan, ide yang lari-larian. Pun, penulis juga mencantumkan beberapa pengalaman temannya dalam menghasilkan karya, dari yang selesai sampai yang diangguri. Sangat bermanfaat sekali untuk saya khususnya, banyak sekali ilmu yang didapat setelah membaca buku ini, dan terkesan menjawab semua pertanyaan, kegelisahan, ketakutan untuk menghasilkan novel, bagaimana cara menyikapi mood, bagaimana menyikapi ide yang banyak sampai tidak tau mau mendahulukan yang mana atau sebaliknya tidak menemukan ide. Semuanya terjawab. Dan terpenting juga, buku ini sempurna sekali menurut saya, karena apa? Penulis menuangkan langkah-langkah yang lengkap sekali sampai dengan proses penerbitan. Wow!


Sepertinya jangan terlalu spoiler ya, jadi jika anda penasaran, silahkan baca! Saya pastikan anda tidak akan menyesal.


Terlihat juga dari pengalaman saya yang saya cocokkan dengan beberapa langkah atau pengalaman dari penulis, yang membuat saya mengaggukkan kepala dan mengiyakan pendapatnya yaitu, kita harus mempunyai disiplin waktu untuk menulis. Usahakan setiap hari nulis, mau sesedikit apapun hasilnya, yang penting konsisten dulu. Dan terpenting, ciptakan rindu. Jadikan tulisan itu adalah pacar. Paham? Jika tidak, silahkan baca. Sanga recommended sekali.


Sumpah! Bena-benar cinta sama ini buku! dan pengen sekali meminta saran langsung dari penulis!. Semoga ada kesempatan, Aamiin.


Related Posts

Hai.. Panggil saja saya sulfa, atau Aini gpp, kalo di gabung jadi sulfaini, itu nama asli saya. Lahir di tanggal yang unik; 06 06 2000.

Add Comments


EmoticonEmoticon