REVIEW NOVEL BIOGRAFI NARASI GURUNDA

REVIEW NOVEL BIOGRAFI NARASI GURUNDA


Baru sekarang saya nemu buku biografi yang dinovelisasi, biasanya ya kalau novel ya novel, kalau biografi ya biografi. Ah kudet sekali saya. Tapi di kata pengantar buku itu memang dijelaskan kalau buku biografi yang dinovelisasi ini sulit ditemukan. 


Kalau ditanya suka tidak sama buku-buku biografi? Saya jawab tidak hehe. Saya sudah banyak menemukan buku biografi yang monoton. Hanya berisi angka-angka, sejarah tanpa jeda, dan dengan bahasa yang sangat serius. Saya bolehkan berpendapat seperti ini? wkwk bukankah kita mempunyai pandangan yang beda wkwk.


Apalagi buku biografi, kadang saya males membaca bionarasi yang ada di belakang buku-buku. buku apa saja itu wkwk. beda kalau bionarasinya memakai bahasa yang ringan, saya baca tuntas, kalau ngga, berhenti di tengah jalan pasti hehe.


Kembali pada buku ini, walaupun sebenarnya ingin menuliskan biografi seorang tokoh, saya tidak menemukan secara gamblang ada penjelasan biografi seorang tokoh, melainkan ini novel yang bergenre romantis, fantastis yang menceritakan seorang tokoh sejak kecil. Bahkan, di bab-bab pertama, saya kebingungan siapa tokoh utama dalam buku ini. Saya kira bapaknya taufiq, eh ternyata setelah membaca kembali testimoni dan kata penghantar tokoh utamanya adalah taufiq. Kan covernya ada foto tokoh yang sudah ‘tua’ ya ngga kepikiran dong kalau ini sedang menceritakan kisahnya dari kecil, mana lupa lagi kalau ini buku biografi yang dinovelisasi wkwk saking asyiknya mengikuti alur dari ceritanya, kebetulan juga saya sangat suka novel.


Banyak sekali pelajaran yang saya dapatkan dari tokoh “Taufiq  kecil”, mulai dari berbakti sangat pada orang tua, mempunyai cita-cita yang tinggi, mempunyai cara sendiri dalam menghasilkan uang tanpa mengesampingkan sekolah, dan masih banyak sekali. Apalagi “taufiq dewasa”, kesederhanaannya, kesabarannya, ibadahnya dan yang paling membuat saya tersenyum sendiri kisah asmaranya. Benar-benar sangat saya nikmati.


Yang sangat disayangkan, kenapa halamannya tipis sekali 160an! Kurang tebal hehe. Pengkisahannya agak singkat apalagi saat menceritakan “taufiq dewasa” tapi tetap tidak meruntuhkan jabatan novel ini sebagai best seller hehe.


Buat kalian yang sangat suka buku biografi, wajib baca buku ini! Kenapa? Agar kalian juga bisa suka sama novel hehe. Biar tidak melulu soal angka dan sejarah yang bahasanya belibet wkwk.. eh sekali lagi, ini hanya menurut saya ya wkwk.


Dan terimakasih sangat untuk penulis novel ini, kak jihan yang sangat baik sekali mendaratkan bukunya menjadi milik saya dengan gratis. Semoga Allah mengganti dengan yang lebih, Aamiin


Related Posts

Hai.. Panggil saja saya sulfa, atau Aini gpp, kalo di gabung jadi sulfaini, itu nama asli saya. Lahir di tanggal yang unik; 06 06 2000.

Add Comments


EmoticonEmoticon