Selamat Umur Sebulan Blogku hihi

penasulfa.com


Selamat! Umur blognya sudah genap satu bulan.
 

Mau nulis apa? Entah, saya hanya ingin mengikuti jari yang tak berhenti menekan-nekan tombol di laptop, dengan ide dalam pikiran, ingin membuat tulisan bertepatan genap satu bulannya umur blog ini sebagai kenangan yang bisa dibaca kemudian hari. Eh btw, bukan genap sih, lebih dua hari, harusnya kemarin saya nulis ini, tapi banyak kendalanya atau lebih dominan malas wkwk.

Kenapa sih buat blog? Entah, ngalir aja gitu wkwk. sebenarnya saya baru sadar, bahwa sejak kecil saya punya hobby nulis sekalipun hanya diary, saya juga hobby membaca sekalipun hanya baca cerita-cerita dan novel. Dan mungkin jika diasah dan ditekuni sangat bagus sekali ya hehe.

Dari dulu hanya ngalir aja gitu. Nulis hanya di buku-buku kecil, di lembaran-lembaran kertas, karena memang yang saya bisa tulis hanya curhatan-curhatan ngga jelas gitu, jadi ngga kepikiran kalau saya bisa jadi penulis. Membaca juga begitu, hanya bisa membaca karya orang lain tanpa pernah ada keinginan membuat karya sendiri, astagfirullah sekali ngga si? Hehe.

Nah, selepas saya umur 20th. Banyak sekali pemikiran negative, seperti, “Ah, Cuma saya yang ngga sukses di usia segini”, “kek ngga ada guna hidup 20th tanpa prestasi”, “saya harus punya penghasilan sendiri”, “malu kalau selalu minta sama orang tua” dan sebagainya. Yang sudah umur 20th sudah merasakan seperti saya tidak? Yang belum, siap-siap ya wkwk.

Gegaya nulis beginian, memang anda sudah sukses apa? Kalau ada yang nanya gini, saya jawab tidak. Saya belum sukses, belum ada prestasi, belum ada penghasilan sendiri (pernah jualan online si), dan masih minta sama orang tua. Kenapa saya berani nulis gini? Tidak ada yang tau bukan, apa yang akan terjadi besok sama kita? Semoga saja esok saya sukses menjadi penulis, dan tulisan receh ini bisa jadi saksi dan buat kenangan sebagai bahan senyuman wkwk. ini saya pernah belajar pada kak ilham, ig beliau @ilhamsangjuara. Beliau mengajarkan bahwa ayo bangkit, jangan malu post proses kalian dari bawah, agar saat kita sukses kenangan itu tidak akan hilang dan bisa jadi saksi, terimakasih kak

Kembali lagi kenapa saya nulis blog ini. Setelah umur 20th, pikiran-pikiran negative itu menguasai jiwa saya, dada sangat nyesek kalau ingat mah. Sekarang pun masih, tapi lumayanlah karena adanya blog ini wkwk.

Saya mencari beberapa orang yang bisa mengasih saya solusi. Saya kebingungan dong, saya tidak punya bakat apa-apa, bagaimana cara nya sukses? Bagaimana caranya punya prestasi? Saya hanya punya andalan, saya humoris, bahkan saya pernah menuliskan mimpi saya saat ada kuliah tamu bahwa saya ingin menjadi salah satu orang yang bisa membuat orang-orang tertawa wkwk. dan hal itu masih menjadi keinginan saya sebetulnya tapi ah biar ngalir aja dulu wkwk.

“Iya hobby mu apa? Coba asah.” Banyak sekali orang yang bilang begitu saat saya bilang kalau saya ingin berprestasi atau setidaknya saya bisa sukses dalam satu bidang saja. saat itu juga kalau ditanya hobby saya masih kebingungan mau jawab apa ,  kebayang ga si? Anak kuliah loh ah wkkw. Balesan saya Cuma, dari dulu saya suka nulis, dan baca saja, dan itu hanya nulis diary, ya masa bisa dijadiin prestasi? Nah tu pikiran astagfirullah sekali wkwk.

Orang yang paling menyemangati saya bahwa saya harus nulis, nulis dan nulis. “Kan hobby mu nulis? Coba asah. Intinya setiap hari nulis de”. Begitu kata mbak senior saya plus satu kontrakan saya, Bak muallifah, akrab disapa ifa. Apa tanggapan saya? Jujur ya, kesel. Apa yang mau ditulis coba? Bagaimana cara nuli si? Mau nulis apa ini? Bak ifa ngga pernah nyuruh saya harus nulis ini, harus nulis itu, perintahnya Cuma nulis. Siapa yang ngga kesel coba ya kan? Dan karena itu beberapa hari saya ngga minta pendapatnya lagi wkwk, bak ifa kalau baca ini jangan dulu sakit hati ya wkwk masih ada kelanjutannya ini wkwk.

Lanjut kembali mencari orang, karena saya orangnya pemalu, saya ngga bisa berdiskusi langsung apalagi sama orang yang tidak dikenal, dan alhamdulillahnya, virus corona ini memberikan jalan, semuanya seperti online dan ini memudahkan saya untuk bisa curhat ngga jelas, nanya-nanya ngga jelas di chat, hobby saya ini mah wkwk. Nah, saya coba menghubungi salah satu dosen untuk berdiskusi atau lebih tepatnya dimintai pendapat tentang saya. Dan sayangnya tidak ada respon baik.

Tidak menyerah, saya kembali mencari dosen yang punya banyak bahan pengetahuan tentang bakat seseorang, psikologi dan sebagainya, jatuhlah pada dosen semester dua saya, Dosen orin. Kebetulan kemaren beliau mengisi seminar di grup yang saya ikuti tentang bakat. Dan Alhamdulillah respon baik dari beliau. Banyak sekali yang saya tanyakan, bahkan saya juga test kepribadian. Dan beliau lah pertama kali menyuruh saya membangun blog, karena menurut beliau tepat sekali hobby yang dipunya. Jazakillah khair ibu

Sejak itu, saya kembali menghubungi bak Ifa wkwk. tetap saja saya disuruh nulis tanpa dikasih tau harus nulis apa. Oke rasa keselnya udah mendingan. Saya mencoba membuka laptop, tanpa ide apa-apa. Menneng aja saya di depan laptop dong, ini mau nulis apa si? Tapi alhamdulillahnya dapat hasil! Saya bisa nulis dua paragraph! Ya lumayanlah.

Sadar ngga? Bahwa ini sudah menjadi tulisan sekalipun ngga jelas? Nulis saja apa yang ada difikiranmu, begitu kira-kira ilmu yang saya dapat saat pernah ikut kelas online menulis, saya terapkan deh. Dan sebenarnya ini sangat berkesinambungan sama perintah bak ifa yang hanya suruh nulis, nulis dan nulis tanpa membuatkan tema.

Kepikiran dengan blog, saya mencari tau dan tekerjut saya dong! Kalau nge blog bisa menghasilkan uang! Uwuuuu, ini nih kelemahan saya wkwk, selalu ingin menghasilkan uang wkwk.

 

Lalu saya banyak bergabung dengan grup-grup di facebook, tentang blog. Semakin menarik, semakin ingin cepat-cepat pula saya ingin membuat blog, hingga suatu hari, saya coba berani menanyakan di grup yang berkaitan dengan blog. Dan Alhamdulillah, banyak sekali orang baik : yopie_popoy , Author dan adminnya : www.sastrasukasuka.us  dan  www.cobamoveon.com . Beliau bersedia mengajari saya dari nol, ikut andil dalam proses nge blog, sampai detik ini. Semoga Allah membalas lebih kebaikanmu bang, maafkan sulfa udah banyak bikin kesel wkwk.

Setelah beberapa hari ngeblog, ngga tau mau nulis apa di blog. Tulisan pertama adalah puisi yang sebenarnya sudah saya tulis beberapa bulan yang lalu, sebagai percobaan, saya update itu saja. dan, saya tak sengaja membaca “lomba” yang berkaitan dengan blog dan hadiahnya domain gratis! Saya ngga paham domain ini apa, tapi karena masih semangat-semangatnya nulis. Saya coba ikut! dan masyaa Allah sekali, saya menang dan dapat domain gratis yang harganya lebih 100an. Ajaib sekali alur MU Rabb. Terimakasih untuk keluarga maheswara;)

Tak cukup dari itu, saya banyak masuk grup wa seminar tentang kepenulisan. Dan juga grup wa “BSSB” wajib membaca buku yang bisa membantu saya berkomitmen. Dan di sana saya banyak menemukan ilmu baru, dan yang paling saya suka, mereview buku itu asyik dan asyiknya jadi bookstagrammer. Dari situlah, tingkat membaca dan menulis saya semakin tinggi, semangatnya loh wkwk

Boleh cek ig saya sulfainilf dan FB suLfaini Lf wkwk. disana ada review buku yang sudah saya baca yang sebenarnya sudah saya uploud di blog si, tapi ngga papalah, lihat versi instagram wkwk.

Apa sih maksud saya nulis beginian? Mau bilang kalau sudah sukses? Sudah saya katakan saya belum sukses. Hanya saja saya ingin menulis tepat blog ini umur sebulan! Biar bisa dikenang, dan dalam pikiran saya, berbagi pengalaman ini.

Memang ini pengalama yang harus dicontoh? Kenapa harus dilihat banyak orang? Jujur saja ya, selepas saya menekuni hobby saya; membaca dan menulis. Mengikuti banyak kelas online tentang menulis, dan membangun blog ini. Perasaan saya agak lega. Saya bangga sudah mempunyai impian yang nyata sekalipun belum terwujud. Saya bangga punya hobby menulis dan membaca, membagi tulisan saya pada banyak khalayak yang mungkin banyak sekali yang mencuekinya. Tidak apa-apa. Saya tidak mecari kepopuleran itu. Dan saya bangga, saya bisa menimalisir perbuatan yang sia-sia, dengan menulis dan membaca. Intinya, saya bangga sudah ada di posisi ini gitu, bukan maksud sombong ah.

Banyak sekali impian saya, terutama menjadi penulis hebat yang bermanfaat, penulis lepas, penulis buku, penulis majalah dan sebagainya. semoga yang terbaik, Allah kabulkan, Aamiin.

Buat kalian yang sudah baca cerita ini sampai akhir, terimakasih. Semoga kalian sukses dengan impian masing-masing.

Saya sangat senang sekali berbagi cerita, boleh berteman akrab dengan saya kunjungi instagram atau facebook saya ya. Silahkan DM! saya pastikan dibalas wkwk saya tidak cuek kok hehe.


SALAM SUKSES!  YAKIN SAJA! SEMOGA KITA BISA SUKSES!



Related Posts

Hai.. Panggil saja saya sulfa, atau Aini gpp, kalo di gabung jadi sulfaini, itu nama asli saya. Lahir di tanggal yang unik; 06 06 2000.

Add Comments


EmoticonEmoticon