Kelebihan dan Kekurangan Ebook


Mengapa banyak orang menyukai ebook?


Untuk zaman yang serba canggih ini, bohong rasanya kalau tidak tau apa itu ebook. apalagi anak muda, anak pelajar, orang tua pun pasti banyak yang tau apa itu ebook. virus corona yang menyerang banyak sekali Negara terutama Negara indonesia mengharuskan kita beraktivitas dirumah saja untuk menimalisir tertularnya virus  tersebut. agar tidak tertinggal informasi, salah satu cara yang efektif adalah memanfaatkan teknologi canggih ini; HP, Laptop, iPad dan sebagainya. begitu pula untuk pencinta buku, banyak sekali yang sudah pindah tempat, dari buku ke ebook karena terkesan lebih mudah dan praktis. 


Lalu apa itu ebook?

Menurut Wikipedia, ebook (elektronik buku) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku. ebook adalah jenis buku eletronik yang berbentuk teks, gambar, audio atau video yang bisa dibuka melalui HP, laptop, komputer dan lainnya.

 

Setelah saya melontarkan pertanyaan di snap WhatsApp tentang ebook, beberapa dari pengunjung snap saya menjawab dan menyebutkan kelebihan dan kekurangan dari ebook yang saya setujui juga. Lalu apa saja? cekidot kebawah


Kelebihan Ebook

  • Praktis, ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Dibandingkan dengan buku yang tebal, berat dan ribet saat membawanya, tentu beda dengan ebook. ebook yang sudah tersimpan rapi di HP; dikantongi setiap saat sangat mudah dan tidak ribet membawanya, apalagi berat. lihatlah, HP sangat ringan dibawa, tipis, kecil, beda sekali dengan buku yang bisa berukuran besar dan tebal. Kita bisa membaca buku dimana saja, dan kapan saja, tanpa khawatir kita lupa membawa buku sehingga tidak jadi membaca dikala ada kesempatan membaca.
  • Bisa diakses secara gratis. Jika untuk memiliki buku kita harus mengeluarkan beberapa lembar uang dari kantong agar bisa memeluknya, maka ebook tidak demikian. Banyak sekali aplikasi atau platform gratis yang menyediakan banyak sekali buku yang bisa kita baca tanpa mengeluarkan uang sepeserpun; mungkin hanya berkurang pada paket data:v tapi ngga banyak kan? Karena mudahnya diakses begini, banyak oknum-oknum yang tak sopan mengcopast lengkap isi buku lalu diupload lah dipaltfrom pribadinya, atau bisa jadi di cetak lalu dijual dengan harga murah. Ini tentu sangat menyalahi undang-udang dan tidak punya etika. Hindari membaca pdf atau buku-buku ilegal dan bajakan ya. Belajarlah menghargai penulis, jika tidak bisa membeli, maka silahkan membaca gratis di aplikasi perpustakaan.
  • Mempermudah pencarian. Jika kita baca menggunakan ebook seperti pdf, maka cukup ketikkan kata yang ingin dicari seperkian detik kemudian akan muncul. Beda halnya dengan buku yang harus berulang kali membolak-balik balikkan halaman untuk mencari kata atau kalimat yang lupa.
  • Mempermudah atau mempercepat mendapat informasi. Banyak sekali pdf yang berserakan di google yang bisa diakses secara gratis. Kita hanya harus mendownloadnya maka akan muncul informasi lengkap, beda dengan buku. kita masih harus mencari toko yang menyediakan informasi yang kita cari, masih proses membayarnya, apalagi kalau belanja menggunakan online, harus menunggu dua atau tiga hari untuk bisa memeluknya. Tapi ingat, pintar-pintarlah memilih ebook atau pdf.

Nah, karena ebook ini adalah ciptaan manusia, yang mustahil jika sempurna, maka ebook juga mempunya kekurangan. Apa saja? scroll lagi kebawah ya, tapi jangan lupa istirahatkan sebentar matamu, pandanglah pemandangan bagus yang ada di depanmu sekarang, seruput kopi di sampingmu yang sudah hampir dingin, jangan lupa nyemil juga ya! Sudah? Mari kita lanjut ahaha


Kekurangan Ebook

  • Ya, dengan kita membaca buku melalui hp atau laptop, maka mata kita akan lebih dekat dengan masalah. Computer visiom syndrome (CVS) adalah kumpulan masalah mata disebabkan HP, laptop atau komputer. Seperti mata kita akan terasa panas, berair, perih, gatal lantaran menatap layar yang terlalu lama, apalagi pencahayaan yang disetel terlalu tinggi. Mata lelah dan  bisa stress lantaran jarang berkedip, konon katanya dalam satu menit, mata haruslah berkedip lebih dari 15 kali, jika kita terus memandang layar dengan fokus dan konsentrasi maka bisa jadi dalam satu menit kita tidak berkedip 15 kali atau lebih.
  • Tidak bisa mencium bau buku, tidak bisa melihat secara nyata ilustrasi buku dan tidak bisa ditandai. saat saya melontarkan pertanyaan, ada beberapa menjawab kalau mereka sangat suka dengan bau buku, nah jika membaca buku melalui digital maka tidak akan bau yang bisa diendus; eh wkwk. ilustrasi yang indah pun masih kurang sempurna jika hanya dinikmati dari layar, bukan kenyataan. Apalagi halaman yang tebal yang tidak bisa dibaca sekali duduk, ketika kita memilih membaca di hp maka tidak bisa ditandai sampai mana kita membacanya, harus pintar-pintar mengingat halaman terakhir, bahkan kadang pengalaman saya sendiri, saat keluar dari aplikasi maka akan kembali ke halaman awal yang mau tidak mau harus sabar-sabar menscroll dari awal.
  • Tidak benar-benar fokus membaca, secara saat kita membaca melalui hp dengan keadaan data hidup, maka pastinya banyak sekali notif yang berkejaran berbunyi. Dari notif wa, ig, fb dan sosial media lainnya, bahkan sekalipun data sudah dimatikan, tidak menutup kemungkinan, ada beberapa sms yang akan bermunculan, apalagi yang punya do’i. off sebentar sudah dicari, sudah dikhawatari, tidak dibales di ig, pindah ke wa, ternyata di wa centang lalu pindah ke sms, sms belum dibales, di spam. Astaghfirullah benar-benar tidak konsemtrasi ahaha
  • Butuh baterai full. Ya, ketika menggunakan elektronik harus ada penyambungan dengan listrik nah kalau hp atau laptop maka harus ada daya baterainya. Apalagi kalau niat membaca lebih dari dua jam agar tetap nyaman membaca tanpa gangguan kabel, daya baterai haruslah berisi penuh. Sekalipun membaca di hp hanya sedikit menghabiskan daya, tapi kita tetap harus menjaganya demi kenyamanan.
  • Untuk yang mempunyai keinginan mempunyai perpustakaan pribadi dikamar, tidak akan terwujud jika kita terus-terusan membaca buku melalui ebook.


Cukup sekian terimakasih, jika masih ada hal yang terkesan kurang atau kesalahan, silahkan tinggalkan dikolom komentar ya. Salam persahabatan




Related Posts

Hai.. Panggil saja saya sulfa, atau Aini gpp, kalo di gabung jadi sulfaini, itu nama asli saya. Lahir di tanggal yang unik; 06 06 2000.

6 komentar

  1. makaish infonya kak jadi tahu kelebihan dan kekurangan ebook

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kasih kembali telah membaca info abal² ahaha jangan lupa baca buku yaa

      Hapus
  2. Terima kasih penjelasannya kak 😍
    Sayangnya banyak ebook yang disebar secara ilegal,terutama dalam format pdf. Kasihan penulis dan penerbit yang sudah susah payah.

    Kalau boleh mau request informasi tentang aplikasi atau platform yang menyediakan ebook yang legal kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, banyak sekali. Meraup untung dengan cara licik. Eh wkwkw

      Ipusnas, pilihan saya. Silahkan juga cari di playstore perpustakaan online lainnya ahaha

      Hapus
  3. Kalo aku pribadi lebih suka buku, kalau baca ebook mata jadi perih. Tapi plusnya ebook, di ipusnas banyak novel keren yg gratis, hihi. Tinggal download doang.

    BalasHapus
  4. Semuanya ada kelebihan dan kekurangan yaa. Next time InsyaaAllah bahas tentang buku..

    BalasHapus


EmoticonEmoticon