Review Buku Sedekah Gas Poll


REVIEW BUKU SEDEKAH GAS POLL

Penulis: Endang Koswara

Jumlah halaman: 313 halaman

Penerbit: PT ELEX MEDIA KOOMPUTINDO

Pengulas: sulfaini


Pas bolak balikin ini buku, saya menemukan hal yang pas banget dengan judulnya, sebagai sesuatu yang wajib sekali dicontoh “100% royalti akan disedekahkan” wow! Bukunya tentang sedekah dan hal itu sangat pas sekali, penulis memberi ilmu tentang sedekah sekaligus contoh real dari dirinya sendiri! beli bukunya gaes! Sedekah loh


Orang kaya itu bukan seberapa banyak mendapat harta, bukan seberapa banyak harta yang dikumpulkan, tapi seberapa banyak kita berbagi dengan orang lain. Kalau tidak, dia belum bisa dikatakan kaya. Ada banyak orang kaya tapi hidupnya tidak bahagia atau tidak tenang,, mungkin karena kurang sedekah kali ya.  Apalagi kebanyakan orang yang sudah mampu masih saja masuk kedalam barisan tangan dibawah, masih meminta-meminta, enggan memberi. Sedangkan yang kurang mampu, lebih nyaman dengan tangan diatas, mereka lebih senang berbagi dan percaya akan janji Allah tentang sedekah. Lalu mana orang kaya yang sebenarnya? Tangan diatas kah? Atau dibawah?


Beberapa penjelasan per babnya banyak yang sama, penjelasan yang terulang. Ada juga beberapa kata yang belibet yang harus saya baca berulang kali. Nilai plusnya bukunya dilengkapi dengan ayat-ayat al-qur’an dan hadist pun ada penjelasan tentang siklus perhitungan sedekah yang bisa dibuat gambaran oleh pembaca. Buku dengan tebal sekitar tiga ratus halaman itu mampu menampar saya berulang kali, sekaligus memerintah saya, segera bersedekah kalau tidak mau menyesal!


Orang yang nggak biasa bersedekah, pasti memiliki rasa takut untuk mengeluarkan sedikit hartanya untuk orang yang membutuhkan, dan hal ini harus dibiasakan. Bahkan, saya pernah dengar, bersedekahlah kamu sampai kamu merasa tidak ikhlas dengan banyaknya harta yang telah kau keluarkan, bukankah awalnya memang harus dipaksa agar terbiasa? Beda halnya dengan orang yang sudah istiqomah bersedekah, rasa takut akan kehilangan harta yang telah dikeluarkan terhapuskan dengan rasa yakin pada Allah bahwa siapa yang bersedekah akan diganti 10 kali lipat atau 700 kali lipat.


Allah memerintahkan kita bersedekah bukan untuk kepentinganNya, bukan untuk kebutuhanNya, toh, Allah sudah Maha kaya, Allah Maha punya segalanya, jadi harta secuil yang kita punya nggak ada tandingannya. Sedekah itu manfaatnya akan kembali kepada kita (orang yang bersedekah). Berharap ada pamrih pun kita diperbolehkan, asal berharapnya pada Allah bukan pada makhluknya. Bukankah memang kita meminta segala nya pada Allah? Jadi ranah ikhlas tak berharap pamrih itu hanya pada manusia, sedangkan sama Allah boleh-boleh saja.


Ada beberapa penjelasan yang dulu menurut saya benar, tapi saat membaca buku ini ternyata salah. Pernah dengar kalau barang pemberian orang lain tidak boleh disedekahkan? Baca buku ini maka akan terjawab. Jika pemikiran kalian sama dengan saya awalnya, maka akan kaget wkwk. Ah iya, sedekah itu adalah amalan yang tak pernah terputus dan terhenti, pahala selalu mengalir deras dan bertambah, beda dengan sholat, puasa dan sebagainya. 


Bagus buat yang kikir nih wkwk, yang sudah istiqomah sedekah juga boleh banget membacanya, siapa tau masih ada ilmu yang terlewati? Ahaha selamat membaca, semoga tergerak hatinya untuk bersedekah (khusus saya nih ya)


Related Posts

Hai.. Panggil saja saya sulfa, atau Aini gpp, kalo di gabung jadi sulfaini, itu nama asli saya. Lahir di tanggal yang unik; 06 06 2000.

8 komentar

  1. keren kak semangat review lagi

    BalasHapus
  2. Mantapp nih... Aku jadi penasaran sama bukunya.

    BalasHapus
  3. Cus lah beli wkwkw. Berkah InsyaaAllah. Untung dari bukunya disedekahkan kok wkwk

    BalasHapus
  4. Wah,wajib baca bukunya nih...

    BalasHapus
  5. Ahaha wajib, selain dapat ilmu, kita bisa sedekah:)

    BalasHapus
  6. mantap kak, ngereview buku yang bermanfaat

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah hehe

    BalasHapus


EmoticonEmoticon