Hari Blogger? Emang ada?

 Oh, Ada Ya Hari Blogger?
















Aku baru buat blog hanya beberapa bulan yang lalu, juli tanggal 6 tepatnya. Benar-benar tidak tau apa-apa saat itu, hanya bermodal nekat. Aku pernah ceritakan bagaimana pengalaman ku membangun blog ini, ketika umur blog ku sudah sebulan.


Lalu, kemarin sedang sibuk-sibuknya nugas, grup blogger rame, isinya “selamat hari blogger”, aku abaikan, kenapa? Aku mikir gini, “aku baru saja bangun blog, emang udah pantas di sebut blogger?” menurutku, blogger itu seseorang yang sudah ahli banget dunia perblog-kan, lah aku apa? hanya rempehan rengginang.


Sehari setelah itu, di komunitas yang aku ikuti (ODOP). Banyak dari mereka yang membuat konten tentang hari blog, penasaran dong, lalu aku klik beberapa yang judulnya unik dan hampir semua isinya, dia merendahkan dirinya, seolah dia benar-benar tidak tau dunia blog ini, padahal aku lihat, konten-kontennya benar-benar sudah bagus.


Muncullah ide ingin menulis konten seperti itu, nah, jadilah ini wkwk. 


Pengalaman menggeluti dunia blog


Anggap saja blog  ini adalah dunia lain dari bumi wkwk. dihitung dari juli, aku berada di dunia ini 4 bulan lamanya. Berawal dari tanpa tau apa-apa, budayanya, adatnya, masyarakatnya dan sebagainya. Alhamdulillah, 4 bulan itu sudah ada ilmu, sekalipun hanya secuil, seperti tanam backlink. Remeh ya? Iya remeh kalau sudah tau dan paham, tapi sulit bagi orang yang tidak pengalaman.


Aku berusaha mencari dan berkenalan dengan blogger lain, selain nambah teman, pastinya juga nambah wawasan. Seperti, grup blogger indonesia, conten writer, dan grup-grup yang ada di telegram (sering tidak ku buka, rame banget kewalahan wkwk). aku memang tidak terlalu aktif di sana, yam au aktif bagaimana? La wonk pembahasannya tentang organ-organ dalamnya blog, aku mana tau, ya diem aja nyimak, siapa tau jadi ilmu wkwk.


Selain itu, aku memang sering banget mengshare link konten yang aku buat, yaa hanya sekedar membangun personal branding, bukan berharap di baca seriusan. Malu uy, isinya masih astaghfirullah banget. Amburadul, ambyar dan saudaranya itu. ternyata, respon teman-teman ku baik, ada yang nyemangati, memuji, bahkan beberapa mengshare lomba-lomba yang berhubungan dengan dunia blog ini. sejauh ini, hujatan nggak pernah aku terima, kalau kritik dan saran, buaanyak, dan aku bersyukur tentunya. Padahal, aku tidak minta tolong buat di kritik, eh malah dia meluangkan waktunya untuk membaca konten ku dan mengkritiknya. Terimakasih gaes.


Tidak aku sangka


beberapa orang malah bertanya, “sul, bagaimana bikin blog?” ya sebenarnya nggak ada yang mengherankan, toh, aku kan sudah ada blog, pastinya tau bikinnya. Tapi ini membuat aku berpikir, bahwa mereka memang sudah menganggap aku seorang blogger wkwk. apalagi ada seorang teman lama, yang setelah nanya cara membuat blog, dia bilang gini, “bimbing aku produktif ya”. Tamparan nggak sih? Aku masih jauh dari kata itu loh.


Yah, pengalaman 4 bulan itu, akan sia-sia jika tidak di jadikan pelajaran. 


Apa yang aku dapat dari dunia perblog-kan ini?


1. Lebih percaya diri

Dulu, tidak ada yang memandang aku, pujian pun kosong. Setelah aku menjadi blogger, perlahan aku merasa mereka menganggap ku ada, dengan bertanya ini itu, menyemangati ini itu dan sebagainya, hal ini membuat aku  lebih percaya diri, seriusan.


Konten se jelek apapun, biasanya aku berani mengsharenya, kemudian di kasih catatan, “jangan di baca, nanti menyesal.” Memang benar, sedikit yang melihat konten itu, tapi bukan berarti tidak ada sama sekali. Segilintir orang, tapi tetap bikin aku semangat, nyatanya masih ada yang sudi membukanya. Toh,  sekalipun sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit!


Baca juga: Berpikir Positif itu penting


2. Lebih banyak mendapat ilmu


sesekali aku nanya ini itu sama mereka yang sudah ahli. Benar saja, mempunyai ilmu baru itu, membuat kita akan semakin semangat menggali lebih dalam lagi. Semakin banyak penasaran yang tercipta. Semakin banyak tau, semakin banyak ilmu (ini slogan siapa ya? Wkwk).


Ada lagi, kalau kita lebih mencari tau, pasti menganggap bahwa sebenarnya kita itu tidak atau apa-apa. masih banyak sekali hal yang tidak bisa kita kuak keberadaannya. Dan hal ini pasti membuat kita semakin menggebu-gebu untuk mencari tau. 


3. Banyak mendapat teman baru


Pastinya yakan? Dengan masuk ke dunia baru, maka kita pasti kenal orang baru. Se pendiam apapun kita, pasti akan ada yang mengajak kenalan. Nah ini yang kurasa ketika masuk dalam dunia blog ini. bukan lagi teman yang hanya hura-hura nggak jelas, tetapi lebih ke teman yang membawa pengetahuan yang luas. 


Banyak mendapat teman baru, pastinya menambah ilmu dan rasa semangat mengupgrade diri tak akan pernah jemu. Bagaimana mau lelah? Tiap hari dapat suntikan semangat untuk mengisi konten, tiap hari dapat pandangan luas tentang dunia blog ini, prestasi-prestasi yang di pamerkan bukan membuat aku mencaci, tapi iri. Bagaimana cara menjadi seperti itu? 


Baca juga: kebiasaan baru di bidang literasi


Beberapa hal yang aku lakukan selama 4 bulan dalam dunia blog itu


1. Berusaha percaya diri


Itu tadi, se jelek apapun konten yang aku tulis, aku mencoba beranikan share, dan apa akibatnya? Percaya diriku semakin tumbuh, semakin kuat. Dan ah! Ini benar-benar menyenangkan. eh, sekalipun belum sepenuhnya percaya diri, naik tangga satu atau ke yang lebih atas tetap termasuk kemajuan kan? wkwkw


2. Mencari teman


Ini pasti banget, yah kesasar dong kalau 4 bulan itu aku nggak berkenalan dengan banyak blogger lainnya. bisa-bisa konten yang dulu tidak akan pernah kalian nikmati wkwk


3. Mencari tau


Ini lagi, awal masuk blog aku benar-benar tidak tau apa-apa, kan lucu kalau selama 4 bulan tetap tidak tau apa-apa? nah, aku akan mencari tau, tapi kebanyakan bukan mencari tau sih, lebih ke, disodorkan atau diberikan. Jadi, bukan aku yang datang, tetapi aku yang di datangi. Banyak ilmu yang datang tiba-tiba. Sekalipun aku jarang nanya di grup-grup itu, aku tetap mendapat ilmu dengan menyimaknya.


4. Mengikuti lomba


Sebenarnya aku belum sepenuhnya percaya diri dengan konten yang kubuat. Tapi kalau tetap stagnan seperti ini, kapan majunya wkwk (sombong amat). Beberapa kali aku memang sudah mengikuti lomba-lomba artikel dan blog, yah, sekalipun prestasinya masih di peserta, tak apa toh, yang penting ikut berpartisipasi, siapa tau nanti, dari partisipasi menjadi prestasi? (ayo doa)


5. Mengajak orang lain melakukan hal yang sama


Lebih banyak yang datang bertanya sih, daripada aku yang kesana mengajaknya. Ngalir aja gitu beberapa teman yang nanya cara membuat blog, dan pastinya dengan seperti itu, aku menambah teman dekat blogger, karena di lingkungan ku, masih sedikit yang menggeluti hal ini, jadi aku masih merasa asing di lingkungan sini. 


Beberapa juga, ya aku ajak. Kalau melihat orang itu punya bakat menulis, aku ajak, atau yang tidak punya bakat tetapi semangat, ya aku ajak juga. Makin banyak teman, apalagi teman dekat, maka pastinya menambah semangat.


Penutup


Konten ini sebenarnya kurang manfaat ya, tapi ah entah, siapa tau memang ada yang membutuhkan (sekalipun di paksa). Sekalipun terlambat aku mau mengucapkan “selamat hari blogger” (itung-itung percaya diri). 


Semoga konten yang kamu buat, bermanfaat untuk orang lain yang pastinya juga bermanfaat pada hidupmu. Jangan pernah lelah, sekalipun tidak ada yang mengapresiasi, usaha tidak pernah menghianati hasil. Tetap semangat!. Menulis memang profesi yang sangat di remehkan,  tapi sadarkah kalian, orang-orang yang sukses pasti dia mempunyai tulisan, dan hal ini membuat ku menyimpulkan bahwa menulis adalah hal yang sangat penting. Banyak bukan yang bangkit hanya karena tulisan? Siapa tau kamu adalah salah satunya yang seperti itu.


Related Posts

Hai.. Panggil saja saya sulfa, atau Aini gpp, kalo di gabung jadi sulfaini, itu nama asli saya. Lahir di tanggal yang unik; 06 06 2000.

12 komentar

  1. Siapa bilang kontennya kurang bermanfaat? Bermanfaat kook 😍😍

    BalasHapus
  2. Semangat ngeblog, Mbak.

    Aku juga merasa blog banyak mengubah hidupku. 😁😁

    BalasHapus
  3. Wah Ada ya ternyata. Makasih infonya

    BalasHapus
  4. Tetap semangat nge-blognya dari aku yang juga sama-sama masih belajar heheheh

    BalasHapus
  5. Selamat Hari Blogger kak:)

    Semoga semakin semangat menebar manfaat:)

    BalasHapus
  6. keren untuk semangatnya. Terus berkarya ya Kakkk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi semangat membara, InsyaaAllah:)

      Hapus


EmoticonEmoticon