Ini dia tips diet ala Islam!

 Tips Diet ala Islam


Foto by pixabay



Siapa sih yang ngga suka punya tubuh langsing? Pasti semuanya berebut ingin begitu. Iya tidak? Nah, disini aku kasih cara yang islami dong. Sok simak yuk...


1. Gerakan shalat


Sebelumnya telah kita ketahui bahwa shalat adalah cara ummat muslim berkomunikasi pada sang pencipta (Allah SWT). Gerakan dalam shalat seperti berdiri, ruku', dan sujud memiliki manfaat atau khasiat tersendiri bagi tubuh kita. Contohnya gerakan sujud, ketika posisi jantung di atas kepala (jantung lebih tinggi dari kepala) maka hal tersebut dapat memperlancar peredaran darah. Pada saat posisi duduk maka membantu pencernaan dalam tubuh.



Dan ketika tubuh bergerak sebagaimana gerakan-gerakan dalam sholat (berdiri, rujuk, sujud, dan duduk) maka, lemak yang ada di tubuh kita akan terkikis sedikit demi sedikit.


2. Puasa wajib dan sunnah


Puasa wajib adalah puasa yang dilakukan saat bulan ramadhan. Sedangkan puasa sunnah adalah puasa yang dilakukan ada hari-hari tertentu seperti puasa senin dan kamis. namun jangan jadikan niat ibadah puasa kita hanya untuk menurunkan berat badan kita saja. Tapi niatkanlah hanya karena Allah SWT semata. Puasa disini merupakan cara efektif untuk menurunkan berat badan kita. Karena dengan berpuasa, kita dapat mengatur pola makan. Dengan demikian kita dapat mengistirahatkan pencernaan karena jika organ pencernaan di gunakan terus menerus tidak lah baik.


3. Makanan yang halal


Kebutuhan makan bagi tubuh kita bukan hanya terletak dari jumlah makanan yang kita lahap sehari-hari akan tetapi juga dari nilai gizi yang terkandung di dalamnya.l Lebih daripada itu  makanan-makanan juga sangat penting karena dari makanan yang halal makarizo oleh tubuh kita akan sehat dan bugar meskipun makanan yang dikonsumsi tidak mewah. 


Makanan halal pastinya mengandung bahan-bahan yang baik, sedangkan yang tidak halal, maka pasti mengandung hal yang buruk. Lihat saja pada babi, Islam mengharamkannya tidak serta merta tapi karena ada hal yang berbahaya.


4. Olahraga 


Olahraga menjadi salah satu langkah yang sering dilakukan untuk menurunkan berat badan. aktivitas olahraga tentu akan lebih mudah untuk dijalankan.


Olahraga salah satunya berfungsi untuk menurunkan berat badan, tidur lebih nyenyak dan bisa lebih percaya diri. Pada zaman sekarang, sudah banyak gerakan-gerakan yang mudah kita lakukan, seperti zumba, push up dan lain-lain.


5. Atur pola makan


Salah satu caranya yaitu dengan menambah protein. Makanan  yang berprotein tinggi juga dapat menurunkan berat badan kita. misalkan mengkonsumsi telur, daging tanpa lemak. 


Tentang lemak juga, Asupan lemak sehat yang direkomendasikan yakni 44 sampai 77 gram perhari. Misal kita mengkonsumsi kacang-kacangan, ikan salmon, tahu, dan lain-lain. 


Selain protein dan lemak kompleks, kita juga harus mengkonsumsi karbohidrat, Seperti mengkonsumsi nasi dan lain-lain


6. Tidak tidur setelah makan


Tidur setelah makan sebenarnya tidak berpengaruh jika hanya satu dua kali saja. Akan tetapi kebiasaan tidur setelah makan tersebut ketika dilakukan berulang-ulang, maka hal tersebut dapat menyebabkan resiko peningkatan berat badan sehingga perut menjadi buncit dan tubuh menjadi lebih gendut. 


Setelah makan langsung tidur akan menyebabkan peningkatan tekanan lambung sehingga makanan yang di lambung naik kembali ke kerongkongan sehingga dapat menyebabkan asam lambung. 


Related Posts

Hai.. Panggil saja saya sulfa, atau Aini gpp, kalo di gabung jadi sulfaini, itu nama asli saya. Lahir di tanggal yang unik; 06 06 2000.

2 komentar


EmoticonEmoticon