Review buku beginilah cara saya nulis buku bestseller

Review buku beginilah cara saya nulis buku bestseller





Penulis: ahamd rifa’i rif’an

Tahun terbit: 2016

Penerbit: PT ELEX KUMPOTINDU

Jumlah halaman: 92 halaman

Pengulas: sulfaini



Sebagai penulis, jangan puas ketika buku kita bisa terbit. Jangan puas setelah buku kita beredar di gramedia atau toko buku besar se indonesia. Karena menurut saya ini termasuk salah satu penyakit dari penulis, yakni girang bukan main saat naskah lolos di redaksi penerbit, lalu puas banget ketika buku sudah beredar di toko buku.  padahal apa yang terjadi setelah beredar itulah yang jauh lebih penting untuk dipikirkan, buku kita diminati pembaca atau tidak? Jangan sampai buku sudsh terlanjur beredar tapi gak ada peminat. (Ahmad rifa’i rif’an)


Jleb! Iya banget. Kemarin di pemikiran aku adalah yang penting terbit di penerbit yang besar, maka pastinya pemasarannya bagus. Ternyata salah. Masih ada yang lebih tinggi lagi  yaitu, bagaimana cara buku kita di lirik pengunjung toko yang buku di sana bertumpukan? Oke pelajaran penting nih.


Btw, buku ini adalah incaran aku dari bulan-bulan kemarin, sempat nemu di penjual, tapi masih habis. dengan sabar nunggu, dan Alhamdulillah kemarin kebagian!. Ketika pertama kali bertemu dengan buku ini, aku bergumam, “loh, tipis banget?” hampir nyesel saja, tak kirain tebal halaman 200an, lah ini nggak nyampek 100 astaghfirullah.


Saking penasaran, aku langsung membuka dan membacanya, dan masyaa Allah sekali, isinya wow banget! Mana singkat, padat, jelas dan tidak ada kalimat bertele-tele. Di setiap trik, hanya ada penjelasan satu atau dua lembar saja, benar-benar singkat, hanya menjelaskan pointnya saja.


Nah, pelajaran pentingnya juga, jika mau tau menulis, maka luangkan waktu untuk selalu menulis. Jika masih di awal-awal jangan berpikir untuk nerbitin buku. asah dulu sampai lancar, baru naik ke tangga berikutnya. Dalam arti, bertahap ya, jangan mikir sukses ini instan. Ini pelajaran kalau di hubungkan dengan judul bukunya, agak ngga nyambung kan? tapi memang mas rifa’i ini manteup sekali.


Baca juga Review Buku Man Shabara Zhafira karya Ahmad Rifa'i rif'an

Review buku Ketika Tuhan tak lagi di butuhkan karya Ahmad Rifa'i rif'an


Tips-tipsnya lengkap, seriusan, dari bahas cover, isi, dan sebagainya. nggak boleh spoiler dong wkwk. tips yang menarik bagiku yaitu softselling. Di penjelasannya hanya ada dua paragraf saja, dan benar saja hal itu adalah salah satu trik yang pasti di pakai oleh mas rifa’i. jujur saja, sebelum aku sampai pada trik ini, aku berpikiran bahwa aku ingin sekali membaca semua buku karya mas rifa’i, yang mana setiap bukunya, mas rifa’i mencatumkan di setiap tips, sehingga membuat pembaca khususnya aku menjadi penasaran. Dan betul saja, ini adalah salah satu trik yaitu softselling. 


“Tak terasa saya sebenarnya bikin teman-teman tertarik dengan buku buku saya. Kira-kira berapa judul buku yang pengen teman-teman baca setelah baca penjelasan dari buku ini?, tentu saja jawabanku semua. Seriusan. Aaah! Aku suka!


Siapa saja yang bisa membaca buku ini? semuanya! Apalagi buat kalian yang ingin banget menerbitkan buku, ingat saja, kalau hanya nerbitin buku jangan bangga, jika sudah banyak di lirik oleh orang lain, baru.



Related Posts

Hai.. Panggil saja saya sulfa, atau Aini gpp, kalo di gabung jadi sulfaini, itu nama asli saya. Lahir di tanggal yang unik; 06 06 2000.

Add Comments


EmoticonEmoticon