kamu lagi stress? tenang, ini dia 9 cara mudah mengatasi stress

 

Dengan tibanya kamu di halaman ini berarrti pikiranmu sedang kacau, keadaannmu sedang tak karuan, kamu lagi stress ya? Jika jawabannya iya, maka tepat sekali pilihanmu mengunjungi artikel ini. aku akan mengupas bagaimana cara mengatasi stress yang bisa dipraktekkan langsung ya. Oke cekidot




Semakin mendekat kepada sang pencipta


Aku pilih cara ini sebagai cara pertama karena menurutku cara  ini adalah cara paling ampuh. Segala masalah yang sedang menimpa kita mau ringan, sedang atau berat akan sangat gamblang kita atasi ketika kita dekat dengan Allah.


Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa jika kita dekat dengan Allah maka hidup kita akan lebih tenang, tentram dan damai. Meski mungkin masalah itu masih menimpa kita, pasti dalam mengatasi masalah itu dengan tenang dan tentunya dengan cara yang benar. Jadi, jika pikiranmu sedang kacau, keadaanmu sedang tak karuan, lagi stress maka aku sarankan mendekat lah dengan lebih dekat lagi kepada Allah. Curhat lah kepadaNya, sampaikanlah semua keluh kesah mu lalu mintalah petunjukNya. insyaaAllah setelah itu perasaanmu akan lebih tenang dan bisa berpikir jernih untuk menyelesaikannya.


Berfikir positif


Mengalami stress bisa jadi karena pikiran buruk yang dominan menguasai kita. Seumpama kita melakukan kesalahan yang mungkin tidak sengaja namun berakibat fatal maka jika pikiran buruk yang menguasai kita maka kemungkinan kita bisa stress dan selalu kepikiran. Seolah, ada bahaya mengancam kita. Padahal sebenarnya itu belum terjadi dan masih ada kemungkinan bahwa itu tidak akan terjadi. Jadi, pikiran buruk itu sebisa mungkin tepis, hempas ganti dengan pikiran positif.


Tidak gampang ya? Yah, aku saja adalah orang yang selalu memikirkan dampak buruk tentang segala hal yang aku perbuat, meski itu hal sepele. Namun, aku tetap berusaha menepis pikiran itu dengan menambah keyakinan bahwa aku akan baik-baik saja apapun yang akan terjadi setelahnya. Alhamdulillah, hal itu bisa membuat aku tenang kembali.


Kalau sudah terjadi tentang pikiran buruk itu bagaimana? Hey, semua masalah pasti ada jalan keluarnya ya. Jadi, kalau sudah kejadian ambil hikmahnya lalu perbaiki semuanya, jangan biarkan pikiran buruk itu tetap mendominasi. Kamu tidak akan menemukan solusi dengan bijak jika yang dominan dalam pikiranmu adalah hal buruk


Baca juga:



Hadapi, jangan lari


Kebanyakan orang kalau sudah mendapatkan masalah bukan menyelesaikannya tetapi malah lari. Sadar nggak sih, kalau kamu semakin lari dari masala itu bukan penyelesaian dan ketenangan yang kamu dapat, melainkan semakin banyak masalah dan akan membuat kamu selalu dihantui ketakutan.


Menyelesaikan masalah satu-satunya cara adalah menghadapinya, bukan kabur darinya ya. Ingat, lari dari masalah tidak akan bisa membuat masalah itu selesai. meski saat itu menurut mu selesai, tapi kita tidak tau kedepannya seperti apa ya, bisa jadi karena kamu lari masalah itu semakin rumit dan besar. So, jangan biasakan melarikan diri dari masalah ya.


Berbaur dengan orang lain


Perbandingannya, kita pasti lebih enak jika mengerjakan tugas yang sulit dengan teman daripada sendirian. Dengan mengerjakan bersama teman kita akan mudah bertanya jika tidak ada yang dimengerti, beda jika kita mengerjakan sendiri, pusing mikirin suatu jawaban yang pada soalnya pun kita tidak paham. Begitu pula jika kita dalam keadaan stress, jika kita selalu sendirian dan mengatasinya sendirian tanpa berbagi dengan orang lain maka kita akan semakin stress. Mengapa demikian? pikiran kita sudah stress dan banyak sekali pikiran buruk yang bertengger nah biasanya jika sudah didominasi dengan hal negatif seperti itu, sulit sekali untuk kita berpikir positif, gunanya kita berbaur dengan orang lain dengan menceritakan sebab musababnya kita menjadi stress maka teman atau orang lain tersebut akan memberi saran dan bahkan bisa mengendalikan diri kita. Ini berkaitan dengan gunanya mencari teman yang baik ya.


Mengalihkan stress dengan melakukan hal yang positif (hobi)


Biasanya kalau aku sedang banyak pikiran, stress apalagi, aku akan melakukan sesuatu yang menyenangkan, hobi ku: menulis dan membaca. Biasanya aku menulis apa yang sedang ku alami saat ini (ini bikin tenang, asli) atau membaca buku fiksi, kalau non fiksi auto makin stress wkwk.


Begitupula dengan kamu ya, jika kamu sedang stress maka jangan terlalu berlarut dengan itu, kamu harus bangkit dan kerjakan sesuatu yang menurut kamu menyenangkan, hobi misalnya. Lagipula, jika kita mempunyai masalah atau stress istilahnya dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan maka dengan sendirinya perasaan stress itu pergi. Nggak percaya? Coba deh.

Baca juga:

Basmi kejenuhan sekarang juga!

Tips membaca buku


Self love


Tidak bisa dipungkiri salah satu penyebab stress adalah karena kita tidak pernah mencintai diri kita sendiri dan cenderung ingin seperti orang lain yang menurut kita sangat sempurna. Hey, kita adalah makhluk ciptaan yang paling sempurna dibanding ciptaanNya yang lain. Masa nggak percaya sama sang pencipta sih?


Mencintai diri sendiri itu sangat penting untuk kehidupan kita, jika kita lebih ingin menjadi seperti orang lain berarti kamu belum bisa mencintai dirimu sendiri. ah iya, semua orang pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan ya, jadi nggak usah ngiri sama orang, porsinya sama kok. Bisa saja kelebihan yang kamu punya ini tidak dimiliki oleh orang lain, harusnya kamu ini bersyukur bukan tetap masih ingin seperti orang lain. Ini lebih ke nggak puas dengan pemberian Tuhan, tidak mau bersyukur. Masalah kekurangan kan masih diperbaiki toh? seperti kamu tuh jerawatan, beda banget dengan teman mu yang putih kinclong. Bukankah jerawat masih bisa diobati?


Cintai diri kita apa adanya, jika memang kekurangan itu masih bisa perbaiki, maka perbaikilah namun jangan pernah berpikir untuk menjadi orang lain. Kamu akan semakin kehilangan jati dirimu sendiri yang bisa jadi juga mengurangi kesempurnaan yang sudah Allah ciptakan


Baca juga: 

kamu itu cantik!

Istirahat


Nah nah, ini juga penting ya teman-teman dari cara-cara yang lain. Tubuh kita juga perlu istirahat ya. Jangan memaksakan sesuatu jika kita tidak bisa melakukannya, bukan berarti menyerah tapi istirahat dulu, mencharger kembali semangat untuk esok hari agar kita bisa memaksimalkan usaha agar sesuatu tersebut bisa dicapai.


Tidur dalam sehari semalam juga penting toh? tetapi aku pernah mendengar pernyataan bahwa istirahat bukanlah hanya dengan tidur, tetapi berhenti sejenak dengan segala aktivitas yang ada. Memejamkan mata pun bisa dikatakan istirahat ya gaes. Istirahat juga bisa mengembalikan semangat yang beribu-ribu. So, jangan lupa istirahat ya.


Keluar rumah atau jalan-jalan


Stress juga sangat bisa diatasi dengan kita menghirup udara segar di tempat terbuka. Jika hanya mengerem di kamar terus maka stress akan sulit di atasi, otak kita perlu di refresh sedikit dengan pemandangan yang bagus dan bikin hati senang. Cara ini juga sangat banyak digunakan oleh orang-orang jika sedang mengalami banyak masalah dan cenderung stress


Olahraga


Yah, berolahraga juga lah mampu mengatasi stress. Tidak usah berat-berat, senam tiap pagi bisa, senam aerobik bisa atau bahkan menghembuskan nafas dengan pelan juga sangat bisa membuat hati kita agak tenang saat tertimpa masalah atau sedang stress.


Cukup sekian cara mengatasi stress yang bisa aku paparkan, silahkan dicoba dan dipraktekkan dan rasakan dampaknya ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya. Semangat untuk jalani hidup.

Related Posts

Hai.. Panggil saja saya sulfa, atau Aini gpp, kalo di gabung jadi sulfaini, itu nama asli saya. Lahir di tanggal yang unik; 06 06 2000.

1 komentar


EmoticonEmoticon