Review Novel Harry Potter dan Batu Bertuah, petualangan seru di Dunia sihir

 


Identitas novel


Judul: Harry Potter Dan Batu Bertuah

Penulis: J.K Rowling

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit: Cetakan Keduapuluh Delapan; Agustus 2018

Jumlah Halaman: 392 Hlm; 20 cm

ISBN: 978-602-03-3764-7


Siapa yang tak tau sama novel Harry Potter? Aku yang belum suka sama dunia per-novel-an dulu sudah mendengarnya, Alhamdulillah sekali bisa memeluk dan membaca salah satunya.


Sinopsis novel Harry Potter dan Batu Bertuah


Seumur hidup, Harry Potter tidak pernah berurusan dengan sihir. Dia tinggal bersama keluarga Dursley yang kejam dan Dudley, putra yang menyebalkan. Kamar Harry Cuma lemari sempit di kolong tangga, dan selama sebelas tahun, ulang tahunnya tak pernah dirayakan.


Namun, tiba-tiba datang burung hantu membawa surat misterius; surat berisi undangan ke tempat menakjubkan bernama sekolah sihir Hogwarts. Dan disana bukan hanya ada banyak teman, pertandingan olahraga naik sapu terbang, dan sihir dalam segala hal dari pelajaran sampai makanan-tapi juga ada takdir luar biasa yang sudah menantinya.. jika Harry mampu bertahan hidup.


Begitulah sinopsis yang tertera di cover belakang novel ini. aku bisikkan lebih detail ceritanya, mau? Simak sampai selesai ya.


Harry adalah anak malang yang tinggal bersama paman dan bibinya; yang tidak menyukai orang tuanya. Selama 10 tahun ia tinggal bersama keluarga itu, hidup Harry tidak lah baik-baik saja. ia tidur di lemari sesak bawah tangga, ia tidak pernah dirayakan ulang tahunnya dan menjadi bahan bulan-bulanan Durslyes; anak paman dan bibinya.


Ketika menuju umurnya yang 11 tahun, Harry mendapat sebuah kejutan, surat yang terbuat dari kulit, warnanya kekuningan dan nama serta alamatnya ditulis dengan tinta hijau zamrud. Untuk membuka dan membacanya bukan hal mudah untuk Harry, surat itu langsung dirampas oleh pamannya. Berhari-hari surat selalu berdatangan dan berhari-hari jugalah pamannya berhasil mengambil alih sebelum di baca Harry. Sampai tiba waktunya, beberapa detik sebelum ulang tahun Harry yang kesebelas, datanglah raksasa yang membawa kabar mengejutkan beserta surat misteriusnya; Harry adalah penyihir dan ia diundang ke sebuah sekolah sihir bernama Hogwarts. Dunia baru dan petualangan baru bagi Harry dimulai.


Harry telah terkenal sebelum ia menginjakkan kaki di dunia sihir, luka yang berkilat di dahinya salah satu penyebabnya. Pertama kali mengendarai sapu terbang, Harry melakukan antraksi yang tidak disengajanya sekaligus membuat takjub professor McGonagall yang membuat Harry dipilih sebagai seeker di sebuah olahraga yang bernama Quiddtich.


Selama sekolah di Hogwarts, Harry berteman akrab dengan Ron, dan tanpa di duga juga dengan Hermione; seorang yang sombong dan pernah membenci Harry. Mereka bertiga mendapat petualangan yang sangat seru sekali. Dimulai dari Harry yang menemukan rahasia bahwa ada benda yang sangat dijaga ketat di Hogwarts. Semakin hari, mereka betiga semakin menemukan banyak petunjuk tentang benda yang dijaga ketat itu dan selama itu pula mereka berusaha mencari tau, melanggar beberapa aturan dan beberapa kali mendapat potongan nilai. Hingga di suatu hari, setelah semua rahasia terbongkar, bahwa ternyata yang dijaga ketat itu adalah batu bertuah, benda yang jika diminum akan membuat peminumnya berumur panjang. Dan celakanya, ada yang ingin mengambil batu bertuah itu, mereka bertiga sepakat mencurigai Snape.


Tak ingin Hogwarts ada dalam kendala penyihir jahat, Harry, Ron dan Hermione nekat ingin menggagalkan rencana pencurian batu bertuah yang dicurigai akan dilakukan pada malam hari.


Kejutan besar bagi Harry setelah sampai di tempat batu bertuah itu disembunyikan  pun kejadian menegangkan plus menakjubkan terjadi pada saat itu. hayo penasaran? Baca bukunya ya ahaha.


Keseruan aku membaca novel Harry Potter


Pertama kalinya membaca novel ini tuh, membingungkan sekalipun tetap seru. Nama-nama aneh yang diberikan penulis kepada setiap tokoh membuat aku selalu tidak bisa mengingatnya dengan jelas. Apalagi ketika masuk ke dunia Hogwarts, Albus Dumblodare, Hagrid, Professor McGonagal, Snape, Wood, Madam hooch, banyak jenis hantu dan ah banyak sekali yang tidak bisa kuingat. Lucunya, ada yang diberi julukan, “Kepala-hampir-copot” dan ”Kau-tahu-siapa”. perlu membaca berulang kali agar aku paham maksudnya.


Lepas dari nama,  mengikuti petualangan Harry di dunia sihir sangat seru sekali. Penulis menjabarkan dunia sihir dengan baik sekali, seakan-akan aku benar-benar berada di dunia sihir. Tempat-tempat mengerikan, hutan terlarang, permainan Quidditch, sapu terbang, perpustakaan besar, ramuan-ramuan dan segala mantra.

 

Sepanjang membaca novel ini, level keseruan tertinggi ada di kritis-kritisnya lembar novel. Batu bertuah yang menjadi judul novelnya pun pertama kali disebutkan di halaman 278. Sampai aku kebingungan di halaman-halaman awal, "dimana batu bertuah itu?" benar-benar daebak penulis membuat alurnya. Dan bahkan, aku sampai berfikir bahwa tidak ada ending, khawatir harus lanjut ke novel Harpot selanjutnya ahaha.


Kelebihan


Banyak pelajaran yang bisa di  dapat dalam novel ini, keseruan dan humornya pun membuat novel ini semakin unggul. Alur ceritanya  sangat menarik dan ehm ada banyak mantra yang mungkin bisa dipraktekkan, *eh. Paling suka juga sama persahabatan antara Harry, Ron dan Hermione apalagi di detik-detik kesanggupan mereka untuk menggagalkan rencana besar yang jahat itu. menegangkan, bikin jantung berdebar-debar sambil lalu cekikikan. Sempurna toh?


Kekurangan


Sedikit sih, ada beberapa kalimat yang membuat ku harus membacanya berulang kali, kadang terkesan kaku. Juga, macam-macamnya tokoh yang membuat aku kebingungan.


Novel Harry Potter dan Batu Bertuah ini sudah dicetak berpuluh-puluh kali, artinya pembacanya banyak dan sependapat denganku, bahwa novel ini memang sangat seru sekali. Yakin Cuma baca review-nya saja? keseruan dalam review ini masih seperempatnya loh, sisa keseruannya ada di novel nya. yuk baca yuk.


Keseruan novel yang lain nih

Review novel Negeri para bedebah Tere Liye

Review novel Pergi Tere Liye

Related Posts

Hai.. Panggil saja saya sulfa, atau Aini gpp, kalo di gabung jadi sulfaini, itu nama asli saya. Lahir di tanggal yang unik; 06 06 2000.

Add Comments


EmoticonEmoticon