Cari Apa?

Manfaat Google Search Console

Manfaat Google Search Console



Halo gaes, kali ini aku bawa yang agak berat nih, tapi penting banget buat para blogger apalagi yang benar-benar berkecimpung dan ingin memaksimalkan blog nya biar lebih bagus dan berkualitas. Sudah siap menyimak? Baca sampai akhir biar kerasa yaa


Apa itu Google search console?


Google search console awalanya dikenal dengan sebutan webmaster tools. Google search console adalah salah satu layanan gratis yang disediakan oleh google untuk memonitoring, menganalisis, mengelola, membantu memecahkan masalah, membantu meningkatkan performa dan tahu akan di bawa kemana blog kamu


Kamu juga bisa memasukkan situs-situs yang kamu update agar cepat terindeks Google dengan layanan gratis ini. Menarik bukan?


Apa saja manfaatnya?


1. Mengetahui keyword yang banyak dicari


Tools ini akan menampilkan keyword yang paling dicari pengunjung di website mu. Berapa banyak pencarian dan kata kunci apakah yang paling banyak dicari sudah tersedia di tools ini, sehingga kamu akan tahu mau membuat postingan seperti apa lagi untuk perkembangan website mu agar lebih performanya lebih meningkat dan banyak dikunjungi lagi.


2. Mengetahui halaman terpopuler disitus kamu


Selain kata kunci, postingan mana yang paling sering dikunjungi dan sering di klik juga bisa terbaca bagi pengguna tools ini gaes. Dan ini juga sebagai pertimbangan akan mengpost apa lagi di website mu.


3. Melihat kinerja sesuai SEO


Ya tentu saja, kata SEO ini sangat paling diperhatikan oleh banyak blogger. Dengan menerapkan SEO kepada tulisan kita, maka kita selangkah lebih maju membuat tulisan kita bagus, disukai Google dan akan banyak dicari. Dengan tools ini kamu akan mengetahui nya.


4. Memeriksa broken link / bisa memecahkan masalah


Jika terdapat permasalahan dalam blog kamu, biasanya akan memberitahukannya sehingga nanti kamu bisa langsung memperbaikinya. Tools ini juga akan memberitahukan bagian apa yang bermasalah dan berapa banyak masalah atau yang eror dari blog mu. Sangat memudahkan.


5. Dapat kiriman info pencapain selama sebulan yang dikirim di email


Tentu jika kamu sudah mendaftar dan membuat tools ini, emailmu akan mendapatkan notif setiap bulan dari akun ini. Bagaimana pencapaian blog mu dalam sebulan, apakah semakin meningkat atau semakin menurun akan di tampilkan. Apa halaman yang populer, performa terbaik, pengunjung dari mana, memakai perangkat apa dan kueri yang paling baik dan banyak dicari oleh pengunjung. Ada pula tampilan berapa total klik, halaman dan halaman utama selama sebulan itu. Untuk mengetahui lebih lanjut dan lengkap kamu bisa scroll ke bagian bawah, lalu klik “Laporan performa”. Lalu layanan ini akan menampilkan laporan lengkapnya. Nggak rugi kan gaes?


Kamu bisa saja melupakan layanan tersebut, tapi dengan di notif setiap bulan ke emailmu, tidak mungkin kamu akan mengabaikannya terus menerus. Kamu akan dibawa bimbang atau senang dengan performa blog kamu selama sebulan. Dan hal itu akan membuat kamu akan lebih semangat lagi untuk mengotak Atik blogmu untuk mendapat performa yang maksimal di bulan depan. Duh, nggak sabar.


6. Mengindeks postingan lebih cepat


Umumnya, tulisan yang sudah kita post dengan sendirinya akan terindeks google, namun terkadang hal itu membutuhkan waktu yang lama. Dengan menggunakan tools ini, maka tulisanmu akan lebih cepat terindeks di google dan mempunyai kesempatan lebih besar untuk tayang di halaman utama google. Lebih cepat, lebih baik bukan?


Sebenarnya manfaatnya masih banyak lagi gaes, tapi aku kira itu sudah mencakup semuanya. Coba sekarang kamu bikin google search console, lalu berapa banyak manfaat nya untuk blog mu?


{{ x.judul }}