Cari Apa?

Ini dia 8 cara termanjur dalam meningkatkan minat baca pemuda

Ini dia 8 cara termanjur dalam meningkatkan minat baca pemuda

Sudah diketahui bersama bahwa Minat baca di Indonesia sangatlah rendah, bahkan Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara tentang minat baca. Sangat memprihatinkan bukan? 

Pilihan tepat jika kamu mengunjungi artikel ini, artinya kamu sudah mempunyai niatan ingin menyukai membaca dan bahkan bisa jadi kamu akan menjadi penolong agar posisi Indonesia tentang minat baca semakin naik. Apalagi pemuda adalah harapan tinggi bangsa Indonesia.

Mari coba baca dan praktekkan pelan-pelan tulisan di bawah ini, jika berhasil review disini dan jangan lupa share ke yang lainnya ya. Yuk jadi orang yang bermanfaat. 

Baik, mari kita mulai.

Cara meningkatkan minat baca pemuda


8 cara manjur dalam meningkatkan minat baca pemuda

  1. Niat 

Nawaitu kadang dipandang remeh bagi orang-orang, bahkan aku kadang juga begitu. Padahal sebenarnya niat adalah hal pertama dan utama sebelum melakukan sesuatu, apapun itu. Bukankah di setiap kamu melakukan sesuatu, pasti dimulai dari niat dulu? Islam pun mengajarkan demikian; semuanya tergantung niat masing-masing.  

Membaca pun juga demikian, kita harus memulainya dengan niat terlebih dahulu. Bagaimana niatnya? Tergantung sih, terserah masing-masing orang, yang pasti niatnya harus baik, entah agar menambah wawasan, entah untuk punya banyak bahan diskusian, atau agar bisa menambah banyak kosa kata sebagai bahan tulisan dan mungkin untuk membuat Indonesia semakin maju? Peringkat minat bacanya semakin naik hehe. 

Dengan berniat yang sungguh-sungguh agar menjadi orang yang suka membaca, berteman dengan buku akan membuat kita semakin lebih bersemangat untuk melakukannya, karena niat sudah jelas toh? Dan bahkan, jika kita sedang tidak bersemangat, sedang berada di fase tidak mood membaca, kita bisa dengan mudah kembali bersemangat hanya dengan mengingat niat awal kita, "membaca untuk apa?"

2. Sediakan waktu tiap hari untuk membaca

Untuk bisa suka membaca, maka mau tidak mau kita harus membiasakan membaca; setiap hari. Diulang-ulang sampai kita terbiasa dengan sendirinya dan kemudian menyukainya. Sudah banyak buktinya bukan bahwa kita menyukai seseorang hanya karena kita terbiasa dengan dia, kita selalu bersama dia. Begitu pula dengan buku, kalau ingin suka buku, tentu kita harus dekat dengan buku yaitu dengan membacanya. 

Slogan Madura yang paling sering aku dengar dari orang-orang yaitu, "Paksah, bisa, biasah" (Paksa, bisa, biasa). Artinya apa? Kita harus memaksa dulu untuk mencapai keterbiasaan. So, luangkan waktumu setiap harinya untuk membaca buku. Di awal-awal jangan terlalu lama, 10-15 menit cukup, nanti setelah terbiasa, waktu tersebut akan bertambah dengan sendirinya. Aku sudah pengalaman.

3. Membaca tema yang ringan dan disukai

Untuk memaksa agar terbiasa membaca, lebih mudahnya kita ambil yang kita suka-suka dulu, agar tidak cepat bosan dan mundur alon-alon. Suka itu relatif, setiap orang punya selera masing-masing. Kalau aku sendiri, aku lebih suka fiksi, jadi sejak aku SD aku sudah senang sekali membaca buku-buku dongeng, cerpen singkat yang ada di buku bahasa Indonesia dan yang lainnya. Karena aku suka, maka tidak ada ceritanya aku berhenti, bahkan akan selalu ingin dan ingin. Untuk tiga tahunan ini, sedang belajar membaca non fiksi, meski nggak terlalu cepat ketika aku membaca fiksi, tapi aku tetap paksa, suatu saat semoga terbiasa dan suka. 

Nah, jika kamu seperti aku, maka coba baca yang fiksi, yang ringan-ringan dulu. Nanti kalau sudah terbiasa, sudah suka, baru belajar membaca tema yang agak njelimet. Atau kalau memang sejak awal sudah suka sama sejarah-sejarah, filsafat dan tema-tema berat lainnya juga nggak masalah. Yang penting nggak bikin kamu berhenti membaca, maka bacalah. 

Seperti kata Najwa Shihab, "Cuma perlu satu buku untuk suka membaca. Cari buku itu, mari jatuh cinta". 

4. Membuat target bacaan

Membuat target akan lebih bisa tercapai daripada yang tidak. Jika kita mentargetkan sesuatu maka kita akan lebih berusaha untuk mencapainya, daripada hanya di angan-angankan. Tentu, aku yakin pasti yang baca ini pernah mentargetkan sesuatu dan bagaimana hasilnya? Akan lebih mudah tercapai bukan? 

Begitu pula dengan yang ingin suka membaca, maka kita juga harus membuat target. Seperti, sehari harus membaca berapa menit, sehari harus membaca minimal berapa lembar, seminggu harus tamat satu atau dua buku, sebulan harus tamat minimal sepuluh buku dan yang lainnya. Maka, dengan ditarget seperti itu kita akan semakin mudah membiasakannya. Banyak teori yang sudah membuktikan bagaimana ajaibnya membuat target kan? 

Meng-list buku yang ingin kita baca juga tak kalah pentingnya. Misal, dalam sebulan kita menargetkan membaca sepuluh buku dengan judul bla bla bla (list judul sampai sepuluh buku). Pastinya, kita akan semakin berusaha untuk bisa membaca dengan bantuan target tersebut. Setelah itu, kebiasaan membaca akan ada dengan sendirinya.

5. Membeli buku

Selain mengorbankan waktu dan tenaga, aku rasa mengorbankan sedikit dana agar suka membaca juga perlu. Anggap saja ini sebagai pancingan untuk memulai kebiasaan membaca. 

Membeli sesuatu identik dengan memenuhi keinginan atau kebutuhan. Ketika kita membeli sesuatu yang kita inginkan atau yang kita butuhkan, maka sesuatu tersebut akan kita pakai atau gunakan. Dan yang pasti akan kita gunakan, kalau kita membeli dengan tujuan memenuhi kebutuhan, sebab kita memang butuh bukan lagi cuma ingin. 

Nah, karena kita ingin suka membaca maka kita harus punya bahan bacaan contohnya nya membeli buku. Membeli buku karena kebutuhan. 

Jadi, ketika kita sudah membeli buku, maka mau tidak mau kita akan membacanya. Pasti akan muncul pikiran, "Ya sayanglah, sudah beli tapi nggak dibaca". Seperti dipaksa keadaan. Kembali ke slogan tadi, "Paksa, bisa, biasa". Jika kita membiasakan membeli buku, maka juga akan terbiasa membaca buku. Note nya, beli buku yang kamu sukai dulu ya.

6. Jauhi hp selagi membaca

Hal yang paling mengganggu saat membaca adalah hp, khususon notif dari hp itu sendiri. Aku sering seperti itu, antara membaca bersama hp dan tidak, itu akan beda sekali. Lebih fokus dan memakan waktu sedikit jika tidak ada hp di dekat kita. Ujian terbesarnya juga ketika kita membaca ebook di hp. Baru baca se paragraf, auto beralih ke sosmed.

Jadi, jika sudah sampai ke waktu membaca, hp nya dijauhkan dulu bahkan kalau bisa dimatikan datanya agar tidak mengganggu. Toh, nggak akan sampai berjam-jam kan?

7.Gabung di komunitas sesuai visi

Untuk menambah semangat menumbuhkan minat baca kita juga perlu berada di lingkungan yang minat bacanya tinggi.

Seperti wejangan, "Jika kita sering bersama dengan orang yang menjual minyak wangi, maka kita akan kecipratan wanginya dan jika kita sering bersama dengan orang tukang besi, maka kita akan kecipratan panasnya."

Begitu pula dengan jika kita bersama dengan orang yang menyukai buku, maka hanya akan menunggu waktu kita akan juga suka buku. Sebab setiap saatnya kita akan bertemu dengan orang yang sering membaca buku, memegang buku, berdiskusi tentang buku maka lama-kelamaan kita akan juga seperti itu. Lingkungan sangat berpengaruh terhadap kepribadian kita. 

Gabung di komunitas yang suka baca juga tidak akan sulit di zaman sekarang yang teknologinya sudah canggih. Sudah banyak komunitas-komunitas online gratis pula yang memfasilitasi hal tersebut. Tinggal pilih mau masuk kemana.

Beberapa komunitas online ku yang membuatku aku seperti 'dituntut' untuk membaca, yaitu odop, odtpes, beranibaca, bssb dan buku berjalan. Kalian bisa lihat akun-akun tersebut di ig yang aku ikuti. 

8. Review buku

Dan ini cara terakhir, yaitu mereview bukunya. Jika sudah membaca tamat satu buku tersebut, maka coba sambil di review. Bagaimana isinya, apa kelebihan dan kekurangannya dan sebagainya. Cara-cara mereview bisa kalian baca disini.

Mereview adalah kegiatan asik apalagi ketika kita sudah terbiasa. Dengan mereview akan semakin membuat kita untuk selalu segera menamatkan bukunya. Buku tamat, review, baca buku baru, tamat, review, baca buku baru lagi, tamat lagi dan review lagi. Begitu siklusnya. Dan ini adalah salah satu caraku yang membuat aku terus-terusan ingin membaca buku.


8 cara meningkatkan minat baca


8 cara meningkatkan minat baca tersebut sudah aku praktekkan semuanya dan hasilnya aku terbiasa membaca buku setiap hari. Jadi, apakah kalian masih ragu dengan cara di atas? Coba pelan-pelan dan rasakan bagaimana suatu saat nanti kalian akan ketagihan membaca. 


Baca juga;

Cara mengatasi malas baca

Kelebihan dan kekurangan buku

Kelebihan dan kekurangan ebook


{{ x.judul }}