Cari Apa?

Review Buku Antologi, "Orang Miskin Dilarang Kawin"

Review Buku Antologi, "Orang Miskin Dilarang Kawin"

 

Review buku orang miskin dilarang kawin

Identitas buku:

Judul buku: Orang Miskin Dilarang Kawin

Penulis: Anas Rumahbaca dkk (Buku antologi)

Penerbit: PT Elex Media Komputindo

Jumlah halaman: 143

EISBN: 9786020429749

ISBN: 97860204297408

Blurb buku

Buku orang miskin dilarang kawin berisi kisah-kisah lucu, menghibur dan unik mengenai pertentangan para lajang miskin yang ingin kawin.

Kumpulkan kisah yang berbasis dari kejadian nyata yang akan membuat pembaca tersenyum-senyum membacanya. Kisah dalam buku ini antara lain, suami dari FB, bengkel cinta, takut kawin dan lain sebagainya

Dari semua Kisah yang disajikan, pembaca bisa mengambil hikmahnya, agar senantiasa meluruskan niat ketika ingin menikah (kawin). Jangan takut menikah, walaupun saat ini anda dalam keadaan miskin.  insyaaAllah, Allah yang Maha Rahman dan Rahim akan memberi anda rezeki.

Peristiwa-peristiwa dalam buku ini bisa jadi seolah diluar logika, namun hal ini menunjukkan bahwa betapa mahabesarnya Allah subhanallahu wata'ala.

Kesan membaca buku, Orang Miskin Dilarang Kawin

Dari judulnya aja, buku ini sudah membuat aku penasaran dan bahkan akan menyimpulkan, "Lah masa iya, orang miskin dilarang kawin". Judul yang seperti 'menentang' ini membuatku ingin segera membacanya, sebab aku tidak percaya dengan apa yang tertera dijudulnya dan ingin segera melihat isinya. Manteup poll, judulnya sudah bisa bikin aku tertarik.

Selain judul, ketika membaca daftar isi dari buku ini, aku yang sudah penasaran dengan judulnya semakin ditambah penasaran dengan daftar isinya, sedikit memang tapi bener-bener ampuh ingin segera melahap nya. 

Setiap sub babnya, tertera judul yang unik-unik. Seperti suami FB, bengkel cinta, si takut kawin, cinta tak sampai kaya dan lain sebagainya. Huhu, gimana nggak penasaran kalau judulnya unik-unik kek gitu. Bahkan ya, aku nggak pernah mengira bahwa buku ini adalah kumpulan kisah seperti cerpen. Malah aku kira ini buku non fiksi. Hm

Cerita favorit ku berjudul "Si kekeuh" dan "Roda yang Berputar". Sama-sama bernama Ali namun berbeda kisah. Yang berjudul si kekeuh, Ali dan adiknya berjualan mie ayam sambil lalu merawat ibunya yang sakit. Ali ingin menikah agar ada yang membantu merawat ibunya. Namun, ketika ia melamar seseorang, ia ditolak oleh bapak sarwi lantaran ditakutkan tidak bisa membiayai dan memberikan kenyamanan bagi anaknya. Suatu ketika anak nya pak sarwi sakit dan pak sarwi meminta Ali untuk menikah dengan anaknya. Namun ali sudah tidak mau. Lama kelamaan Ali ternyata sudah menikah dengan akhwat yang baik hati. Ia menikah kecil-kecil an karena takut dikira memanas-manasi sebab anak pak sarwi sudah meninggal dunia.

Roda berputar juga menceritakan tentang Ali. Ia bekerja sebagai pencuci piring namun sangat Sholeh dan baik hati. Suatu ketika ia dijodohkan oleh temannya, ketika bertamu ke rumah sang calon, Ali ditolak mentah-mentah Sambil dikata-katai karena pekerjaan nya yang 'rendah' itu. Namun qadarullah, lama kelamaan ia kembali dijodohkan dengan seorang akhwat yang Sholehah nan baik hati juga. Hah, kisah yang sangat menginspirasi sekali.

Pembawaan kisah-kisah yang ringan membuat aku sangat menikmatinya, apalagi semua kisahnya mengandung kelucuan. Tidak ada kalimat-kalimat berat yang harus membuat aku mikir keras, namun lebih membuatku sering tertawa dengan kisah-kisah yang di bawa wkwk.

Bacanya bisa sekali duduk asal tidak ada kendala. Aku dua hari membaca karena ada tantangan yang mengharuskan aku mengirit bacaan wkwkwk. 

Bukunya juga sangat mudah di dapatkan, bisa baca ipusnas atau aplikasi perpus online lainnya kok, tidak perlu membeli buku bagi kalian yang ingin membacanya tapi mengalami kanker (kantong kering) wkwk.

Kelebihan dan kekurangan buku

Kelebihannya, pembawaannya santai, lucu dan ringan sehingga akan membuat pembaca sangat menikmati. Apalagi bukan hanya mendapatkan hiburan dari membaca beberapa kisah lajang yang ingin kawin ini, melainkan akan banyak sekali pelajaran yang akan didapat. Meskipun halamannya hanya sedikit saja, tidak membuat buku ini  kritis pengalaman dan pelajaran. Apalagi diangkat dari kisah nyata, benar-benar akan membuat kita bersyukur dan berpikir positif. Bukunya positif Vibes banget dah, mana cocok dibaca oleh semua bulu wkwk

Selain pelajaran, buku ini juga terdapat beberapa kutipan terjemahan dari Al-Qur'an yang akan semakin mendukung niat para jomblowers untuk menikah saja daripada berhubungan yang tidak jelas. Bagus banget dah, complit.

"Dan Kawinkanlah orang-orang yang sendirian (bujangan/perawan) di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberianNya) lagi Maha mengetahui. (Q.S An-Nur (24): 32).

Kekurangannya, aku menemukan beberapa percakapan yang terlalu hambar dan tidak ada fellnya, terkadang juga ada yang terlalu receh sehingga menjadi tidak seru membacanya. Namun hanya segelintir saja kok.

Buku Orang miskin dilarang kawin sangat recommended sekali bagi para lajang yang insecure dengan 'isi kantongnya' namun sudah siap menikah. Kalian mau nikah tapi masih tidak pede? Coba deh baca buku ini dan rasakan aura positif nya. Jangan lupa langsung bergerak setelah tamat membaca ya. Semoga kisahnya juga berending seperti kisah Ali dalam buku tersebut wkwkwk

Baca review lainnya;

Review Buku Kumpulan Cerpen Sutono

Review Buku Biarkan Jodoh yang Menjemput

{{ x.judul }}