Cari Apa?

Lengkap! Niat, Cara, Doa dan Keutamaan Sholat Dhuha

Lengkap! Niat, Cara, Doa dan Keutamaan Sholat Dhuha

Niat, Cara, Doa dan Keutamaan Sholat Dhuha


Selain sholat wajib seperti Dzuhur, ashar, Maghrib, isya', dan subuh juga terdapat sholat-sholat sunah yang juga berpahala jika dikerjakan. Sholat-sholat tersebut diantaranya, sholat tahajjud, sholat witir, sholat qobliyah ba'diyah, sholat Dhuha dan masih banyak sholat sunah yang lainnya. Nah, sekarang kita akan membahas tentang sholat Dhuha. 


Apa Itu Sholat Dhuha?

Sholat Dhuha adalah sholat yang dilaksanakan setelah terbitnya matahari kira-kira naik hingga 7 hasta atau 10-20menit setelah matahari terbit sampai tiba waktu Dzuhur. Waktu terbaik melaksanakan sholat Dhuha ialah dilakukan ketika agak siangan atau mendekati habisnya sholat Dhuha. Sholat Dhuha dikerjakan sendiri-sendiri tanpa berjamaah.

Sholat Dhuha dapat dikerjakan 2,4, 6, 8, 10 dan 12 rakaat dengan dilakukan masing-masing dua rakaat sekali salam. Artinya jika kita ingin melaksanakan sholat Dhuha sebanyak 4,6 8, 10 dan 12 rakaat itu tetap dilakukan dengan dua rakaat sampai pada jumlah yang kita inginkan bukan langsung 4, 6, 8, 10 atau 12 rakaat. 


Hukum Sholat Dhuha

Hukum sholat Dhuha ialah sunah muakad, yaitu sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah pun melaksanakannya dan juga dijadikan wasiat.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah R.A berkata, "Kekasihku (Rasulullah SAW) memberikan pesan (wasiat) kepadaku dengan tiga hal yang tidak pernah aku tinggalkan hingga aku meninggal nanti. Yaitu puasa tiga hari setiap bulan, sholat Dhuha dan tidur dalam keadaan sudah mengerjakan sholat witir." (Muttafaqun 'alaih. Al- Bukhari no 1981. Muslim no 722)


Niat Sholat Dhuha

Adapun niat sholat Dhuha, ialah

Ushalli Sunnatadh-dhuhaa rak'ataini lillaahi ta'aalaa.

Artinya: Saya Berniat mengerjakan Sholat Dhuha dua Rakaat karena Allah ta'alaa


Tata Cara Sholat Dhuha

Cara mengerjakan sholat Dhuha sama seperti dengan sholat-sholat lainnya, seperti sholat fardhu. Bedanya, kalau sholat Dhuha ini dilaksanakan dalam dua rakaat dengan sekali salam meskipun tetap ingin melaksanakan sholat Dhuha lebih dari dua rakaat. Kalau seandainya ingin melaksanakan sholat Dhuha empat rakaat, berarti terdapat dua salam. Begitu seterusnya. 

Untuk gerakan dalam sholat sama seperti sholat fardhu. Sebenarnya, surah yang dibaca ketika sholat Dhuha adalah bebas, namun menurut sebagian ulama terdapat Surah-surah yang dianjurkan dibaca ketika sholat Dhuha yaitu surah As-syams, Surah Ad-dhuha, surah Al-Kafirun, surah Quraisy dan surah Al-ikhlas. Di rakaat pertama dianjurkan membaca surah As-Syams dan rakaat kedua Ad-Dhuha. Sedangkan untuk rakaat selanjutnya Al-Kafirun dan Al-ikhlas.

Dari Uqbah bin Amir radhiyallahu 'anhu beliau berkata: "Kami diperintahkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam untuk sholat Dhuha dengan membaca Surat as-Syams dan ad-Dhuha." (HR Al-Baihaqi dan Al-Hakim)

"Disunnahkan saat sholat Dhuha membaca Surat Al-Kafirun dan Surat Al-Ikhlas. Kedua surat ini paling afdhal dibanding Surat asy-Syams dan ad-Dhuha walaupun ada haditsnya. Sebab Surat Al-Ikhlas itu setara dengan sepertiga Al-Qur'an dan Surat Al-Kafirun setara dengan seperempat Al-Qur'an." (Nihayatul Muhtaj Ilaa Syarhil Minhaj)

*Sumber hadits dari website Kalam.sindonews


Keutamaan Sholat Dhuha

Menurut riwayat Imam Thobroni bahwa;

Jika melaksanakan sholat Dhuha dua rakaat, maka tidak dicatat termasuk orang-orang yang lalai.

Jika melaksanakan sholat Dhuha empat rakaat, maka dicatat termasuk orang-orang yang tawaddhu'

Jika melaksanakan sholat Dhuha enam rakaat, maka dicatat termasuk orang-orang yang taat

Jika melaksanakan sholat Dhuha delapan rakaat, maka dicatat termasuk orang-orang yang beruntung

Jika melaksanakan sholat Dhuha sepuluh rakaat, maka ketika di hari itu melakukan dosa, tidak akan dicatat.

Jika melaksanakan sholat Dhuha dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan satu rumah surga. 

*Sumber: Syekh Muhammad Nawawi bin Umar Al-Bantanie, Tanhiqul Qouli Hatsits Fii Syahri Lubaabul Hadist, (Terjemah) Zainal Arifin Yahya, Pustaka Mampir, hal 123


Doa Sholat Dhuha

Allahumma innaddhuhaa-a dhuhaa uka, Wal bahaa-a bahaa uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, Wal qudrata qudratuka, Wak 'ishmata, 'ismatuka. Allahummainkana rizqii fis samaa-i faa anzilhu, wainkana fuk Ardhi fa akhrij hu, wa inkaana mu'siran fayassirhu, wa inkaana haraaman fathahhirhu, wainkana ba'iidan faqarribhu Baihaqi dhuhaa-ika wabahaaika, wajamaalika waquwwatika waqudratika, aatini mas ataita 'ibadikash shalilhin

Artinya: Ya Allah, bahawasannya waktu Dhuha itu waktu dhuhaMu, kecantikan ialah kecantikanMu, keindahan itu keindahanMu, kekuatan itu adalah kekuatanMu, kekuasaan itu adalah kekuasaanMu dan perlindungan itu adalah perlindunganMu. Ya Allah, jika rizqiku masih di atas langit, turunkanlah. Dan jika di dalam bumi, keluarkanlah. Jika sukar, mudahkanlah. Jika haram, sucikanlah, jika masih jauh, dekatkanlah. Berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan, kekuasaanMu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hambaMu yang Sholeh"


Fadilah Mengerjakan Sholat Dhuha 

  1. Memperlancar rezeki
  2. Memperoleh keuntungan
  3. Menggugurkan dosa
  4. Mendapat pahala seperti haji dan umroh
  5. Sedekah pagi
  6. Terhindar dari keburukan
  7. Dibuatkan tempat di surga

*Sumber dari website wakalahmu.com


Cara Bergabung dengan Komunitas pecinta Sholat dhuha

Nah, salah satu cara untuk meningkatkan semangat kita dalam melaksanakan sholat Dhuha maka kita harus bersama-sama dengan orang yang sejalur, sekufu dengan kita, artinya mereka juga sama-sama ingin Istiqomah sholat Dhuha dan tidak ingin meninggalkan sholat Dhuha meski barang sehari. 

Salah satu komunitas Dhuha yang aku sendiri sudah join dan merasakan manfaatnya Ialah KODHAM (Komunitas Dhuha Ummat). Komunitas ini sudah besar, sudah mempunya ratusan grup yang rata-rata member dari satu grup berjumlah dua puluh. Akhwat dan Ikhwan mempunyai grup masing-masing, artinya terpisah. Jadi, tidak akan ada khalwat ya gaes ya.

Di komunitas ini tentu yang paling utamanya adalah mengajak saudara-saudara kita, teman segrup kita untuk sholat Dhuha. Setiap harinya, masing-masing member akan melaporkan, apakah ia sudah sholat atau tidak, sedang halangan atau sakit dan yang lainnya. Biasanya yang Istiqomah atau belum Istiqomah akan mendapat semangat dan sport dari para admin yang bertugas di masing-masing grup, yang akan membuat kita akan termotivasi untuk membiasakan sholat Dhuha. Apalagi untuk yang sering bablas tidak sholat, mbak admin juga akan memberikan solusi dan masukan untuk member tersebut. Sangat enak sekali bukan? Aku merasakan sendiri bagaimana manfaatnya masuk di grup tersebut, semakin terpacu untuk sholat Dhuha euy.

Tak hanya laporan saja, Kodham juga akan mengshare beberapa artikel tentang kisah-kisah, ajakan sholat Dhuha, materi yang membuat semangat dan info-info lainnya. Bahkan, di Kodham ini, akan sering ada kajian lewat zoom loh!. Udah dapetin komunitas yang sekufu, kita juga akan mendapat banyak ilmu. Nah, masa grup se bermanfaat ini mau di lewatkan?

Gimana cara daftarnya? Nih, flyer nyaa. Kalau mau masuk ke grup aku, bilang aja ingin masuk di grup Kodham W2.281 yaaa. Akhwat only kalau tidak penuh ehee. Ikhwan bisa tapi beda grup ya pak:) kuy daftar sekarang jugaaa!

Gabung komunitas Dhuha


{{ x.judul }}