Label

Tampilkan postingan dengan label Riview. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Riview. Tampilkan semua postingan
Review Buku, "Berdagang dengan Allah Nggak Ada ruginya". Agar tertampar kemudian sadar

Review Buku, "Berdagang dengan Allah Nggak Ada ruginya". Agar tertampar kemudian sadar

View Article


Identitas buku


Judul Buku: Berdagang dengan Allah Nggak Ada Ruginya

Penulis: Syahrul

Tahun terbit: 2017

Penerbit: quanta, PT Elex media Komputindo

Jumlah halaman: 242

Pengulas: Sulfaini


Jujur, aku kira ini buku akan membahas kiat-kiat bagaimana cara berjualan menurut agama. Seperti layaknya buku-buku cara berdagang lainnya. Sebab tak heran bukan, judulnya ada kata berdagangnya. Usut punya usut, ternyata bukan membahas cara berdagang gaes, but tentang jual beli kita dengan Allah. “Lah, emang maksudnya gimana? Siapa yang jadi penjual? Siapa yang jadi pembeli? Dan apa yang diperdagangkan? Serta bayarnya Pakai apa?” Mikir ini nggak?


Judulnya menjebak dan penulis sukses membuat readersnya penasaran. Dan, menariknya lagi, pembahasannya sangat seru sekali. Banyak pembahasan yang penulis bahas tentang keseharian kita tapi yang susah sekali kita sadari. Lihat saja judulnya. Emang kalian pernah jual beli dengan Allah? Nggak? Padahal jawabannya iya.


Mau aku kupas? Baiklah. Silahkan baca dengan santai.


Bertransaksi dengan Allah Nggak ada ruginya, malah untungnya banyak. Bagaimana tidak? Contoh kecilnya, kita sedekah sedikit, tapi Allah kasih pahala dan ganti yang banyak. Rugi? Nggak, malah untung sekali. Iya, hal tersebut penulis kiaskan menjadi, jual beli dengan Allah. Bahkan, penulis tidak segan memberi nama babnya dengan menjual diri pada Allah. Menjual diri sepertinya sudah mengarah ke hal negatif, but urusan dengan Allah tidak. Tidak ada negatifnya ketika ‘menjual diri’ bahkan nanti Allah tambah sayang.


Hakikatnya, Allah tak pernah membeli sesuatu sebab Allah lah pencipta sesuatu tersebut, Kiasan seperti ini hanya ingin memuliakan manusia. Jika Allah saja masih berbuat demikian, mengapa hambanya tidak pernah berbuat hal yang sama?


Pembahasan lengkap mengenai kehidupan manusia




Ya, keseharian yang dilakukan oleh kita; manusia. Ada banyak hal yang tidak manusia sadari padahal hal itu sangat berarti. Bahkan kadang, sering membodoamatkan. Padahal, hal itu juga akan menjadi sebuah perubahan baik jika dipikirkan, apalagi nanti setelah kesimpulan nya dipraktekkan.


Seperti di pembahasan tentang, “Dicabutnya kenikmatan ibadah”. Mungkin, ini bisa dikatakan pembahasan yang paling menarik dan sangat menampar sekali. Sepertinya banyak orang yang sering mengabaikan hal ini, tak luput juga aku. Dengan enak-enaknya kita menikmati pemberian Allah, senang sekali ketika ada banyak harap yang langsung terkabul, ada banyak kejadian jelek, namun kita terselamatkan. Padahal, apa yang sudah kita persembahkan kepada yang Maha pemberi Segalanya ini? Berapa banyak amalan dan ibadah yang sudah kita lakukan? Sedikit bukan?


Pernah mikir kalau itu istidraj? Aku sering. Bukan maksud mau suuzon, tapi mikir, “Ibadah ku ya gini-gini aja, sunah-sunah nya ya gitu-gitu aja, tapi rezeki lancar, segala hal dipermudah dan yang lain”. Seperti di penjelasan dalam buku, Allah cabut nikmat ibadahnya. Tidak lagi merasa butuh ibadah, susah melaksanakan kewajiban apalagi yang Sunnah dan sebagainya. Kalau benar seperti ini, harusnya kita makin senang apa sedih? Ini juga sebagai pengingat diri ya gaes, aku sering mikir gini biar ada sadar-sadar nya dan ada berubahnya, meski ga langsung seratus persen. Seperti power rangers dong nanti.


“Adapun kita orang mukmin, hukuman atas dosa adalah terputus nya kemesraan dengan Allah” (Hal 93)

 

Ada lagi pembahasan menarik tentang dibalik keterbatasan ada kenikmatan. Mungkin kebanyakan orang merasa bahwa hal-hal yang dibatasi itu tidak baik dan cenderung negatif. Padahal salah satunya agar kita aman, makanya dibatasi. Pernah mikir tidak, kalau seandainya pendengaran kita tidak dibatasi besar kecilnya volume dan dekat jauhnya jarak, maka pasti ketika kita menyendiri di kamar, kita masih mendengar suara bising keramaian kota, riuhnya di pasar dan yang lain. Ada lagi, jika penglihatan kita tidak dibatasi, maka pasti kita akan melihat banyak bakteri di tempat kita, makanan dan lainnya dimana ini akan menimbulkan kejijikan. Emang tenang hidup seperti itu? Tidak kan? Jadi jangan menganggap bahwa batasan Allah itu adalah kekangan, tetapi agar kita aman.


 “Manusia sempurna adalah manusia yang memiliki keterbatasan, namun mampu mengembangkan keterbatasan nya menjadi potensi. Kesempurnaan manusia terletak pada potensi yang dimiliki. Manusia diberikan nafsu dan akal yang mendampinginya. Ini yang tidak diberikan kepada semua ciptaanNya” (Hal 134)

 

Dan banyak pembahasan menarik lainnya. Tentang bersyukur, istighfar, masalah, kematian, dosa, rezeki dan serta pembahasan yang lain. Ada banyak sub bab yang dibahas namun hanya tiga atau empat halaman saja, tapi sudah cukup sekali membuat sadar dan tertampar.


Kelebihan buku


Aku tertarik dengan segala pembahasan yang dibawa santai oleh penulis. Kalem, tapi ngena. Entah harus berapa lama penulis menyelesaikan buku lengkap tersebut, pastinya buku ini pembahasannya bagus sekali. Penulis menyinggung banyak persoalan yang banyak tidak disadari oleh manusia. Bahasanya yang santai membuat aku semakin asik membacanya, apalagi ditambah dengan penjelasan yang tidak bertele-tele.


Selain pembahasannya menarik, sumber-sumber yang dicantumkan pun tak kalah menarik. Ayat Al-Qur’an bertaburan dalam bukunya, hadist-hadist pun tak luput di tulis. Paling menariknya lagi, penulis banyak mengambil kisah-kisah dari orang lain sebagai penguat dari pembahasannya. Entah dari kisahnya sendiri, orang biasa, orang besar dan bahkan sahabat-sahabat beserta nabi juga masuk dalam pembahasan nya. Benar-benar bagus banget


Kekurangan buku


Masih banyak typo kata yang tersebar di beberapa lembar buku. Ada beberapa kalimat yang harus dibaca ulang agar paham. Sampul dan lembar buku sebenarnya sudah bagus, Cuma sepertinya masih agak rapet rapet paragraf nya sampai kadang aku jenuh hehe.


Buku berdagang dengan Allah nggak akan rugi ini salah satu buku yang harus kamu punya dan bahkan dianjurkan dibaca berulang kali, sebab buku ini akan membuat pembacanya sadar, tertampar dan mempunyai keinginan untuk merubah sesuatu yang dari kemarin diremehkan dan diacuhkan.

Baca juga

Review buku saatnya kemilau bukan galau

Review buku menjemput pelangi




Review Wattpad, “Abighea”

Review Wattpad, “Abighea”

View Article


Judul Wattpad: Abighea

Nama WP penulis: karina_aolia

Jumlah part: 65

Pengulas: Sulfaini


Sinopsis


Abi sayang ghea, Abi juga sayang Vanya. Walaupun sayang Abi pada Vanya hanya sebatas teman, terkadang Ghea sering merasa tidak berarti karena perlakukan Abi yang selalu mengutamakan vanya.


Ingin tau rasanya jadi perempuan yang pacarnya lebih mementingkan kebahagiaan perempuan lain?


“Halo Bi, jadi jemput Ghea kan?”

“Maaf ya ghe, Aku harus nganterin Vanya, dia kesiangan”


“Abi, kamu dimana? Kita jadi jalankan?”

“Ghe, maaf banget yaa. Vanya dirumah sendiri, dia ketakutan”


“Abi, bisa kerumah? Aku nggak enak badan bi. Nggak ada siapa-siapa dirumah”

“Maaf sayang, aku nggak bisa ninggalin Vanya. Abangnya nitipin dia sama aku”


Dan banyak lagi tentang dunia Abi yang hanya Vanya.


Mau aku bisikkan lebih lanjut ceritanya? Simak baik-baik yaa.


Abi pacaran dengan Ghea, namun perhatiannya lebih banyak ke Vanya. Bahkan, teman-teman gengnya Abi; Enfant, semuanya membenci Ghea, tidak ada satupun yang mendukung Abi dengan Ghea, mereka semua mendukung Abi dengan Vanya. Tak luput pula dengan murid-murid di sekolahnya.


Ghea selalu mengalah, ghea juga tidak pernah berlebihan kalau marah. Dia selalu saja memaafkan kesalahan Abi yang selalu mementingkan Vanya meskipun Ghea tau, abi akan tetap mengulanginya. Ghea hanya tidak ingin memperpanjang masalah.


Ghea kesepian, keluarganya pergi karena kesalahpahaman. Mereka tidak pernah pulang, meskipun ghea selalu memintanya, bahkan buat menghubungi mereka, susah sekali. Ghea Cuma punya Abi, tapi Abi tidak pernah mengutamakan Ghea, yang ada hanya Vanya. Apalagi teman-teman Abi selalu menghalangi dan bahkan sering membully Ghea.


Sampai di masa, Abi diberi pilihan. Pilih Ghea atau Enfant. Ternyata, Abi memilih Enfant. Ia memutuskan Ghea. Setelah berita menyebar, kembali Ghea mendapat bully an. Ghea ditumpahin teh, Ghea di ceburin ke kolam yang membuat trauma Ghea kambuh, Ghea juga dilabrak oleh Vanya. Sampai ada kasus kesalahpahaman yang membuat orang tua Ghea semakin tidak mempercayai Ghea.


Ghea Cuma punya Ami, sahabatnya sekaligus teman sebangkunya. Ami tidak pernah meninggalkan Ghea tapi, Ghea juga tidak mau selalu membawa Ami dalam masalah sehingga Ghea tidak terlalu terbuka ke Ami.


Kalau Abi sedang di part romantis. Dia sangat romantis sekali ke Ghea. Dia akan bawa Ghea jalan-jalan, dia akan lindungi Ghea, dia akan jaga Ghea bahkan dia pernah menyanyikan lagu di di pentas seni hanya untuk Ghea. Ya, seromantis itu. Tapi begitulah, Abi senang tarik ulur Ghea. Dibikin terbang, habis itu dijatuhkan.


Saking capenya Ghea, dia hampir bunuh diri, nasib baik nya dia cepat ditemukan, kalau tidak ya mungkin endingnya Ghea mati wkwk.


“Pasti sakit banget ya ghe? Sampe kamu mutusin untuk menyerah. Sakit banget kan? Aku aja bisa ngerasain seberapa sakitnya. Kamu hebat ghe, kamu kuat. Terimakasih karena tetap bertahan”


Siapa tuh? Bisa tebak nggak?


Lanjut nggak nih? Baca sendiri dong haha


Bagaimana perasaanya membaca cerita Abighea?


Terharu banget si. Apalagi baru baca di part pertama aja feel-nya udah kerasa banget. Gimana sakitnya Ghea pas liat Abi sama Vanya, yang lebih perhatian sama Vanya, yang lebih mentingin Vanya, pokoknya Ghea itu masih ada di nomor dua setelah Vanya. Greget nggak sih? Apalagi Ghea tau kalau Vanya bukan hanya nganggep Abi sahabatnya tapi lebih dari itu dan Ghea juga tau kalau Abi pernah suka juga sama Vanya. Apa kabar perasaannya ghea tuh? Wkwk


Apalagi gaes, Ghea nggak pernah dipeduliin oleh keluarganya, dia ditinggal karena kejadian key yang koma sampai sekarang. Kalau Ghea lagi berkunjung ke rumah eyangnya, Ghea selalu diacuhkan dan disalahkan. Ghea benar-benar sendiri, tidak ada yang ngebelanya. Bunda dan kakaknya sih masih ada sedikit rasa sayanglah ke Ghea, tapi tidak sepenuhnya mereka lebih banyak nyakitin Ghea.


Gregetnya lagi, Ghea tetep baik, Ghea tetep selalu tersenyum, Ghea nggak pernah mau nampakin kesedihan nya. Ghea selalu maafin kesalahan-kesalahan yang mereka buat.


Dan gaes, banyak sekali kejutan yang ada di cerita itu. Benar-benar sampai aku berfikir, ini imajinasinya keren bangett. Part-nya selalu bikin baper. Apalagi kalo Abi sama Ghea saling romantisan gitu. Aduh, mencak-mencak nggak jelas akuu. Greget. Sampai-sampai gigit guling aku haha.


Oh yaa, sebuah kejutan bahwa authornya adalah salah satu favorit nya aku sih, dulu sempet baca ceritanya yang lain dan aku juga suka sama cerita itu. Pokoknya ini author udah best banget kalau sudah bikin cerita. Mantull


Aku rasa semuanya pas sih. Ada kisah cintanya, kisah persahabatan, kisah orang tua dan kisah geng-geng gitu. Meskipun memang sering banget kisah-kisah begini bertebaran tapi nggak pernah bosan, apalagi dipernak lengkap dalam satu cerita kek gini. Beneran dabest. Dibikin bahagia dengan romantisnya abighea, terus habis itu kesel karena kelakuannya Vanya sama geng Enfant, dibikin kesel lagi sama keluarganya Ghea yang nggak jelas banget, kadang baik, kadang cuek. Bahagia lagi karena Ghea masih punya Ami, tapi tetap saja Ghea tersiksa dan sakit hati.


Finalnya tuh, pas udah mau ending. Uh, beneran emosii bangett. Rating bagus bagus sekali untuk cerita ini


Kelebihan dan kekurangan


Banyaak. Feel-nya dapat. Alurnya pas. Ceritanya tidak membosankan, lengkap dengan pelajarannya. Readersnya akan dibuat mencak-mencak sendiri deh pasti. Apalagi kebaikan author yang masih tidak menghapus part-nya padahal sudah terbit.


Setiap percakapan dan kejadian yang disuguhkan berasa nyata gitu. Imajinasinya top markotop banget deh.


Sepertinya aku tidak menemukan kekurangan. Bagus semua. Eh, pernah author salah nulis nama bundanya Ghea. Itu saja


Cerita abighea beneran banyak peminatnya, banyak juga yang sudah membeli. Untuk yang belum bisa membeli, bisa banget tuh baca di Wattpad. Pecinta WP belum baca cerita ini? Wah, belum sepenuhnya cinta ini wkwk. Gas hayuk, baca. Jangan lupa siapin tisu sama alat tinju ya.


Baca juga;

Review wattpad Retak

Review wattpad Aileen & Regan

Review buku, “Jangan Jadi Muslimah Nyebelin” Karya Asma Nadia

Review buku, “Jangan Jadi Muslimah Nyebelin” Karya Asma Nadia

View Article


Identitas buku


Judul buku: Jangan jadi Muslimah Nyebelin

Penulis: Asma Nadia

Penerbit: Lingkar pena

Jumlah halaman: 210

Pengulas: Sulfaini


Muslimah nyebelin? Memang ada? Lirik kanan kiri yuk? Amati depan dan belakang, atau lihat ke kaca? Waah, jangan-jangan muslimah nyebelin itu kita sendiri!


Buku ini akan membuat mu tertampar berkali-kali, menggelitik, heran, kenapa baru sadar? Heran, ternyata hal yang begitu kecil, tidak boleh di sepelekan. 


Salon kepribadian untuk muslimah?


Betul, Buku ini lengkap sekali membahas tentang bagaimana seharusnya muslimah bersikap. Mulai dari fisik, perilaku dan juga cara berfikir nya. Dengan menggunakan bahasa yang santai dan tidak terkesan menyinggung namun pasti kita akan tersinggung, buku fiksi ini penting untuk dimilki setiap muslimah. Kenapa harus muslimah? Hey, muslimah ini memiliki citra yang baik di semua kalangan, terkenal dengan bahasa gaulnya, “bidadari tak bersayap”, tentu dengan justifikasi baik masyarakat kepada muslimah, kita sebagai muslimah haruslah benar-benar menjaga hal tersebut, bukan hanya sebagai kebangaan belaka, namun sebagai intropeksi juga. Sudahkah kita pantas di anggap bidadari tak bersayap?


Beragam persoalan, penulis kupas tuntas. Hal kecil pun tak lepas dikupas. Bahkan sampai komedo dan jerawatnya pun tak terlewat. Bagaimana cara membasmi BB, entah di kepala, badan, baju, kerudung dan sebagainya. Bagaimana harus berpakaian, merawat wajah, rapi, enak dipandang dan yang lainnya. Menariknya, bunda asma Nadia bukan hanya menyinggung kita, tapi bagaimana cara mencegahnya. Ada tips and trik di belakang pembahasan.


Fisik sudah, sekarang ke perilaku. Tentu kita akan terlihat menyebalkan sekali jika ada perilaku kita yang tidak cocok dengan lingkungan sekitar kita. Kita yang sering mencela pembicaraan, kita yang sering tidak mau kalah, kita yang sering ikut campur, kita yang sering lelet padahal temannya sudah menunggu berjam-jam dan banyak lagi yang lainnya. 


Hal sepele yang menurutmu hanya, “Ah, gitu aja baper”, “Lah, aku Cuma kayak gini masa nyebelin?” dan kita yang terlalu percaya diri, “Dahlah, aku nggak butuh penilaian orang lain” pasti akan membuat kita sadar bahwa berbuat sesuatu harus dipikirkan sebelumnya. Apakah berdampak positif bagi orang lain? Atau akan negatif? Apakah akan membuat image kita jelek? Atau semakin baik?


“Saya tahu, tiap muslimah harus berpegang teguh pada prinsip nya. Tapi saya juga yakin seharusnya ada kreativitas, ada cara sehingga aturan itu tidak dilanggar tapi juga tidak sampai merugikan orang lain” (Hal 182)

 

Tentu ini menampar sekali. Kadang kita sok banget bilang, “Yang penting aku nyaman”, “Kan emang harus seperti itu, masak salah?” dan pandangan lainnya. Beneran, ini buku nampar aku banget asli. 


Kelebihan buku


Bahasanya mudah dicerna, santai tapi tetap serius. Nilai plusnya, dalam buku ini, ada beberapa curhatan dari orang-orang yang benar-benar mengalami bahwa, “Muslimah ini nyebelin”. Curhatan tersebut membuat pembahasan di setiap sub babnya lebih nyata dan akan menjadi lebih sadar, bahwa memang hal seperti itu menyebalkan, meskipun orang-orang sekitar kamu tidak pernah bilang langsung. 


Ilustrasi gambar nya semakin membuat pembacanya rileks dan segera melahap cepat bacaan yang hanya berhalaman 200-an ini. Banyak note-note yang diselipkan di beberapa lembaran buku and gaya tulisannya yang tidak akan membuat jenuh. 


Kekurangan buku


Aku rasa, masih ada beberapa kata yang typo dan pembahasannya memang menarik, tapi ada beberapa pembahasan atau kata-kata yang kurang pas saat aku membacanya. Selebihnya tidak ada.


Para muslimah yang sholehah, apakah kalian tidak tertarik membacanya? Buku ini akan membuat mu sadar dengan segala hal yang telah kau sepelekan. Atau mungkin, mau bantu muslimah lainnya menyadari tanpa harus menyakiti? Memberi dan merecom buku ini adalah jalan terbaiknya. Biar sadar, tanpa perlu retak hatinya wkwk. Jangan jadi muslimah nyebelin, jadilah muslimah yang nyenengin dan dikangenin.


Baca juga 

Review buku saatnya kemilau bukan galau

review buku the alpha girls

Review Wattpad, "Retak" karya Azhara Natasya

Review Wattpad, "Retak" karya Azhara Natasya

View Article




Judul Wattpad: Retak

Nama WP penulis; AzharaNatasya

Jumlah chapter: 43

Pengulas: Sulfaini



Apa yang lebih menyakitkan daripada dipukul?

Dianggap asing lalu tidak di perdulikan

-Gladys


 

Sinopsis Wattpad, "Retak"


Tuhan? Mana kebahagiaan itu?


Papa, mama gladys dapat juara satu” Teriak gadis berseragam putih biru itu


saya tidak peduli! Anak tidak tau diri! Anak tidak tau malu! Anak tidak berguna!


Papa? Gladys mau bahagia. Gladys mau peluk papa, Gladys juga mau manja sama papa


Mama? Gladys mau kayak mereka yang dibanggaij prestasinya? Kenapa Gladys gak kayak mereka?


Angel? Kenapa kamu ambil semua kebahagiaan Gladys? Kenapa harus aku yang menanggung kesalahan yang kamu buat?


Ini tentang Gladys, remaja SMA yang tidak mendapatkan kebahagiaan 5 tahun lalu


Tentang kesalahan yang tak seharusnya diperpanjang, tentang kesedihan yang selalu menghantuinya


Kesakitan bertahun-tahun akhirnya menunjukkan kebahagiaan setelah ia menemui lelaki tampan namun memiliki kelainan


Aku tidak sempurna, apakah kamu akan menyempurnakan ku?


Mereka memang saling mencintai, namun sayang Tuhan mereka berbeda


-Kita se Amin namun tak Se iman-


Masih mau kuceritakan lebih detail tidak? Mari simak baik-baik


Ini kisah Gladys yang tak pernah mendapatkan kebahagian yang utuh. Ketika kebahagiaan menghampirinya, Ada saja sosok sosok yang ia sayangi pergi dari dirinya, sehingga kembali membuat sakit hatinya. Saking beratnya hidup Gladys, ia menderita penyakit self injury; menyakiti diri sendiri.


Gladys mempunyai keluarga yang utuh, namun kebahagiaan nya runtuh. Mama, papa dan adiknya setiap hari menyakiti, mengacuhkan dan menganggap anak yang tak berguna. Setiap kali gladys meminta perhatian, setiap kali itu ia menerima bentakan. Setiap kali gladys meminta keadilan, setiap itu pula ia mendapat tamparan. Hari-hari Gladys selalu dilewatkan dengan tangisan.


Lima tahun lalu merupakan awal ia dibenci keluarga nya, ada kejadian naas yang mengharuskan dia menanggung semua yang sebenarnya bukan murni kesalahannya. Hanya ada kesalahpahaman dimana gladys tidak diberi celah untuk membenarkan. Di rumah, ia tak dianggap, di sekolah, ia dibully. Lengkap sudah penderitaan Gladys.


Kehidupannya mulai terang ketika sosok psikopat tampan datang. Gladys memang menyukainya sejak dulu dan Tuhan memberi kesempatan pada Gladys untuk bisa memiliknya. Psikopat tampan bernama Aldo resmi menjadi pacarnya. Aldo sangat menjaga Gladys, sangat menyayanginya, apapun pasti dilakukan untuk gadisnya, bahkan jika harus membunuhnya. Jangan lupa ya, Aldo ini psikopat, membunuh adalah hal yang paling disukainya. Gladys bahagia, ia bisa bertahan di tengah keluarga yang suasananya seperti neraka sebab ia mempunyai aldo.


Datang lagi tokoh yang menjadi sahabatnya, Sagara, laki-laki yang mempunyai kepribadian ganda. Gladys menyayangi gatara, mereka menghabiskan waktu di rumah pohon dan sesekali Aldo mengacaukan nya, menyuruh pulang sebab sudah malam hari. Namun, mereka menjadi teman baik.


Perlahan, Tuhan mengambil kebahagiaannya, Gatara nya pergi, Keluarganya semakin membencinya dan Aldo? Kalian harus baca sendiri bagaimana kisahnya. Perlu diingat, Aldo dan Gladys beda iman.


Lanjut? Oke, sedikit lagi.


Gladys menemukan sosok baru, Marsel. Dia menyukai Gladys dan berusaha mengejar cintanya, Marsel tak akan pernah berhenti sebelum ia memilki Gladys. Marsel terlahir dari anak orang kaya, lebih sultan daripada aldo. Sudah ya, tidak boleh spoiler wkwk


Bagaimana rasanya membaca kisah Gladys?


Awal mula tidak dapat feel-nya sih, apalagi pas Gladys ketemu sama Aldo dan mulai menjalin hubungan. Nggak suka gitu sama gombalan recehnya (Ini karena aku beneran males sama cowok yang sok gombal belaka haha). Tapi aku tetap setia membacanya. Lama kelamaan akhirnya aku tenggelam dengan ceritanya, Gladys yang susah sekali mendapatkan bahagia, segelintir orang yang Gladys punya perlahan semua pergi meninggalkannya namun Gladys tetap kuat meskipun sudah berkali-kali ingin mengakhiri nyawanya.


Meskipun aku nggak bisa nangis karena emang aku susah sekali menangisi cerita wkwk, kisah Gladys ini beneran bisa memainkan emosi readers nya. Membuat aku tak habis pikir, bagaimana jika aku adalah Gladys? Masih sanggupkah aku untuk tersenyum dan tetap hidup? Perlu kalian ketahui, selain Gladys dibenci keluarga, Gladys punya penyakit gagal ginjal! Ia mengobati dan mencuci darah sendiri tanpa pernah ditemani.


Aku pikir, Alurnya akan biasa-biasa aja, akan berending bahagia dengan kembalinya mendapatkan cinta keluarga, ternyata oh ternyata setelah Gladys tersiksa karena keluarganya, Gladys juga tersiksa dengan kisah cintanya. Menyedihkan sekali.


Setiap kali aku menebak alur cerita, aku pasti keliru. Penulis memang benar-benar pandai memainkan alur dan konflik. Good banget sih ah.


Jujur, aku tim Aldo dan Gladys bukan yang lain, tapi sikap Aldo tuh bikin aku muak tau. Dia egois banget, mentang-mentang anak orang kaya dan psikopat dia selalu ingin mendapatkan apa yang ia mau, tentu dia mau Gladys.


Kalau kalian memang mudah menangis, aku pastikan kalian bakal nangis deh baca cerita ini. Apalagi pembacanya udah Miliaran. Jadi, yang suka sama cerita ini, bukan Cuma aku saja kan?


Part sedihnya, cerita ini sudah diterbitkan haha. Tapi part masih lengkap kok, gajadi sedih kan? Wkwk


Pokoknya rugi banget kalo kalian nggak baca cerita ini, selain alurnya yang seru, tentu tersirat banyak pelajaran.


Kelebihan dan kekurangan




Kelebihannya sih, Alur dan konflik cerita ini benar-benar bisa memainkan emosi pembacanya. Beberapa suasana yang menegangkan, tebakan alur yang salah terus-terusan, setiap akhir babnya bikin penasaran. Daebak banget!


Banyak juga kata-kata indah dan yang paling bikin ceritanya makin hidup adalah gambar dari pemainnya. Meskipun fiksi, kalo sudah dikasih pict itu seperti nyata. Membayangkan sesuai dengan pict itu. Kalian tim gini bukan?


Pokoknya bagus parah sih!


Kekurangannya apa ya? Ada beberapa kata yang tidak jelas sih, ada yang tidak nyambung dan penempatannya juga kadang ada yang salah. Tapi tidak banyak, tidak bikin sakit mata pembacanya kok


Sepertinya ini adalah ulasan Wattpad terpanjang selama aku ngulas. Review Wattpad Retak ala penasulfa nih. Yakin nggak mau baca? Nanti nyesel loh kalo sebagian part-nya dihapus.


Baca juga Review Wattpad lainnya;

review wattpad psychopath vs indigo

review wattpad romankasa



Review wattpad Aileen & Regan

Review wattpad Aileen & Regan

View Article

 


Identitas wattpad


Nama wattpad penulis: its-babypanda

Jumlah chapter: 52

Pengulas: Sulfaini


Sinopsis cerita Aileen & Regan


Tidak diharapkan kehadirannya oleh orang-orang? Teman? Sahabat? Sudah biasa, tapi bagaimana jika kehadirannya tidak diharapkan oleh keluarga sendiri dan orang tuanya sendiri?


Memang ada kisah seperti itu? jawabannya adalah ada, kisah ini dialami oleh gadis bernama Aileen Chalondra, dia ada namun ditiadakan, dia nyata namun disamarkan, dan dia sempurna namun dirusakkan.


Takdir seolah tidak pernah memihaknya, dikala keluarga membenci dan tidak memperdulikannya dia kembali tertimpa musibah, musibah yang berhasil merebut masa depannya.


Seorang manusia kecil hadir di rahimnya tanpa di duga-duga. Sebuah kecelakaan yang ia alami tanpa sengaja itu merubah hidupnya menjadi  semakin tidak tertata, semua adalah karena dia dan Regantara Danurendra terlibat insiden tak terduga, hingga pada akhirnya hadirlah sosok janin tak berdosa yang tumbuh dalam tubuhnya.


Kenapa lo sembunyiin dia dari gue? Lo takut gue apa-apain dia?” BENAR! Namun Aileen tetap diam tak berani membuka suara.


Regan memeluk Aileen, “Mau bagaimana pun dia hasil dari perbuatan gue. Dia darah daging gue, dia anak gue. Gue gak akan sebejat itu buat ngehilangin dia”. Bisik Regan pelan.


Lalu bagaimanakah kelanjutan kisah mereka? Apakah Aileen hidup dengan bahagia bersama Regan atau malah semakin menderita dengan Regan?


Apakah keluarga Aileen bisa menerima gadis itu pada akhirnya, ataukah malah membenci Aileen karena kehadiran bayi itu?


Begitu sinopsis yang tertera di cerita wattpad tersebut. mau aku ceritakan lebih detail nggak? Yuk yuk baca sampai akhir yaaa


Aileen mempunyai saudara kembar tak identik bernama Aurel. Aileen sempurna, beda dengan Aurel yang sejak kecilnya sudah penyakitan. Aileen dibenci oleh semua anggota keluarganya, ia sering disiksa dan dimarahi hanya karena kesalahan kecil bahkan karena kesalahpahaman yang kebenarannya tidak dipedulikan.


Sekalipun dibenci oleh semua anggota keluarganya, Aileen tidak pernah diusir, tidak pernah disiksa agar mati sebab Aileen adalah sumber kehidupan Aurel. Aileen adalah pendonor setia Aurel saat Aurel membutuhkan darah bahkan setiap bulannya. Bahkan, ada niat keji yang sudah diatur oleh orang tua Aileen terhadap nasib hidup Aileen saat beranjak remaja nanti.


Ditengah kebencian keluarganya, Aileen malah kembali mendapat musibah yang boleh dikatakan adalah sebuah keberuntungan bagi kehidupan Aileen di masa yang akan datang. Aileen dihamili oleh pacar Aurel; Regan. Saat keluarganya tau bahwa Aileen hamil, ia diusir dari rumahnya beruntungnya Aileen sudah sempat menyewa kost saat itu. Aileen menyembunyikan kehamilannya pada semua orang, terlebih lagi pada Regan, ia tak mau merebut sumber kebahagiaan kakaknya, sebab Regan adalah pacarnya, Aileen juga takut jika Regan meminta Aileen menggugurkan kandungannya. Namun ternyata, Regan malah mencari tau keberadaan Aileen dan saat tau kalau Aileen mengandung, Regan langsung ingin bertanggung jawab.


Semua keluarga Regan juga ikut membenci Aileen kecuali ayah Regan. Semua kelurga Regan mengharapkan Aurel adalah istri Regan, bukan Aileen.


Lanjut? 


Baca di wattpadnya langsung dong haha.


Kesan membaca kisah Aileen & Regan


Cerita ini aku  pilih pertama kali saat dari kemarin-kemarinnya aku vakum dari wattpad, maklum sok sibuk. Tertarik sama sinopsisnya makanya lanjut baca. Aileen ini sosok manusia yang baik banget gaes, meskipun dia disiksa oleh papa, mama dan kakaknya ia tidak pernah membenci mereka, bahkan ia tetap berbakti kepada mereka dan dengan lapang dada menjadi pendonor bagi saudara kembarnya yang penyakitan.


Ceritanya bagus bisa banget mempermainkan emosi pembaca. Apalagi saat ada adegan Aileen yang disiksa, euh pengen cubit ginjalnya aku. Alurnya lumayan bagus dan konfliknya pas banget. Feelnya dapat.


Dan paling greget itu di bab-bab terakhirnya, banyak banget kejadian yang tak terdugaaa, asli agak kesal sama authornya, bikin penasaran gilaa. Untungnya pas baca ini ceritanya udah tamat jadi tinggal geser ke bab selanjutnya haha.


Daebaknya, kisah ini mau diterbitkan dong! Duh duh, panik nggak? Panik nggak? Panik lah masa nggak! Biasanya kalau diterbitkan, di wattpad bab-bab terakhir ada bacaan, “cerita ini dihapus untuk kepentingan penerbit”. Hayooooo nggak patah tuh hati udah asik-asik baca malah dapet kalimat kek gitu? Yaa kalau mau beli novelnya sih ya monggo. Tapi mending buruan baca deh, hari ini part-nya masih lengkap, cepat cari ceritanya di wattpad woy!


Kelebihan dan kekurangan


Kelebihan Wattpad Aileen & Regan


Kisah ini bagus dan konfliknya bikin pembaca cetar ceter haha. Bukan Cuma bercerita tentang kehidupan pahit di keluarganya tapi juga kisah asmaranya dong. Pembelajarannya banyak banget, apalagi hal parenting.


Aku udah terlanjur jatuh, jatuh sejatuh-jatuhnya sama kamu. Awalnya aku gak percaya bisa cinta sama kamu, tapi seiring berjalannya waktu aku tahu bahwa tidak mencintai kamu adalah suatu kemustahilan”. Siapa yang gak baper coba kalau dibilang gini, hayati baper bambang Regan


Kekurangannya sih ada beberapa adegan dewasa jadi nggak terlalu pas untuk dibaca anak dibawah umur haha.


Yakin nggak mau baca? Awas nanti kalau nyesel kalian yes!


Siapa tau butuh rekomendasi bacaan wattpad yang lain


Kisah dosen bucin

Kisah psychopath vs indigo

Kisah albares madagaskar

Kisah zo dan zia

Saatnya kemilau bukan galau. buku yang wajib dibaca oleh setiap pemuda.

Saatnya kemilau bukan galau. buku yang wajib dibaca oleh setiap pemuda.

View Article

 


Identitas buku


Judul buku: Saatnya kemilau bukan galau

Penulis: Zailani BQ

Penerbit: PT Elex komputindo

Tahun terbit: 2016

Jumlah halaman: 212

ISBN: 978-602-02-8663-1

Pengulas: Sulfaini


Review buku saatnya kemilau bukan galau


Pemuda adalah sosok yang pas untuk mengukir prestasi, beda dengan pagi atau sore hari, ia bagai terik di tengah hari; menyengat dan penuh gelora. Bukan hanya galau soal cinta tetapi galau soal cita.


Buku ini benar-benar akan menampar kita karena banyaknya waktu yang ditelantarkan tanpa di manfaatkan. Banyaknya kesempatan tapi dengan sengaja malah dibuang. Hati diketuk oleh banyak nya motivasi namun malah masa bodo dengan tutup telinga.


Orang pesimis akan mudah terpengaruh keadaan, tapi orang optimis justru menaklukan keadaan. Itu bedanya! (Zailnani BQ)


Untuk menjadi pemuda yang produktif dan menghasilkan banyak karya tidak akan pernah terwujud jika yang dilakukan hanya  rebahan saja. apalagi takut banget melangkah, gimana bisa maju kalau jalan ke depan saja takut, naik tangga saja takut. Fiks, ini menampar aku banget sih.


Yang membuat kita gak maju-maju bukan karena kita OON, tapi karena kita terlalu TAKUT. Takut untuk mulai mencoba (hal 42)


Dalam bukunya, mas zai juga lah memasukkan nilai-nilai keislaman, bahkan hampir di setiap babnya ada hubungannya dengan Tuhan. Paling bagusnya juga, alur yang ditulis sangatlah beruntun, padahal kalau dilihat ini adalah buku non fiksi.


Di masa yang sudah maju ini, zaman yang sudah sangat canggih ini, banyak hal yang sudah serba instan ini, sangatlah rugi jika tidak dimanfaatkan sebaik mungkin. Hp, laptop, televisi dan sebagainya adalah alat paling gampang sebagai penopang kesuksesan. Tetapi, sebanyak apapun penopang kesuksesan yang ada di sekitar kalau dari diri sendiri saja bawaannya males mulu ya gak bakal bisa. Nggak punya visi untuk melangkah, nggak punya tujuan hidup untuk melakukan sesuatu. Nah, ini mah namanya telah mati dalam keadaan hidup.


Asli, rugi sekali kalau tidak membaca buku ini. banyak banget pengetahuan dan terlebih motivasi yang akan kita dapat. Aku juga suka sama mas zai ini karena banyak banget mengambil pelajaran dari sebuah benda kecil, seperti pada pensil. Hey, benda kecil gitu pelajarannya banyak banget loh.


Kelebihan dan kekurangan buku


Kelebihan buku ini, penulis memang terniat sekali menulis buku ini dilihat dari banyaknya riset yang ia lakukan, banyaknya buku yang ia baca dan kualitas bacaan yang benar-benar bikin membangkitkan semangat pembaca. Penulis tidak asal memberi motivasi namun banyak sekali kutipan kalimat-kalimat motivasi dari berbagai penulis lain sehingga isinya tuh mantul banget. Paling terkesan dan membangkitkan semangat ketika penulis menuliskan kisah hidupnya yang benar-benar penuh tantangan dan patut di contoh di satu babnya.


Penuturan yang tidak terkesan menggurui juga menambah nilai plus untuk buku ini. tidak ada kata berbelit, semua kata bisa langsung dicerna apalagi dipraktekkan.


Kekurangannya masih ada beberapa kata yang typo dan isi dari beberapa bab kurang berisi. Karena di beberapa bab isinya hanya selembar atau dua lembar saja membuat aku kurang puas hehe.


Belum sempurna rasanya kalau sudah pemuda tapi nggak bisa ngasilin apa-apa (bukan cuma ngasilin cuan ya, karya juga termasuk ahaha). makanya yuk coba baca buku saatnya kemilau bukan galau. Dan rasakan keajaibannya!.

Review Novel Harry Potter dan Batu Bertuah, petualangan seru di Dunia sihir

Review Novel Harry Potter dan Batu Bertuah, petualangan seru di Dunia sihir

View Article

 


Identitas novel


Judul: Harry Potter Dan Batu Bertuah

Penulis: J.K Rowling

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit: Cetakan Keduapuluh Delapan; Agustus 2018

Jumlah Halaman: 392 Hlm; 20 cm

ISBN: 978-602-03-3764-7


Siapa yang tak tau sama novel Harry Potter? Aku yang belum suka sama dunia per-novel-an dulu sudah mendengarnya, Alhamdulillah sekali bisa memeluk dan membaca salah satunya.


Sinopsis novel Harry Potter dan Batu Bertuah


Seumur hidup, Harry Potter tidak pernah berurusan dengan sihir. Dia tinggal bersama keluarga Dursley yang kejam dan Dudley, putra yang menyebalkan. Kamar Harry Cuma lemari sempit di kolong tangga, dan selama sebelas tahun, ulang tahunnya tak pernah dirayakan.


Namun, tiba-tiba datang burung hantu membawa surat misterius; surat berisi undangan ke tempat menakjubkan bernama sekolah sihir Hogwarts. Dan disana bukan hanya ada banyak teman, pertandingan olahraga naik sapu terbang, dan sihir dalam segala hal dari pelajaran sampai makanan-tapi juga ada takdir luar biasa yang sudah menantinya.. jika Harry mampu bertahan hidup.


Begitulah sinopsis yang tertera di cover belakang novel ini. aku bisikkan lebih detail ceritanya, mau? Simak sampai selesai ya.


Harry adalah anak malang yang tinggal bersama paman dan bibinya; yang tidak menyukai orang tuanya. Selama 10 tahun ia tinggal bersama keluarga itu, hidup Harry tidak lah baik-baik saja. ia tidur di lemari sesak bawah tangga, ia tidak pernah dirayakan ulang tahunnya dan menjadi bahan bulan-bulanan Durslyes; anak paman dan bibinya.


Ketika menuju umurnya yang 11 tahun, Harry mendapat sebuah kejutan, surat yang terbuat dari kulit, warnanya kekuningan dan nama serta alamatnya ditulis dengan tinta hijau zamrud. Untuk membuka dan membacanya bukan hal mudah untuk Harry, surat itu langsung dirampas oleh pamannya. Berhari-hari surat selalu berdatangan dan berhari-hari jugalah pamannya berhasil mengambil alih sebelum di baca Harry. Sampai tiba waktunya, beberapa detik sebelum ulang tahun Harry yang kesebelas, datanglah raksasa yang membawa kabar mengejutkan beserta surat misteriusnya; Harry adalah penyihir dan ia diundang ke sebuah sekolah sihir bernama Hogwarts. Dunia baru dan petualangan baru bagi Harry dimulai.


Harry telah terkenal sebelum ia menginjakkan kaki di dunia sihir, luka yang berkilat di dahinya salah satu penyebabnya. Pertama kali mengendarai sapu terbang, Harry melakukan antraksi yang tidak disengajanya sekaligus membuat takjub professor McGonagall yang membuat Harry dipilih sebagai seeker di sebuah olahraga yang bernama Quiddtich.


Selama sekolah di Hogwarts, Harry berteman akrab dengan Ron, dan tanpa di duga juga dengan Hermione; seorang yang sombong dan pernah membenci Harry. Mereka bertiga mendapat petualangan yang sangat seru sekali. Dimulai dari Harry yang menemukan rahasia bahwa ada benda yang sangat dijaga ketat di Hogwarts. Semakin hari, mereka betiga semakin menemukan banyak petunjuk tentang benda yang dijaga ketat itu dan selama itu pula mereka berusaha mencari tau, melanggar beberapa aturan dan beberapa kali mendapat potongan nilai. Hingga di suatu hari, setelah semua rahasia terbongkar, bahwa ternyata yang dijaga ketat itu adalah batu bertuah, benda yang jika diminum akan membuat peminumnya berumur panjang. Dan celakanya, ada yang ingin mengambil batu bertuah itu, mereka bertiga sepakat mencurigai Snape.


Tak ingin Hogwarts ada dalam kendala penyihir jahat, Harry, Ron dan Hermione nekat ingin menggagalkan rencana pencurian batu bertuah yang dicurigai akan dilakukan pada malam hari.


Kejutan besar bagi Harry setelah sampai di tempat batu bertuah itu disembunyikan  pun kejadian menegangkan plus menakjubkan terjadi pada saat itu. hayo penasaran? Baca bukunya ya ahaha.


Keseruan aku membaca novel Harry Potter


Pertama kalinya membaca novel ini tuh, membingungkan sekalipun tetap seru. Nama-nama aneh yang diberikan penulis kepada setiap tokoh membuat aku selalu tidak bisa mengingatnya dengan jelas. Apalagi ketika masuk ke dunia Hogwarts, Albus Dumblodare, Hagrid, Professor McGonagal, Snape, Wood, Madam hooch, banyak jenis hantu dan ah banyak sekali yang tidak bisa kuingat. Lucunya, ada yang diberi julukan, “Kepala-hampir-copot” dan ”Kau-tahu-siapa”. perlu membaca berulang kali agar aku paham maksudnya.


Lepas dari nama,  mengikuti petualangan Harry di dunia sihir sangat seru sekali. Penulis menjabarkan dunia sihir dengan baik sekali, seakan-akan aku benar-benar berada di dunia sihir. Tempat-tempat mengerikan, hutan terlarang, permainan Quidditch, sapu terbang, perpustakaan besar, ramuan-ramuan dan segala mantra.

 

Sepanjang membaca novel ini, level keseruan tertinggi ada di kritis-kritisnya lembar novel. Batu bertuah yang menjadi judul novelnya pun pertama kali disebutkan di halaman 278. Sampai aku kebingungan di halaman-halaman awal, "dimana batu bertuah itu?" benar-benar daebak penulis membuat alurnya. Dan bahkan, aku sampai berfikir bahwa tidak ada ending, khawatir harus lanjut ke novel Harpot selanjutnya ahaha.


Kelebihan


Banyak pelajaran yang bisa di  dapat dalam novel ini, keseruan dan humornya pun membuat novel ini semakin unggul. Alur ceritanya  sangat menarik dan ehm ada banyak mantra yang mungkin bisa dipraktekkan, *eh. Paling suka juga sama persahabatan antara Harry, Ron dan Hermione apalagi di detik-detik kesanggupan mereka untuk menggagalkan rencana besar yang jahat itu. menegangkan, bikin jantung berdebar-debar sambil lalu cekikikan. Sempurna toh?


Kekurangan


Sedikit sih, ada beberapa kalimat yang membuat ku harus membacanya berulang kali, kadang terkesan kaku. Juga, macam-macamnya tokoh yang membuat aku kebingungan.


Novel Harry Potter dan Batu Bertuah ini sudah dicetak berpuluh-puluh kali, artinya pembacanya banyak dan sependapat denganku, bahwa novel ini memang sangat seru sekali. Yakin Cuma baca review-nya saja? keseruan dalam review ini masih seperempatnya loh, sisa keseruannya ada di novel nya. yuk baca yuk.


Keseruan novel yang lain nih

Review novel Negeri para bedebah Tere Liye

Review novel Pergi Tere Liye

Mengenang kembali kisah Rasulullah, melalui e-book sejarah Rasulullah

Mengenang kembali kisah Rasulullah, melalui e-book sejarah Rasulullah

View Article


Identitas Ebook


Judul buku: Sejarah Rasulullah

Penulis: Al hafiz abdul ghani bin abdul wahid al maqdisy

Penerjemah: team indonesia

Murajaah: abi ziyad


Review ala penasulfa


Buku sejarah Rasulullah sering kali di sepelekan oleh banyak orang, banyak orang  yang ogah-ogahan membaca dengan alasan sudah hafal, sudah dari sejak kecil belajar tentang sejarah Nabi umat islam ini.


membaca sejarah tak akan pernah ada habisnya, meski dibaca berulang kali, pasti ada beberapa part yang belum kita hafal sampai saat ini, apalagi berkaitan dengan kisah Rasulullah. Mungkin iya untuk garis besar kisah Rasul kita sudah diluar nalar, namun tidak menutup kemungkinan beberapa part sudah terlupakan oleh ingatan kita.


Ebook ini berisi tentang sejarah singkat Rasulullah yang sebagian besar kisahnya sudah melekat dalam otak. Namun aku masih banyak menemukan sesuatu yang baru dalam ebook ini.


Sejarah Nabi Muhammad SAW hanya tertulis 6 halaman dari beliau lahir sampai wafat dalam ebook ini, selebihnya berisi informasi tentang nama-nama putra beliau, istri beliau, paman beliau, budak-budak sampai nama-nama hewan dan senjata yang dimiliki Nabi. Hal uniknya, Nabi memberi nama pada hewan dan senjatanya.


Part yang sangat mengharukan, saat aku membaca tentang ciri-ciri Rasulullah dan bagaimana Akhlaknya. Tak bisa kubayangkan bagaimana rasanya hidup dimasa beliau, bagaimana rasanya langsung memandangi wajah beliau. MasyaaAllah Allah sekali. Semoga di akhirat besok, aku, kamu bisa dipertemukan dengan Nabi Muhammad serta menjadi salah satu umat yang mendapat syafaat beliau.


Kekurangan ebook ini, penulisannya kurang rapi dan ada sebagian kata yang masih kurang tepat penempatannya dan ambigu.


But, ebook ini tetap sangat penting untuk dibaca, sungguh. Kontrol hatimu saat membaca bagaimana ciri-ciri Rasulullah dan bagaimana Akhlaknya ya hehe.