Label

Daun yang jatuh tak pernah membenci angin

Daun yang jatuh tak pernah membenci angin

View Article

 Belajar  Ikhlas, dari sebuah Novel “Daun yang jatuh tak pernah membenci angin”













Identitas buku


Judul buku: Daun yang jatuh tak pernah membenci angin

Penulis: Tere liye

Tahun tebit: 2010

Penebit: PT Gramedia pustaka utama

Nomor ISBN: 978-602-03-3160-7

Jumlah halaman: 264

Pengulas: Sulfaini


Review Buku


Jujur saja, saat membaca sinopsis dari buku ini, dengan bodohnya aku memikirkan sesuatu yang jelas-jelas salah, “Oh, ini ceritanya seorang anak yang mencintai ayah tirinya.” Eh? Astaghfirullah banget si


Berawal dari Tania yang kakinya tertancap paku payung saat mengamen di bus, ada seseorang yang menolongnya hingga berlanjut sampai kehidupan keluarga Tania benar-benar layak, ia adalah Danar; malaikat keluarga Tania. Danar menolong keluarga Tania, sejak Tania masih kecil, adiknya juga kecil dan ibu-ibunya yang sering sakit-sakitan sampai Tania sudah beranjak dewasa, adiknya juga remaja dan ibunya yang sudah meninggal.


Namun Tania dengan tidak tau dirinya membalas kebaikan malaikatnya dengan perasaan bodohnya, membiarkan perasaan di hatinya mekar bahkan saat itu rambutnya masih berkepang dua (masih kecil). Tania seorang anak kecil yang masih berumur belasan tahun, mempunyai perasaan lebih pada Danar yang berumur tiga puluh tahunan. Ah, cinta memang buta ya.


Sudah banyak rintangan yang Tania lewati, bahkan dia harus benar-benar menyimpan perasaan itu selama belasan tahun. Hingga akhirnya kenyataan pahit harus Tania telan; Danar menikah dengan Ratna, Dede (adiknya Tania) memanggilnya dengan sebutan ‘tante’.


Tidak, kisah ini tidak berakhir setragis yang kalian pikirkan, masih ada banyak kejutan. Kalian penasaran? Baca dong wkwk.


Sejak dulu, aku suka sekali dengan cara menulisnya bang tere, apalagi narasinya. Benar-benar sangat menghipnotis pembaca termasuk aku sehingga benar-benar menikmatinya, apalagi banyak sekali taburan kalimat diksi yang indah.


Mengenai alur juga tidak bisa diragukan lagi, masalah memainkannya bang tere sudah sangat mahir apalagi sudah mencetak puluhan buku. bahkan, di detik-detik terakhir penghabisan buku ini, semakin menambah penasaran, semakin menambah kenikmatan dengan campur aduknya cerita antara Dede yang menceritakan semua pada Tania, dan Tania yang sedang menumpahkan segala rasa kepada Danar. Bab favorit aku tuh.


Banyak yang bisa kita ambil pelajaran dalam novel ini, diantaranya ialah;


Belajar ikhlas layaknya daun yang jatuh tak pernah membenci angin


















“Daun yang jatuh tak pernah membenci angin. Dia membiarkan dirinya jatuh begitu saja. tak melawan. Mengikhlaskan semuanya.” (hal 63)

 

“Bahwa hidup harus menerima, penerimaan yang indah. Bahwa hidup harus mengerti, pengertian yang benar. Bahwa hidup harus memahami, pemahaman yang tulus. Tak peduli lewat apa penerimaan, pengertian, dan pemahaman itu datang. Tak masalah meski lewat kejadian yang sedih dan menyakitkan” (hal 196)


Ini adalah kalimat favoritku dalam buku ini, kalimat yang diksinya sangat bagus dan indah dengan nilai plus maknanya yang sangat dalam.


Mengikhlaskan sesuatu apalagi yang teramat penting bukan perkara mudah memang, apalagi untuk ukuran usia yang masih terlampau anak-anak. Remaja dan orang tua sekalipun tidak menjamin bisa mengikhlaskan sesuatu yang amat berharga namun kenyataannya tak bisa didekapnya.


Seperti layaknya Tania dan adiknya yang harus benar-benar mengikhlaskan ibunya di usia yang masih kanak-kanak, di usia dimana sosok ibu begitu penting ketika ayah sudah lama tidak ada, di usia dimana seharusnya ibu yang menjadi tulang punggung keluarga dengan ayah yang sudah dahulu pergi meninggalkan mereka. Siapa yang bisa membayangkan seorang anak berusia tiga belas tahun dengan adik yang berusia delapan tahun telah kehilangan ibunya, dengan keadaan ayah juga sudah hilang sebelumnya.


Atau layaknya Tania yang harus mengikhlaskan perasaan bunga mekarnya, mengikhlaskan rindu yang selalu meronta-ronta, dan mengikhlaskan hatinya perih karena kabar dukanya (dia yang akan menikah).


Tahukah kalian? Allah tak akan benar-benar membiarkan hambanya berjuang sendiri, Allah tak akan sebegitu teganya  membuat kalian menanggung banyak-banyak ujian tanpa memberi hadiah yang menakjubkan? Lihatlah kaka beradik yang ditinggal kedua orang tuanya itu sekarang benar-benar hidup serba layak, Tania yang dulunya hanya menjadi pengamen jalan kini dapat sekolah dan kuliah di singapura. Dede (adiknya Tania) yang dulu menjadi pengikut setia Tania saat mengamen kini menjadi pria ganteng nan dewasa  yang hebat bermain lego pun sangat pandai menulis.


Atau lihatlah nanti ending dari sebuah perjuangan Tania mengubur perasaannya, menutup rindu yang selalu meronta-ronta. yang terbaik buatmu belum tentu terbaik menurut Allah, namun yang terbaik menurut Allah itu pasti baik buatmu.


Perjuangan tak akan  berakhir sia-sia














Siapa yang menyangka, pengamen cilik yang telah putus sekolah, tinggal beratap dan berdinding kardus akan menjadi mahasiswa lulusan terbaik, akan menjadi remaja yang mahir menulis buku, namun kenyataanya memang begitu, kehidupan Tania dan Dede (adiknya) seratus delapan puluh derajat berubah dengan perantara Danar yang membantunya.


Siapa yang menyangka, pengamen cilik yang tertancap paku payung saat mengamen, bisa sekolah di singapura? Sampai kuliahnya pun disana.


Siapa yang menyangka, pengamen cilik yang dulu hanya berkeliling mencari uang, akan pandai bermain lego? Akan pandai menulis buku?


Allah maha membolak-balikkan balikkan keadaan, Tania yang punya kesempatan kembali bersekolah tidak menyia-nyiakan waktunya untuk belajar, ia bersekolah di pagi hari, mengamen siang hari, dan belajar di malam hari, belajar dengan sangat tekun, tamparan bagi aku-


Dede yang diberi hadiah lego untuk pertama kalinya benar-benar tekun mengerjakannya sampai hari ini ia begitu mahir memainkannya dengan kurun waktu yang cepat.


Mereka berjuang, bukan diam dan Allah maha menyaksikan. Lantas, Allah benar-benar memberi apa yang mereka harapkan. Ah, indah ya?

 

Menjadi Muslimah Produktif

Menjadi Muslimah Produktif

View Article

Muslimah produktif, 50 cara menjadi muslimah produktif, berprestasi, dan kontributif. Oleh Ary Mita C.




Identitas buku


Judul buku: Muslimah produktif, 50 cara menjadi muslimah produktif, berprestasi, dan kontributif

Nama penulis: Ary Mita C

Diterbitkan pertama kali oleh: penerbit PT Elex kumputindo 

ISBN: 978-602-04-8669-7

Tahun terbit: 2018

Jumlah halaman: 314

Pengulas: Sulfaini



"Apa pun aktivitas kita, berusahalah menjadi pribadi yang produktif. Usia kita terbatas, waktu kita singkat, sementara tugas dan tanggung jawab dalam hidup kita masih berlimpah. Jangan pernah abai dalam hal waktu dan usia, karena terlalu banyak waktu kita yang mungkin sudah terbuang tanpa menghasilkan apa pun"


Begitulah sedikit cuplikan sinopsis dari buku yang sejak dulu aku harus bersabar mengantri di ipusnas agar bisa membacanya. Aku tau penulis ini dari salah satu penulis favoritnya Aku; Ahmad rifa’i rif’an yang notabenenya adalah suaminya. Dalam buku mas rifa’i, beliau sudah beberapa kali menyebut dan mengistimewakan istrinya itu, apalagi kisah romantisnya mereka, aku auto stalking dong dan ternyata, beliau (read; Mita), juga menjadi penulis dan menerbitkan beberapa buku yang salah satunya adalah buku ini.


Wanita adalah makhluk yang istimewa





Allah sangat memuliakan wanita shalihah melalui berbagai macam cara. Melalui kehamilan wanita bisa melebur dosa. Dengan menjadi ibu seorang wanita menjadi manusia mulia yang kata-katanya menjadi doa bagi putra putrinya. Melalui haid wanita terbebas dari beberapa kewajiban mahdha yang tidak bisa dinikmati oleh kaum laki-laki. Maka, bersyukurlah, sungguh kita adalah manusia terpilih yang oleh Allah ditakdirkan menjadi calon bidadari-bidadari surga. Bidadari yang jauh lebih mulia di banding bidadari yang sebenarnya.” 


Yah membaca buku ini akan membuat kita tidak lagi merasa insecure terhadap laki-laki, yang dimana ini adalah perbincangan viral sampai sekarang tentang gender, dimana katanya wanita itu lemah, wanita itu tidak kuat, wanita itu bukan menjadi wanita karir tetapi harusnya fokus mendidik anak, fitrahnya hanya tentang kasur, dapur dan sumur. Beberapa kalimat yang membuat wanita menjadi rendah daripada lelaki terbantahkan dalam buku ini.


Bukan Allah tidak adil, tetapi kita yang belum terlalu paham tentang hal ini. 


Ada kelebihan pria yang tidak bisa dimiliki oleh kaum wanita, dan ada kelebihan wanita yang tidak bisa dimiliki oleh kaum pria.”


Menjadi  muslimah produktif dengan 50 cara dari Mbak Mita

















Setelah kegirangan bisa meminjam bukunya, aku langsung membacanya. saat itu sudah larut malam, sehingga di awal-awal agak belum terfokus membacanya. pagi harinya, aku kaget dengan 50 cara menurut mbak Mita tentang bagaimana cara menjadi muslimah produktif. Jika anda membaca semakin jauh bukunya, semakin membuka lembar per lembarnya maka anda akan lebih banyak mendapatkan pengertian produktif dengan semakin luas.


Menjadi seorang yang produktif bukan hanya yang kegiatannya sibuk luntang lantung dari pagi sampai malam saja, tetapi bagaimana ia benar-benar mengisi waktu dengan pekerjaan yang penting, paham pekerjaan apa yang harus menjadi prioritasnya terlebih dahulu.


Tuhan memberi kita waktu yang sama, 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu, 12 bulan dalam setahun. Lantas, mengapa dalam waktu sehari ada yang bisa mengurus diri sendiri saja tidak sanggup? Mengapa dalam sebulan ada yang menghasilkan beragam karya hebat, tapi ada pula yang dalam sebulan tak bisa menghasilkan apa-apa? salah satu penyebabnya adalah kemampuan masing-masing pribadi dalam memanfaatkan waktunya. Orang besar dalam sejarah sangat sayang jika waktunya tidak ditukar dengan pekerjaan-pekerjaan besar”.


Ini merupakan tamparan kasar buat aku sendiri-


Jika berbicara masalah produktif, maka waktu juga menjadi penting untuk diikutkan dalam pembicaraan. Dalam buku ini, salah satu penyebab kehilangan waktu yang berharga adalah banyak aktivitas mubah yang ada dalam hidup kita. Sudah banyak kita temukan dimana banyak sekali orang-orang yang sehari-hari nya diisi dengan menonton YouTube dengan konten yang kurang bermanfaat, bolak balik membuka sosial media tanpa menyisihkan waktunya untuk sesekali membuka dan membaca buku, apalagi yang viral saat ini adalah tik tok an. Padahal kata mbak Mita daripada melihat konten YouTube yang kurang bermanfaat kenapa nggak melihat ceramah di tempat yang sama (YouTube) itu? bukankah sekarang akses nya sangat gampang sekali untuk dijangkau? Lagi, lagi ini adalah tamparan buat aku. Mari kita saling menguatkan teman-teman.


Buku yang cocok untuk semua kalangan







Yah, wanita siapapun boleh membacanya, masih kanak-kanak kah,  masih remaja kah, sudah tuakah semuanya tidak akan terlambat untuk membaca buku ini. cara yang diterangkan dalam buku ini sangat lengkap, mulai dari kita yang masih single, menjadi istri sampai menjadi ibu, bahkan di halaman terakhirnya ada banyak doa yang bisa kita baca dalam kehidupan kita sehari-hari agar waktu yang telah kita lewati tidak ada yang sia-sia, begitu yang aku tangkap dari buku Mbak Mita.


Bahasa yang digunakan pun sangat ringan untuk dibaca oleh anak-anak atau orang tua sekalipun, Mbak Mita juga tidak lupa mencantumkan setiap point dalam satu bab, sehingga kita bisa benar-benar paham isi satu bab nya itu seperti apa. benar-benar buku recommended bagi semua muslimah.

 

Ah iya, tidak ada salahnya juga para kaum lelaki membacanya, ada juga pelajaran tentang kaum adam tersebut. 



Review Buku Diary Cinta Sally

Review Buku Diary Cinta Sally

View Article

Review buku diary cinta sally, belajar arti cinta sejati.




Penulis: Ayu momalula

Penerbit: PT elex komputindo, @quanta

Tahun terbit: 2016

Jumlah halaman: 163

Pengulas: Sulfaini


Dia meski kau jaga sepenuh jiwa, kalau kata Allah tak berjodoh pasti akan pisah juga. Dia meski tak pernah bertemu muka, kalau kata Allah jodoh akan bersama juga.” (halaman 57)


Ini adalah buku ketiga kak Ayu yang aku baca berurutan, setelah dua buku membahas hijab, buku ini membahas cinta. Cinta yang benar-benar cinta. Bukan hanya masalah baper, dan romantisnya yang di bahas tetapi lebih ke bagaimana perjuangannya, bagaimana niat tulusnya, bagaimana kita harus mengutamakan cinta pada penciptanya dibanding ciptaanya, bagaimanaa harus menyikapi takdir yang tidak sesuai akan kemauan kita pun tak lepas dari perjodohan orang tua.


Dia adalah Sally wanita yang lambat sekali mengenal cinta di banding kedua sahabatnya. Ia baru merasakan cinta pertama saat ia tak sengaja melihat postingan tweet teman SMA nya dulu. Belum pernah ketemu, belum pernah saling sapa namun langsung merasa patah, lantaran si doi akan segera menikah. Usahanya memantaskan seperti sia-sia.


Kedua sahabatnya kini ikut andil mengenalkannya dengan seseorang, pun tak sedikit pula Sally mendapat CV Ta’aruf di emailnya. Dengan menyusun hati kembali, ia berniat ta’aruf dengan Firman namun tak sampai proses sudah di tentang oleh kedua orang tuanya lantaran mereka punya pilihan sendiri, ia adalah Ichan yang kata ayahnya seorang lelaki yang tak mempunyai kekurangan. Hati sally patah lagi. Namun tak lama, ia ikhlas untuk menerima saja pilihan orang tuanya, baru saja mengutakan kabar tak enak kembali ia dengar, Ichan mundur tanpa alasan. Untuk ketiga kalinya, Sally patah hati.


Yah, kisah cinta Sally begitu rumit, itu masih di ujung kisahnya udah serumit seperti itu, belum di endingnya. Haru, kasihan tapi bisa bikin aku ngakak, habisnya kisah cintanya rumit sekali.


Melihat kedua buku kak ayu sebelumnya, ketiganya masih sama, sama-sama berilustrasi, sama-sama mengandung banyak kata motivasi, sama-sama memberi banyak tips yang berhubungan dengan hati. Kalian tak hanya dapat menikmati kisah cinta Sally, tapi akan dapat banyak pelajaran tentang cinta sejati. Kalian jago bucin? Kurang afdhol kalau tidak membaca buku ini.


Cinta tak akan tersesat, ia akan terasa di detak jantung yang paling cepat”. 


Siapa yang tau jodoh kita? Apakah dia sedang jauh dari kita, atau paling dekat dengan kita tapi kita tidak merasa. Apakah dia  sedang menjaga jodoh orang lain ataukah sedang dalam usaha memantaskan. Tak ada yang tau, namun yang pasti jodoh akan datang di waktu yang tepat, tidak cepat pun tak terlambat.


Recommended banget buat kalian yang lagi bucin, yang lagi pata hati atau yang lagi jatuh hati. Apalagi buat yang lagi galau lantaran sang kekasih melarikan diri, padahal sedang di fase lagi  sayang-sayangnya dan tak mau ditinggal seorang diri. Udah, daripada dengerin lagu yang semakin menyayat hati  atau membaca chat dengan dia tiap hari mending baca deh buku ini. biar galau ilang dan semangat kembali terbang. Bisa  jadi tuh pangeran realnya sedang mencari di kayangan, lah pujaan hatinya masih meringkuk di bawah lautan. Nggak bakal ketemu nanti, kasian wkwk. makanya ayok bangun sayang.



Review buku jangan Salahkan hijabnya

Review buku jangan Salahkan hijabnya

View Article

Review buku jangan salahkan hijabnya, Diary Sally 2#



Penulis: Ayu momalula

Jumlah halaman: 194

Penerbit: PT elex media komputindo

Tahun terbit: 2017

Pengulas: sulfaini


jangan mencibir mereka yang mencoba sholehah, karena butuh perjuangan untuk berubah, juga jangan mencibir mereka  yang masih berdosa, Karena Allah maha membolak-balikkan hati manusia. Saling mendukung, saling menghargai saling mengingatkan dan saling mendokan dalam kebaikan


Yah, setelah membaca buku pertama dari kak Ayu yang juga pembahasannya tidak jauh dari hijab, lebih tepatnya disana terdapat banyak kisah inspirasi dari 20 muslimah yang masyaa Allah sekali bisa melewati segala ujian yang Allah beri. Buku ini juga tidak jauh berbeda, bedanya ya karena kisah perbuku tidak sama, total jika di jumlahkan Aku sudah membaca 40 kisah wanita muslimah tentang bagaimana ia mempertahankan hijabnya. Baca acak pun sama saja, tidak ada kaitannya antar dua buku tersebut. 


Kalau di buku pertama kisah favorit ku adalah Niluh seorang mahasiswi jurusan olahraga, di buku ini aku pun juga punya kisah favorit, namun bukan hanya satu tetapi banyak. Ditakutkan spoiler, aku mau ambil satu kisah dari beberapa kisah favorit ku di buku ini. salah satuya tentang seorang wanita yang bekerja keras namun Allah menimpakan ujian yang berat, ia sering sakit, bahkan harus di operasi dua kali, menikah tak jadi lantaran sakit itu, pun ketidak setujuan orang tua pada hijab yang ia kenakan. Mantap lah menurutku.


Tidak jauh beda pula dari buku yang pertama, buku yang kedua ini pun juga sangat berilustrasi, mengandung banyak sekali kata-kata memotivasi dan juga beberapa tips-tips dari ukhty sally. Tips jaga pandangan, tips mengatasi perih hati dan sebagainya, tak lupa 20 kisah nya juga dapat kita ambil pelajaran.


Buku ini cocok sangat untuk mencharger iman yang sering naik turun, kembang kempis. Apalagi untuk muslimah yang kini sedang benar-benar ingin hijrah atau pun sudah dalam tahap hijrah. Bismillah ya Allah semoga sulfa juga bisa istiqomah.


Tidak ada ruginya  membaca buku ini, sekalipun tahun terbitnya sudah lama sekali. Apalagi kalau membaca buku yang pertama itu juga, semoga semakin bisa meningkatkan iman mu wahai shalihah. Semoga tetap istiqomah dalam mengejar ridhonya. Aamiin.


Review watpadd, “Mysha”

Review watpadd, “Mysha”

View Article

Review watpadd, “Mysha”




Nama wp penulis: NitaAyn_

Jumlah part: 91

Pengulas: Sulfaini


Sinopsis

Mysha adeline shunie. Siswi cantik SMA Highstar yang terkenal  memiliki sifat hiperaktif, ceria dan pantang menyerah.


Sifat itu tentu ia tunjukkan kepada si tampan yang terkenal cuek juga dingin untuk mendapatkan hatinya. Gadis itu tidak pernah sekalipun mendapat respon baik dari si tampan hingga membuatnya harus benar-benar extra bersabar untuk mendapatkan hati cowok tampan yang bernama Erlangga Qausar Wijaya.


Penolakan demi penolakan ia dapatkan, membuat tekadnya semakin tinggi untuk mendapatkan hati cowok itu.


Hari demi hari pun Mysha lalui, berbagai cara untuk mendapatkan hati si coowk pun telah ia lakukan. Entah terkadang mendapat respon baik atau pun respon buruk.


Cara yang di lakukan gadis itu membuat respon negative dari teman-temannya, sehingga di suatu hari ia merasa dijauhi, merasa dirinya adalah biang kesalahan.


Hingga menemukan suatu hal mengejutkan dari keluarganya bahwa dirinya hanyalah anak angkat. Keluarga yang selalu menyalahkan dirinya atas kejadian di masa lalu, kelaurga yang selalu memperlakukan dirinya tidak selayaknya anak.


Sampai di suatu hari, Mysha mendapatkan sebuah kejutan. Kejutan yang tak pernah ia dapatkan sebelumnya. Mendapatkan suatu fakta penting hingga ita tahu siapakah dirinya, dan di manakah seharusnya dirinya berada.


Mendapat sebuah fakta bahwa keluarganya ada sangkut pautnya dengan si  tampan. Membuat Mysha mengambil beberapa langkah untuk mengatasi hal itu. Hal yang mungkin akan membuatnya patah hati.


Dan menurutnya, perjuangan yang ia lewati pun telah mencapai pada titik puncaknya.


Apakah sesuai dengan keinginannya atau justru kebalikannya?


Review wattpad


Wkwk bagaimana baca sinopsis di atas? Terlalu banyak ya dan bisa jadi spoiler wkwk. tapi tak apa, itu dari penulisnya langsung kok. Lagipula, menurut aku, tidak serumit dari sinopsis itu, entah bagaimana menurut kalian silahkan baca sendiri.


Ini  part panjang ya? Karena satu partnya memang agak pendek. Tapi tetap bagus kok.


Kalau lihat tingkah laku Mysha, sebenarnya aku merasa gimana gitu, ia terlalu centil kepada si Erlangga, apalagi bahasanya. Erlang juga menurutku tidak terlalu cuek, biasa aja. Jadi sifat mereka berdua kayak tidak terlalu nyampur la. Tapi ini semua ide author  yes, semua karya adalah bagus.


Sekalipun aku nggak dapat fellnya, aku tetap membacanya sampai akhir dan jangan bilang aku nggak dapat  pelajaran saat baca cerita ini. banyak euy banyak.


Ada banyak quote di sana, sekalipun tidak terlalu nyambung dengan cerita per partnya tapi bagus, mutiara banget, readers yang lain pun banyak yang suka, Cuma aku yang banyak komen ya astaghfirullah wkwk


Alurnya bisa ketebak si, tapi ya itu tadi, tetap bagus dan ngalir. Lumayanlah buat bacaan.



Review Buku Diary Sally

Review Buku Diary Sally

View Article

Review buku diary sally inspirasi hijab syar’i, Buku Best Seller.




Penulis: Ayu momalula

Jumlah halaman: 223

Tahun terbit: 2015

Penerbit: PT ELEX Media kumpotindo, @quanta

Pengulas: Sulfaini 


Udah lama nggak ngereview buku nih, hampir sebulan ya. Aku kalau down ya memang begitu, lama wkwk. 


Sebenarnya udah pernah baca pas awal beli buku ini, tapi karena belum aku review dan aku ingin kembali mendapatkan semangat (nge charger) makanya tak baca lagi. Alhamdulillah, meskipun di setiap cerita endingnya udah tau, nggak bikin aku males bacanya. Malah asyik.


Berhijab itu bukan berarti kita berubah menjadi sosok malaikat yang tak akan pernah melakukan kesalahan. Itu salah. Berhijab adalah langkah awal menuju taat.


Di dalam buku tersebut, terdapat sebanyak 20 kisah dari muslimah tentang bagaimana perjuangannya mempertahankan hijab syar’inya meskipun banyak yang nyinyir sana sini, ataupun ujiannya semakin berat. Benar bukan? Jika tingkatannya semakin tinggi, maka akan tinggi pula ujiannya. Mungkin saja, kalau aku di posisinya mereka, aku tidak sekuat mereka. Naudzubillah. Bismillah semoga juga ikut istiqomah.


Dari dulu sampai sekarang, cerita favorit aku adalah ceritanya seorang Niluh, ya dia adalah mahasiswi jurusan olahraga namun tetap menggunakan hijab syar’i, entah saat praktik, di kelas dan di mana saja, ia tak peduli akan banyak dosen yang menegur akibat penampilannya yang seakan membahayakan ketika praktek, atau pun pandangan dari teman-teman se jurusannya, ia beda sendiri sampai akhirnya ada dua orang yang mengikutinya juga. Mereka semakin kuat, saling memotivasi. Panjat tebing ia tetap berhijab syar’i, Niluh desain khusus bajunya buat itu, praktek sepeda gunung juga ia tetap menggunakan gamis. Dan alhamdulillahnya, kemudahan selalu menjumpai mereka, Allah memang terbaik kepada hambanya.


Sebenarnya banyak sekali cerita yang tak kalah menakjubkan, apalagi cerita yang berhubungan dengan keluarga, aku paling senang membacanya. Ah, semoga ikut Istiqomah Aamiin.


Di lihat dari covernya saja, buku in sangat menarik, apalagi nanti ketika kita buka lembar perlembar-nya, benar-benar berilustrasi. Kertasnya berwarna, di desain semenarik mungkin agar indah di pandang dan enak di baca, tiap cerita desain  lembarannya beda di tambah quote di  setiap cerita dan gambar-gambar lainnya.


Bukan hanya berilustrasi, tapi di sela-sela cerita, penulis memberikan motivasi yang berhubungan dengan hijrah atau hijab dan terkadang ada kolom kosong untuk kita isi. Ini benar-benar buku bagus.


Semua kalangan pun wajib membacanya, tenang tidak akan kalian temukan bahasa yang rumit, bahasanya ringan sekali. Cocok buat kalian yang baru berusia anak-anak tapi semangat sekali untuk berhijrah, buku ini adalah salah satu buku yang harus kalian punya.


Review watpadd, "Chemistry"

Review watpadd, "Chemistry"

View Article

Review watpadd,”Chemistry”.

























Nama WP: Justfade

Jumlah part: 30

Pengulas: sulfaini


Blurb cerita


Marina tania bakti, seorang cewek manis 16 tahun yang baru masuk SMA 71. Dia adalah siswa berprestasi Astronomi dan fisika. Dia dituntut oleh gurunya untuk mengikuti olimpiade tingkat provinsi. Meskipun awalnya tidak mau, tapi pada akhirnya di malah yang paling semangat. Seumur hidupnya dia baru jatuh cinta satu kali, Keenan rivani adalah cowok yang berhasil menempati hatinya. Cowok itu tinggal hanya beda tiga blok dari rumahnya. Hingga pada suatu hari Keenan meninggalkannya tanpa alasan dan tanpa pamit. Awalnya Tania kecewa. Tapi kemudian dia bertekad akan menunggu Kenaan kembali. Tanpa terasa empat tahun sudah berlalu dan keenan tidak pernah terlihat lagi. Sikap terlalu sejatinya ini berhasil membuat sahabatnya greget dan selalu mendorongnya untuk move on.


Sampai suatu hari saat pertama masuk SMA 71. Tania bertemu dengan Faris faisal. Cowok setengah arab yang tampan, kalem dan cerdas. Tapi sayangnya tidak terlalu tertarik dengan perempuan dan dia belum pernah menyukai satu gadis pun. Tania terpesona oleh senyumannya yang mematikan. Dan sejak bertemu dengan Tania, Faris juga mulai berubah. Dia tidak bisa menolak pesona gadis manis ini dan mereka akhirnya saling jatuh cinta. Di saat sedang masa puncak berseminya cinta mereka, bagaimana jika keenan kembali?


Review


Bocoran bocoran gaes, bukan lagi, ketika lagi menikmati pacaran mereka, si Keenan datang dong! Udah itu aja bocorannya wkwk.


Fiks, aku suka banget sama cerita ini, aku kurang tau juga kenapa bisa suka (kan cinta ga butuh alasan, katanya wkwk). Aku suka sama persahabatan Tania cs sama Faris cs. Suka suka banget lah, apalagi point plusnya, yang biasanya si cowok dingin, si Faris malah bobrok cuy kek humoris gitu, jadi keadaaan cair menjadi berwarna aja gitu, daripada si cowok dingin mulu wkwk. aku kan golongan orang humoris, tentu setuju banget dong si cowok bertingkah kek gitu.


Aku nggak tau ini cerita ini bergenre apa, tapi masalah percintaan jangan di tanya lagi yes, itu pasti ada, selain percintaan ya itu kataku, persahabatan yah ah bagus banget sih, sumpah mah aku suka banget, terus ada aksi-aksinya gitu. Dan yang paling plus-plusnya, si Faris cerdas, pinter hebat sampe bisa menciptakan sesuatu sama Pak Bryan pas olimpiade dan berhasil meraih juara pertama sedangkan si Tania juga begitu, tapi dia menang di bidang astronomi juara dua. Apalagi sifat-sifat sahabat yang lainnya, Allah, sumpah cool banget. Si Aji sama Rei pinter basket, tinggi, sedangkan Deryn dan vira juga begitu. bahkan kadang aku merasa cerita ini tokoh utamanya adalah Deryn soalnya banyak banget kelebihan yang dia punya.


Oh iya, kan cerita ini ada aksi-aksinya ini yang paling bikin aku ternganga, bagus tau sumpah. Si author bagus banget bikin ide kek gini, aku belum pernah baca.


Sayangnya ya partnya berjumlah dikit dan menurutku kurang konflik aja, bahkan aku gak tau mau nebak ini konfliknya apa sih sebenarnya wkwk. tapi aku menikmati serius. Aku kurang thor! Nggak bisa di tambah apa itu cerita?


Review watpadd, "My killer ketos"

Review watpadd, "My killer ketos"

View Article

Review watpadd, “My killer ketos”
















Nama WP: Mellyanajiaa

Jumlah part: 77

Pengulas: sulfaini


Sinopsis


Mau gue cium lagi?” ancam Geanno.


Keyra membulat seketika, ingin sekali mencakar wajah Geanno, tapi ia tahan setengah mati.


Kisah asmara yang tidak bisa di bilang biasa, banyak hal yang mereka lewati dan menyakiti diri mereka sendiri. semua berawal dari teka teki keluarga mereka.


Review


Awal baca cerita ini sebenarnya sudah nebak endingnya kek apa, tapi karena aku memang jarang banget untuk berhenti membaca tidak sampai ending maka beginilah nasibnya, cerita ini  tetap ku lahap habis. pertengahan di cerita ini, masalah semakin rumit, konflik semakin memuncak. Aku kira layaknya cerita biasa tokoh pria yang dingin dengan tokoh cewek yang tepos Cuma akan bertengkar lalu merasa jatuh cinta, nah yang ini lain nih, mereka bukan lagi tengkar-tengkaran tapi pernah luka bersama, mau hampir mati bersama, dan kejutan dari masa lalu yang menyakitkan, ouh! Terngiang-terngiang sungguh.


Baca cerita ini juga terdapat banyak sekali pelajaran dan kejadian-kejadian ngeri. Beberapa pelajarannya tentang keluarga, tentang sahabat dan tentang cinta. Kejadian ngerinya tuh kek psikopat tau, ada bunuh membunuhnya cuy, main pisau cuy, main bunuh diri, main potong-potongan jari loh. Siapa yang nggak ngeri coba? Yakali kalau psikopat yang baca menikmati, lah aku? Manusia biasa yang paling ngeri kalau ada yang terluka jadi deg-deg kan mulu bacanya.


Aku menikmati banget baca cerita ini apalagi pas pertengahan, sampe pas cerita itu abis, aku kaget dong, kok cepet banget abisnya, padahal ye kan emang part nya banyak cuy!


Geanno yang super duper kaku dan dingin sangat menarik ketika jatuh cinta, kelihatannya tuh geli tau wkwk. Dia sok-sok an tetap cuek ke Keyra padahal mah hatinya, nggak usah di tanya lagi, nggak mau pisah cuy. Tapi ya tapi, kejutan dari masa lalu sangat sangat membuat cerita ini semakin bagus. Yah, si dingin Geanno mantap banget memang nyembunyiin segala macam ekpresi, yang di pasang selalu ekpresi datar. Greget aku. Aku belum pernah ketemu sama orang begini an, pengen tak jambak-jambak dah tuh kalau ketemu, greget pisan euy.


Dan kalian tau? Ada kata favorit aku nih, “Terkadang sayang itu berarti mengikhlaskan,..” itu salah satu kalimat yang nyes banget ke aku wkwk. Hayoo siapa yang ngikhlasin nih, kok serem yes wkwk


Terlebih aku sangat baper sama tokoh Genta. Aku nggak pernah nyebut Genta di atas kan ya? Yauda baca sendiri aja nanti tau, intinya ah, aku pengen sama Genta aja deh daripada si kaku Geanno wkwk. 

Cerita ini juga mengajarkan banget tentang sebuah kekeluargaan, bagus sekali.


Cerita ini aman sih menurutku, Cuma ada beberapa kejadian yang nggak boleh di tiru, jadi pandai-pandai aja membacanya ya