Label

Novel recomended, sabtu bersama bapak

Novel recomended, sabtu bersama bapak

View Article


Identitas buku


Judul buku: Sabtu bersama bapak

Penulis: Adhitya mulya

Penerbit:gagas media

Tahun terbit: cetakan pertama, 2014

                     Cetakan kedua belas: 2015

Jumlah halaman: 277

Nomor ISBN: 979-780-721-5

Pengulas: Sulfaini


Novel sabtu bersama bapak menceritakan tentang seseorang pemuda yang belajar mencari cinta (Saka), tentang seorang pria yang belajar menjadi bapak dan suami yang baik (Satya), tentang seorang ibu yang membesarkan mereka dengan penuh kasih (Ibu itje) dan tentang seorang bapak yang meninggalkan pesan dan berjanji selalu ada bersama mereka (Alm. Pak gunawan)


Novel ini menceritakan sebuah keluarga yang tentram dan harmonis sekali. Bapak yang sangat bertanggung jawab akan tugasnya menjadi kepala keluarga, Ibu yang sangat tidak ingin menjadi beban bagi anak-anaknya dan kedua putranya yang Alhamdulillah sukses dengan karirnya namun tetap dan sangat berbakti kepada kedua orang tuanya.


Aku jatuh cinta pada ibu itje, aku jatuh cinta dengan satya dan aku jatuh cinta pada saka/cakra dan aku sangat jatuh cinta pada pak gunawan.


Novel yang sangat sangat recommended




“Hai satya! Hai cakra!”

Ini bapak.

Iya, benar kok, ini bapak.

Mungkin bapak tidak dapat duduk dan bermain di samping kalian.

Tapi bapak tetap ingin kalian tumbuh dengan bapak di samping kalian.

Ingin tetap dapat bercerita kepada kalian.

Ingi tetap dapat mengajarkan kalian.

Bapak sudah siapkan.

Ketika kalian punya pertanyaan, kalian tidak pernah perlu bingung kemana harus mencari jawaban.

I don’t let death take these, away from us.

I don’t give death, a chance.

Mari kita belajar

Mari kita bermain

Bapak ada disini

Di samping kalian (hal 5)


Baru baca di awal, aku sudah jatuh cinta sama novelnya, dialog dan narasinya pas. Semakin masuk ke dalam semakin jatuh cinta dengan alurnya, dengan segala tokohnya dan dengan ide penulisnya apalagi dengan ending nya.


Penulis sangat pintar mengemas cerita yang sebenarnya akan sangat tebal mengingat sudut pandang yang dipakai, tetapi hanya dengan 277 halaman, cerita ini selesai dan tidak ada penjelasan menggantung apalagi ending yang di ambang-ambang.


Sumpah ini novel recommended banget.


Humorisnya dapat, pelajarannya dapat, seriusnya dapat, sedihnya dapat, bahagianya dapat, romantisnya dapat, ah apalagi? Nggak tau lah pokoknya novel ini bagus sekali. Aku kasih rating yang tinggi sekali, sangat tinggi.


Bahkan sampai berfikiran nggak mau namatin, sayang soalnya.


Baca novel ini juga adalah rekor membaca yang paling cepat, meskipun niatnya nggak mau cepat-cepat tamat. Tapi saking asiknya nya membaca ceritanya, jadi nggak mau lepas. sehari tamat dong.


Penulis juga benar-benar pandai memainkan emosi pembaca, bab sebelumnya ceritanya sedih, bab selanjutnya sangat lucu sampai aku harus guling-guling, berhenti membaca sebab ngakak nya nggak bisa dihentikan padahal udah istighfar banyak, kadang tak ulang-ulang dialog yang lucu, sayang banget ey. Kayak gini loh, bab sebelumnya, cerita ibu Itjeh, berikutnya si saka, berikutnya satya, ulang lagi, acak lagi. Paham nggak sih? Baca sendiri deh, nggak banyak nyesel deh.


Ah iya, katanya novelnya sudah di film kan yah? Ah otw lihat dong aku. Pengen liat acting segala tokohnya. Novelnya bagus banget soalnya.


Memberi pelajaran dari semua sudut pandang




Novel sabtu bersama bapak ini adalah salah satu novel yang benar-benar recommended, serius. dari sekian novel yang aku baca, ini novel yang paling mantap, bagus dan sepertinya kata itu juga kurang untuk mendekskrispsikan novel ini. benar-benar ketceh badai…


Ah iya, lihat saja. cetakan pertama tahun 2014, cetakan dua belas 2015. Wow banget nggak sih! Berarti memang bukan Cuma aku yang sadar kalau novel ini manteup bener dah.


Aduh, sudah berapa kali aku bilang novel ini sangat bagus dan recommended banget? Tapi memang begitu deh, suer.


Sebenarnya di sinopsis sudah terpampang jelas bagaimana jalan ceritanya, tapi karena memang sangat ingin tau, aku tidak sempat membaca sinopsisnya (bahkan pembatas bukunya aku hilangkan saking fokusnya baca)


Alm. Bapak gunawan memberikan pelajaran yang sangat mantap tentang bagaimana tugasnya menjadi seorang kepala keluarga, tak peduli sudah beda alam.


Ibu itjeh memberikan pelajaran tentang bagaimana hebatnya sosok ibu, yang ditinggal suami dan anaknya (merantau kerja), ia ta pernah merepotkannya dan bahkan usahanya benar-benar sukses (mempunyai delapan warung)


Cakra/saka memberikan pelajaran menjadi anak yang tak pernah lupa pada petuah Bapak, berbakti pada ibu dan tentang penggapaian cinta.


Satya memberikan pelajaran tentang bagaimana menjadi seorang bapak yang hebat, suami yang romantis, anak yang tak pernah lupa jalan pulang.


Dengan alur yang pas, per bab menggunakan POV berbeda dan ringkasnya cerita sangat membuat novel ini hidup, feelnya juga sangat dapat.


Kalo kalian sudah baca novel Sabtu bersama bapak ini dan tau perannya mereka, saking bagusnya, kalian nggak bakal bisa bicara apa-apa lagi. Percaya deh.

Review | Surat cinta untuk kekasih sejatiku

Review | Surat cinta untuk kekasih sejatiku

View Article

Surat cinta untuk kekasih sejati ku, siapa ya?




Surat cinta untuk kekasih sejati ku ini adalah karya Ahmad rifa’i rif'an, salah satu penulis favoritku. Awal tahu buku ini, sebenarnya aku sudah menaruh rasa yang sangat penasaran akan seperti apa isinya, karena setelah membaca beberapa buku mas rifa’i yang aku baca, beliau pasti menyelipkan kisah dan kata-kata romantis untuk istrinya; mbak Mita. Namun, sepertinya isi buku ini lebih untuk kita semua, tidak ada kalimat yang bermakna kepemilikan.


Dalam bukunya, penulis tidak hanya membahas masalah perasaan semata, tetapi lebih ke bagaimana arti cinta yang sebenarnya, bagaimana seharusnya menyikapi cinta yang belum masanya bersama, bagaimana respon baik saat dijodohkan dan penulis juga menggambarkan betapa indahnya dan hebatnya seseorang yang begitu taat kepada Tuhannya, begitu produktif dalam kegiatannya sehingga tidak ada kata galau dalam kesehariannya bahkan penulis merasa iri terhadap mereka. Kenapa aku ingat betul pada masalah ini? tamparan banget si! Jadi rasanya membekas:( semoga bisa menjadi pribadi yang lebih lagi, Aamiin


Buku ini cocok sekali dijadikan hadiah, apalagi buat doi. Itung-itung biar dia peka dan paham harus berbuat apa. buat kamu yang terlanjur pacaran tapi mau putus, boleh banget buku ini dijadikan hadiah terakhir, semoga juga bisa membawa doi ke ketaatan. Buat yang mau kode doi biar cepat meminang, juga boleh. Lebih baiknya juga sih dibaca sendiri yah, biar paham juga.


Oh iya, menurut ku, masalah yang paling di sepelekan dalam cinta itu, memaksa si dia untuk jadi jodoh kita dan kita rada buta membedakan cinta dengan nafsu. Nah, jawaban plus solusi dari masalah itu ada di buku ini loh. Simak penjelasan lengkapnya yuk..


Masalah sepele di dunia cinta; memaksa dia menjadi jodoh kita dan tidak dapat membedakan antara cinta dan nafsu.




 

“Memaksa Tuhan untuk mempertemukan kita dengan seseorang yang kita cinta. Tentu saja bukan akhlak yang bijak. Bukankah kita hanyalah  makhluk yang tak tahu apa yang terjadi di masa depan. Kita tak tahu, bisa jadi ketika kita menikah dengan yang kita cinta, justru kelak menimbulkan petaka” (hal 24)


Kalian kalau berdoa masalah jodoh biasanya gimana? Nyebut namanya dia supaya menjadi jodoh kita? Atau bahkan benar-benar maksa? Seperti kalimat yang viral bertebaran ntah di postingan teman, video-video kata-kata bijak dan yang lain (Ya Allah kalau dia jodohku maka satukanlah, jika dia bukan jodohku, jodohkanlah, jika dia benar-benar bukan jodohku, maka jangan beri dia jodoh selain aku dan jika dia jodoh orang lain jadikanlah aku orang lain tersebut) ini mah maksa banget ya?


Memang nya sudah tau dia benar-benar terbaik buatmu? Tahu dari mana hayo? Meramal ya? Wkwk. kalau boleh ngasih saran nih, baiknya berdoa itu minta yang terbaik saja, kalau pun mau nyebut nama menurutku nggak papa sih, yang penting isinya nggak maksa. “Ya Allah jika dia “sebut nama” adalah yang terbaik buat hamba maka dekatkanlah, jika tidak, maka hilangkan lah perasaan hamba padanya, pertemukan lah dengan dia yang Terbaik menurut Engkau Dan hamba mohon jomblo kan lah dia yang akan menjadi jodohku kelak sampai Engkau pertemukan kami”. Boleh ditiru ya kan? Wkwk


Sudah menerima teman-teman?


Next pembahasan selanjutnya


“Rasanya kita harus belajar untuk membedakan antara cinta dan hawa nafsu. Sering kali segala ketertarikan kita pada seseorang kita sebut cinta. Padahal bisa jadi, ketertarikan dari rasa suka itu hanyalah getaran sesaat yang mudah sirna dan menjerumuskan” (halaman 62)


Sebenarnya nih, aku sendiri juga belum benar-benar paham cara membedakan kedua itu, benar-benar tipis ehehe. Tapi, memang ini haruslah menjadi kehati-hati an buat kalian yang katanya lagi jatuh hati, di mabuk asmara tanpa mikir untuk makan sesuap nasi, yang hanya ada di benaknya adalah dia yang sedang tersenyum manis sekali.


Hayo, lebih teliti lagi, pikir-pikir lagi. Katanya, kalau cinta itu lebih tulus, bisa mengikhlaskan, masih bisa berfikir akan apa yang akan ia dapat setelah melakukan sesuatu. Namun, kalau nafsu hanya ada perasaan menggebu-gebu untuk memiliki dia seutuhnya tanpa mikir lingkungannya, mikir dampaknya bahkan tanpa mikir, dia juga suka ngga sih sama ellu? Sok-sok an maksa-maksa dan menindas banyak orang hanya untuk mendapatkan dia, lah dia malah ilfil sama situ! Et dah, Naudzubillah jangan bersikap seperti itu lagi nggeh. Perbaiki niat dulu, pikir mateng-mateng dulu, jangan langsung sok main garap-garapan.


Bacaan sekali duduk




Surat cinta untuk kekasih ini mungkin jika ada buku fisiknya sangat tipis, karena jumlah halamannya tidak sampai 100 halaman. Bahkan, surat cintanya hanya berakhir di halaman 77, setelah itu hanya berisi beberapa buku best seller dari penulis. Alhamdulillah, beberapa sudah membaca, sekalipun hanya baca di ipusnas ehe


Membaca buku ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama, sekitar 10 sampai 15 menitan sudah selesai, bahkan bisa jadi kurang dari 5 menit buat orang yang sudah benar-benar bisa baca cepat (aku belum sih:v). Apalagi jika kalian tau isinya, Astaghfirullah, aku kaget wkwk. per lembar nya hanya berisi kurang lebih 50 kata dong! Memang benar-benar bacaan hanya sekali kedip keknya wkwk


Faktor lain buku ini selesai di baca cepat karena kertasnya berwarna (sayang sekali, aku baca buku digitalnya:”) dan pastinya banyak terselip diksi-diksi indah yang nyaman dibaca, tidak bikin bosan deh.


Identitas buku


Judul buku: Surat cinta untuk kekasih sejati ku

Penulis: Ahmad rifa’i rif’an

Penerbit: PT Elex media komputindo

Tahun terbit: 2014

Jumlah halaman: 89

Nomor ISBN: 978-602-02-393-1

Pengulas: Sulfaini

Mencari cinta yang diridhai Allah-review

Mencari cinta yang diridhai Allah-review

View Article

Mencari cinta yang diridhai Allah, bagaimana caranya?





Identitas buku


Judul buku: mencari cinta yang diridhai Allah

Penulis: Fadli usman

Penerbit: PT Elex komputindo

Tahun terbit: 2015

Jumlah halaman: 180

Nomor ISBN: 978-602-02-7407-2

Pengulas: Sulfaini


Mencari cinta yang diridhai Allah menurutku gampang sih, tinggal ikuti perintah Allah tentang bagaimana cara mencari jodoh dan menjauhi semua laranganNya. Done, sudah diridhai dah. Wkwk setuju? Yang jadi masalah adalah siapa jodoh kita? Kapan dia akan datang untuk meminang kita? Right?


Aku sudah bersabar nih kak, udah menjauhi laranganNya, udah juga memantaskan diri tapi kenapa jodohnya nggak kunjung datang?” (aduh sama nih, jodohku belum menampakkan dirinya juga, jadi khawatir dia sedang baik-baik saja atau tidak ya? Ehehe) ayo coba lihat dulu, apa yang masih kurang dari perjuangannya? Oh iya jangan lupa shalih shalihah, jodoh Allah akan datang di waktu yang tepat. Mungkin saja, waktu nya belum tepat untuk kamu bertemu dengan jodohnya? Allah masih ingin lihat kegigihan perjuanganmu sampai dimana ehe.


Buku mencari cinta yang diridhai Allah ini menjelaskan secara rinci tentang cinta, apa itu cinta, bagaimana seharusnya menyikapi cinta, tentang menikah, menikah dengan yang sederajat, se suku, se agama, hiruk pikuk pernikahan, cintai pasangan apa adanya, pelakor dan sebagainya. aku kira permasalahan tentang cinta lengkap penjelasannya di buku ini.


“Jatuh cinta adalah salah satu anugerah Tuhan yang paling indah. Oleh karena itu, bawalah perasaan cinta itu ke tempat yang indah pula, yaitu surga. Baik surga di dunia maupun surga di akhirat kelak.”

 

Pembahasan yang paling menarik dalam buku mencari cinta yang diridhai Allah





Aku sangat tertarik dengan pembahasan, “menggoda atau mencintai suami orang”. Bukan tidak banyak di zaman sekarang yang seperti itu, ada yang bisa memendam namun ada yang diam-diam ‘menghalalkan’ contoh berselingkuh. Selama-lamanya kita menyimpan bangkai, pasti akan tercium juga. Begitu pula dengan perbuatan buruk yang disembunyikan.


Cinta itu memang tak bisa dikehendaki (bahkan ke orang yang sudah bersuami istri), namun masih bisa di akali. Artinya, sekalipun perasaan udah tertambat pada dia, kita masih bisa menggunakan pikiran apakah mencintai dia wajar? Seberapa banyak hal negatif yang akan diterima jika ia tetap mempertahankan cintanya? Lagipula, tolong bedakan antara cinta yang benar-benar cinta dengan yang hanya nafsu belaka. Bahkan, di dalam penjelasannya penulis memberikan contoh seseorang yang menjadi pelakor sehingga mereka berdua bisa menikah. Namun, endingnya ia tidak bahagia, bahkan menyesal. “Bagaimana kita bisa hidup bahagia di atas penderitaan orang lain?”


Kelebihan dan kekurangan buku mencari cinta yang diridhai Allah





Kelebihan buku ini adalah di setiap sub bab pembahasan, penulis tidak pernah luput memberi sebuah gambar yang nyambung dengan isinya. Di beberapa pembahasan juga penulis langsung mencotohkan kisah nyata yang pernah penulis lihat atau dengar sehingga benar-benar tergambar penjelasan penulis seperti apa.


Dalam beberapa sub bab, penulis juga menjelaskan dengan melihat tidak hanya pada satu sudut pandang saja.


Kekurangannya menurutku adalah, ada beberapa penjelasan yang jika dibaca orang awam (termasuk aku) dengan lugunya akan melaksanakan. Salah satu penjelasannya tentang bagaimana saat berkomunikasi dengan doi (entah hubungan pacaran ataupun hanya sebagai teman). Di dalam penjelasannya, 'sepemahamanku' penulis menjelaskan komunikasi itu penting, dalam berkomunikasi, kita haruslah melihat setiap inci yang ia lakukan, apa yang ia pakai dan bahkan ia harus melihat bagaimana responnya ketika kita bercerita banyak hal pada dia. Namun, jika pembaca yang tidak mencerna dengan baik apa yang penulis sampaikan tentu akan salah paham, seperti mengharuskan pembaca untuk selalu dekat dengan doi agar ia paham kepribadian doi seperti apa. padahal dalam islam ada jalur ta’aruf dan yang lainnya. dimana jika kita ingin tau seluk beluknya doi harus ada orang ketiga yang mendampinginya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan (setan akan sangat gencar menggoda laki-laki dan perempuan yang sedang berduaan).


Bukankah dalam judul buku ini, menekankan cinta yang diridhai Allah? Tentu caranya adalah dengan melaksanakan perintahNya dan menjauhi laranganNya apapun yang berhubungan dengan jodoh.


Memang di beberapa penjelasan, penulis menjelaskan bagaimana seharusnya kita mengenali doi dengan didampingi oleh orang ketiga, namun itu tidak keseluruhan. Dikhawatirkan pembaca yang kurang teliti dan menelaah kembali apa yang di baca akan salah paham. (ada sebuah kalimat yang aku lupa isinya gimana, tapi intinya begini, membaca buku itu tanpa guru kadang-kadang bisa menyesatkan.) so, untuk para pembaca teliti dan telaah jika membaca buku nggeh:)

 Buku blog gratis dan praktis omzet fantastis

Buku blog gratis dan praktis omzet fantastis

View Article

Blog gratis dan praktis omzet fantastis, tutorial meningkatkan omzet melalui blog gratisan


Sumber foto: www.penasulfa.com















Identitas buku


Judul buku: blog gratis dan praktis omzet fantastis

Penulis: Jefferly helianthusonfri

Tahun terbit: 2015

Penerbit: PT Elex komputindo

Jumlah halaman: 220

ISBN: 978-602-02-7096-8

Pengulas: Sulfaini


Mengenal penulis muda


Aku nggak sengaja membuka biodata penulis sebelum membaca buku nya dan aku kaget dong! Ternyata penulisnya sangat muda, tahun 2015 kemarin, beliau masih berumur 18 tahun dan sudah menulis 29 buku!. tahun ini juga masih muda dong ya. Sudah menikah belum ya?, *eh.


Di dalam buku blog gratis dan praktis omzet fantastis ini, penulis memaparkan kelebihan lainnya selain menjadi penulis buku. Beliau juga sangat menekuni dunia bisnis apalagi tentang passive income. Semua promosi yang beliau contohkan dari pengalamannya sendiri.


Beliau juga mempunyai banyak grup-grup di sosial medianya yang diisi oleh ratusan orang-orang.


Kenapa harus ada sub ini? karena kaget aja sama penulisnya, aku pengen pembaca review ini juga kaget dong ehehe.


Tutorial yang paraktis agar omzet fantastis melalui blog gratis


Buku blog gratis dan praktis omzet fantastis ini menerangkan dengan detail bagaimana caranya mendapat penghasilan terutama yang memang sudah mempunyai bisnis agar omzetnya terus melejit naik dengan media blog.


Dulu, untuk membuat personal branding seseorang harus menulis buku, namun dengan dunia yang semakin canggih dan ditambah dengan bantuan internet, maka seseorang bisa terkenal tanpa menulis buku terlebih dahulu, ia bisa membangun personal branding nya melalui internet, misal dengan mempunyai blog.


Membuat blog dengan mudah bahkan tanpa mengeluarkan biaya pasti menjadi incaran banyak orang (nih termasuk aku, aku kan punya blog nih wkwk). maka dari itu, penulis tidak sekedar membagikan tutorial bagaimana cara membuat blog tapi bagaimana membuat blog tersebut bisa dikenal banyak orang atau bahkan blognya menjadi page on di google.


Mas jefferly dalam bukunya, menjelaskan tentang dua layanan blog gratis yang memang sangat banyak digunakan oleh orang-orang sampai hari ini, yaitu’ wordpress dan blogspot. Mas jefferly juga menjelaskan mana yang sebaiknya digunakan oleh kalian.


Ah, intinya tutorialnya cukup banyak namun jelas untuk kalian yang ingin menggunakan blog sebagai salah satu cara untuk meningkatkan omzet.


Baca juga: menambah penghasilan di tengah pandemi dengan internet

Cara jitu mendapat penghasilan dengan di rumah saja


Kelebihan dan kekurangan buku blog gratis dan praktis omzet fantastis


Kelebihan buku ini menurutku yaitu tutorialnya sangat jelas dan mudah di praktekkan, apalagi di setiap langkah mas jefferly selalu menyuguhkan gambar. Aku paling suka membaca buku tentang tips-tips yang disertai gambar karena aku sendiri lebih suka membaca buku fisik daripada buku digital jika berkaitan dengan tips-tips. Mengulang-ngulangnya mudah dan tanpa harus membuka tutup gadget atau bahkan kita memang butuh gadget untuk praktek, kalau buku digital nya ada di gadget kan ribet?! Kalau pakai buku tinggal bolak balik halaman, gadget atau laptop di pakai untuk praktek saja. kan lebih gampang!


Bahasa di dalam bukunya juga dikemas menggunakan bahasa yang mudah dipahami, menunjukkan buku ini benar-benar pas untuk pemula.


Kekurangannya mungkin Karena buku ini sudah terbit tahun-tahun yang sangat lalu, tahun 2015 sekarang sudah tahun 2021 tutorialnya beberapa tidak sesuai. Bukan salah, melainkan menu-menu atau kata-kata dalam blognya sudah berubah, sehingga kadang aku bingung kalau tidak benar-benar jeli. Tapi, itu hanya sebagian kecil saja, untuk yang lain masih gampang kita ikuti.


Isi tutorialnya juga lebih mengkhususkan tentang bisnis atau lebih banyak menjelaskan tentang bisnis menjual-menjual gitu daripada personal branding. Jadi, untuk aku yang memang tidak berkecimpung di dunia bisnis dan hanya menggunakan blog untuk personal branding kurang puas membaca buku ini. meningkatkan trafik memang dijelaskan tapi tidak begitu banyak dan detail, intinya buku ini lebih banyak membahas penjualan di internet dengan memanfaatkan blog.


Buku ini sangat cocok untuk para pelaku bisnis. Juga untuk anda yang ingin memulai menjadi seorang blogger.


Begitu kutipan akhir di sinopsis buku tersebut.


Untuk para pelaku bisnis dan yang ingin memulai menjadi seorang blogger. Pelaku dan memulai. Berarti yang sudah punya bisnis agar memanfaatkan blog gratisan untuk meningkatkan omzet dan yang ingin menjadi blogger karena di dalam bukunya tutorial membuat blog sangat lengkap.


Terlebih dari itu, untuk seorang blogger yang sudah lama berkecimpung bukan berarti buku ini tidak penting, siapa tau bukan ada kiat-kiat yang kalian lewati selama menjadi blogger? wkwk


Salam santuy, Sulfaini:)

Review wattpad, Meet Again

Review wattpad, Meet Again

View Article

 

Meet again, cinta sejati akan bertemu kembali



Sumber gambar: www.penasulfa.com
















Nama wattpad penulis: Renyrivai72

Jumlah part: 38

Pengulas: Sulfaini


Sinopsis wattpad


Setelah terpisah selama 20 tahun, akhirnya Anton kembali bertemu Rini, wanita yang dulu sangat ia cintai tapi kemudian meninggalkannya tanpa alasan yang jelas. Anton telah lama melupakan Rini dan bahkan ia sudah menikahi wanita lain. Tapi saat bertemu dengan Rini, kenangan masa lalunya datang kembali dan ia jadi mengingat seluruh pertanyaan dalam dirinya yang selama bertahun-tahun menghantuinya. Mengapa dulu Rini meninggalkannya? Apakah dulu Rini sungguh-sungguh mencintainya? Anton membutuhkan jawaban atas semua pertanyaan itu.


Berinteraksi dengan Rini ternyata tidak hanya membuka kisah sedih masa lalu mereka. Masuk ke dalam dunia Rini membuat Anton masuk ke dalam sebuah atmosfer yang mengingatkannya pada jati dirinya sendiri.


Rini putri seorang konglomerat, cerdas dan seorang pianis ulung. Di balik kehidupannya yang sepertinya tampak sempurna, dia menyimpan banyak cerita kelam. Pertemuannya kembali dengan Anton. Termasuk bagaimana Rini harus berhadapan dengan Reva, istri Anton, adalah titik balik Rini untuk menjawab semua kegelisahan serta pertanyaannya terhadap kisah kelam masa kecil dan remajanya.


Dan Anton pun harus memilih.. Rini juga harus memilih.


Review wattpad


Setelah membaca cerita pertama yang endingnya masih mengambang sehingga membuat pembaca harus mencari cerita kedua yang katanya telah di tulis oleh penulis (ini mah strategi yang manteup buat narik pembaca thorr). Dan ini adalah cerita kedua dari cerita yang pertama, “you’re the inspiration”.


Jika membaca cerita pertama awalnya bikin aku bosan, tapi tidak untuk cerita kedua, aku langsung bisa  menikmatinya, bahkan feelnya pun dapat.


Aku bisa melihat perjuangan penulis dalam membuat cerita ini dengan menyimak penjelasan detail tentang penyakit autis dan beberapa gangguan lainnya yang mana nggak mungkin penulis tulis jika data tersebut tidak valid. Aku suka sekali jika membaca sebuah cerita yang bukan hanya sekedar cerita tetapi bisa memberi ilmu baru bagi pembacanya, seperti penyakit autis yang penulis cantumkan. Jujur saja, aku baru dengar ada penyakit autis, aku kira autis itu hanya nyanyian.


(Dasar kau autis.. di panggil-panggil tak rungu..

Di colek-colek tak hiraukan, kau masalah asik sendirian..

Ku banyak bicara sampai-sampai mulutku berbisa

Namun kau tetap saja begitu, tetap saja asik sendirian)


Eh tapi, kok nyanyiannya emang nyambung dengan penyakit autis ya. Et dah dasar aku kudet bener.


Hm, sampai di pertengahan cerita, aku  kurang setuju dengan keegoisan Anton dan Rini yang menjalin kasih secara diam-diam padahal Anton belum resmi cerai dengan Reva; istrinya. Mereka tidak memikirkan perasaan orang lain, nasihat orang lain (maklumlah la yau, cinta itu buta), mereka hanya memikirkan tentang bagaimana hubungan mereka tidak berpisah lagi (hayoo jangan berpikir negatif dulu, kelanjutannya beda loh ehehe).


Cerita ini mengajarkan bahwa cinta sejati itu ada dan kekuatan cinta itu memang tidak bisa di kalahkan oleh apapun. Akan ada keajaiban di setiap pengorbanan dan keikhlasan.


“Sang pangeran dan putri terus berjuang menjaga cinta mereka. Menyirami dan memupuknya dengan kasih sayang, kepercayaan dan pengertian. Mereka selalu menikmati dan mensyukuri momen-momen bahagia yang mereka jalani. Mereka berdua adalah belahan jiwa yang sesungguhnya. Yang sama-sama ingin melabuhkan cinta terakhir setelah penantian yang begitu panjang


Kalian pasti sudah tau endingnya bukan? Tapi, hal pentingnya adalah melihat kisah di dalamnya, perjuangan apa saja yang mereka lakukan, pengorbanan apa saja yang mereka berikan, seberapa banyak air mata yang mereka keluarkan dan berapa kali kata menyerah yang mereka pikirkan tapi tetap melangkah maju kedepan. Seseorang yang hanya melihat ending tanpa melihat proses yang orang itu lakukan adalah seseorang yang tak pernah menghargai perjuangan. Ingat, yang dilihat itu proses, bukan hasil.


Kekurangan dari cerita ini menurutku, masih ada misteri yang belum terpecahkan atau penjelasan yang kurang. Aku juga tidak begitu paham dengan alur maju mundurnya, memang di setiap part dicantumkan tempat dan tanggalnya tapi aku tidak bisa mengingat dengan mudah antara part satu dan yang lain, mungkin penulis bisa memberi perbedaan bentuk font antara cerita masa lalu dan masa yang sekarang.