Label

kamu lagi stress? tenang, ini dia 9 cara mudah mengatasi stress

kamu lagi stress? tenang, ini dia 9 cara mudah mengatasi stress

View Article

 

Dengan tibanya kamu di halaman ini berarrti pikiranmu sedang kacau, keadaannmu sedang tak karuan, kamu lagi stress ya? Jika jawabannya iya, maka tepat sekali pilihanmu mengunjungi artikel ini. aku akan mengupas bagaimana cara mengatasi stress yang bisa dipraktekkan langsung ya. Oke cekidot




Semakin mendekat kepada sang pencipta


Aku pilih cara ini sebagai cara pertama karena menurutku cara  ini adalah cara paling ampuh. Segala masalah yang sedang menimpa kita mau ringan, sedang atau berat akan sangat gamblang kita atasi ketika kita dekat dengan Allah.


Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa jika kita dekat dengan Allah maka hidup kita akan lebih tenang, tentram dan damai. Meski mungkin masalah itu masih menimpa kita, pasti dalam mengatasi masalah itu dengan tenang dan tentunya dengan cara yang benar. Jadi, jika pikiranmu sedang kacau, keadaanmu sedang tak karuan, lagi stress maka aku sarankan mendekat lah dengan lebih dekat lagi kepada Allah. Curhat lah kepadaNya, sampaikanlah semua keluh kesah mu lalu mintalah petunjukNya. insyaaAllah setelah itu perasaanmu akan lebih tenang dan bisa berpikir jernih untuk menyelesaikannya.


Berfikir positif


Mengalami stress bisa jadi karena pikiran buruk yang dominan menguasai kita. Seumpama kita melakukan kesalahan yang mungkin tidak sengaja namun berakibat fatal maka jika pikiran buruk yang menguasai kita maka kemungkinan kita bisa stress dan selalu kepikiran. Seolah, ada bahaya mengancam kita. Padahal sebenarnya itu belum terjadi dan masih ada kemungkinan bahwa itu tidak akan terjadi. Jadi, pikiran buruk itu sebisa mungkin tepis, hempas ganti dengan pikiran positif.


Tidak gampang ya? Yah, aku saja adalah orang yang selalu memikirkan dampak buruk tentang segala hal yang aku perbuat, meski itu hal sepele. Namun, aku tetap berusaha menepis pikiran itu dengan menambah keyakinan bahwa aku akan baik-baik saja apapun yang akan terjadi setelahnya. Alhamdulillah, hal itu bisa membuat aku tenang kembali.


Kalau sudah terjadi tentang pikiran buruk itu bagaimana? Hey, semua masalah pasti ada jalan keluarnya ya. Jadi, kalau sudah kejadian ambil hikmahnya lalu perbaiki semuanya, jangan biarkan pikiran buruk itu tetap mendominasi. Kamu tidak akan menemukan solusi dengan bijak jika yang dominan dalam pikiranmu adalah hal buruk


Baca juga:



Hadapi, jangan lari


Kebanyakan orang kalau sudah mendapatkan masalah bukan menyelesaikannya tetapi malah lari. Sadar nggak sih, kalau kamu semakin lari dari masala itu bukan penyelesaian dan ketenangan yang kamu dapat, melainkan semakin banyak masalah dan akan membuat kamu selalu dihantui ketakutan.


Menyelesaikan masalah satu-satunya cara adalah menghadapinya, bukan kabur darinya ya. Ingat, lari dari masalah tidak akan bisa membuat masalah itu selesai. meski saat itu menurut mu selesai, tapi kita tidak tau kedepannya seperti apa ya, bisa jadi karena kamu lari masalah itu semakin rumit dan besar. So, jangan biasakan melarikan diri dari masalah ya.


Berbaur dengan orang lain


Perbandingannya, kita pasti lebih enak jika mengerjakan tugas yang sulit dengan teman daripada sendirian. Dengan mengerjakan bersama teman kita akan mudah bertanya jika tidak ada yang dimengerti, beda jika kita mengerjakan sendiri, pusing mikirin suatu jawaban yang pada soalnya pun kita tidak paham. Begitu pula jika kita dalam keadaan stress, jika kita selalu sendirian dan mengatasinya sendirian tanpa berbagi dengan orang lain maka kita akan semakin stress. Mengapa demikian? pikiran kita sudah stress dan banyak sekali pikiran buruk yang bertengger nah biasanya jika sudah didominasi dengan hal negatif seperti itu, sulit sekali untuk kita berpikir positif, gunanya kita berbaur dengan orang lain dengan menceritakan sebab musababnya kita menjadi stress maka teman atau orang lain tersebut akan memberi saran dan bahkan bisa mengendalikan diri kita. Ini berkaitan dengan gunanya mencari teman yang baik ya.


Mengalihkan stress dengan melakukan hal yang positif (hobi)


Biasanya kalau aku sedang banyak pikiran, stress apalagi, aku akan melakukan sesuatu yang menyenangkan, hobi ku: menulis dan membaca. Biasanya aku menulis apa yang sedang ku alami saat ini (ini bikin tenang, asli) atau membaca buku fiksi, kalau non fiksi auto makin stress wkwk.


Begitupula dengan kamu ya, jika kamu sedang stress maka jangan terlalu berlarut dengan itu, kamu harus bangkit dan kerjakan sesuatu yang menurut kamu menyenangkan, hobi misalnya. Lagipula, jika kita mempunyai masalah atau stress istilahnya dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan maka dengan sendirinya perasaan stress itu pergi. Nggak percaya? Coba deh.

Baca juga:

Basmi kejenuhan sekarang juga!

Tips membaca buku


Self love


Tidak bisa dipungkiri salah satu penyebab stress adalah karena kita tidak pernah mencintai diri kita sendiri dan cenderung ingin seperti orang lain yang menurut kita sangat sempurna. Hey, kita adalah makhluk ciptaan yang paling sempurna dibanding ciptaanNya yang lain. Masa nggak percaya sama sang pencipta sih?


Mencintai diri sendiri itu sangat penting untuk kehidupan kita, jika kita lebih ingin menjadi seperti orang lain berarti kamu belum bisa mencintai dirimu sendiri. ah iya, semua orang pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan ya, jadi nggak usah ngiri sama orang, porsinya sama kok. Bisa saja kelebihan yang kamu punya ini tidak dimiliki oleh orang lain, harusnya kamu ini bersyukur bukan tetap masih ingin seperti orang lain. Ini lebih ke nggak puas dengan pemberian Tuhan, tidak mau bersyukur. Masalah kekurangan kan masih diperbaiki toh? seperti kamu tuh jerawatan, beda banget dengan teman mu yang putih kinclong. Bukankah jerawat masih bisa diobati?


Cintai diri kita apa adanya, jika memang kekurangan itu masih bisa perbaiki, maka perbaikilah namun jangan pernah berpikir untuk menjadi orang lain. Kamu akan semakin kehilangan jati dirimu sendiri yang bisa jadi juga mengurangi kesempurnaan yang sudah Allah ciptakan


Baca juga: 

kamu itu cantik!

Istirahat


Nah nah, ini juga penting ya teman-teman dari cara-cara yang lain. Tubuh kita juga perlu istirahat ya. Jangan memaksakan sesuatu jika kita tidak bisa melakukannya, bukan berarti menyerah tapi istirahat dulu, mencharger kembali semangat untuk esok hari agar kita bisa memaksimalkan usaha agar sesuatu tersebut bisa dicapai.


Tidur dalam sehari semalam juga penting toh? tetapi aku pernah mendengar pernyataan bahwa istirahat bukanlah hanya dengan tidur, tetapi berhenti sejenak dengan segala aktivitas yang ada. Memejamkan mata pun bisa dikatakan istirahat ya gaes. Istirahat juga bisa mengembalikan semangat yang beribu-ribu. So, jangan lupa istirahat ya.


Keluar rumah atau jalan-jalan


Stress juga sangat bisa diatasi dengan kita menghirup udara segar di tempat terbuka. Jika hanya mengerem di kamar terus maka stress akan sulit di atasi, otak kita perlu di refresh sedikit dengan pemandangan yang bagus dan bikin hati senang. Cara ini juga sangat banyak digunakan oleh orang-orang jika sedang mengalami banyak masalah dan cenderung stress


Olahraga


Yah, berolahraga juga lah mampu mengatasi stress. Tidak usah berat-berat, senam tiap pagi bisa, senam aerobik bisa atau bahkan menghembuskan nafas dengan pelan juga sangat bisa membuat hati kita agak tenang saat tertimpa masalah atau sedang stress.


Cukup sekian cara mengatasi stress yang bisa aku paparkan, silahkan dicoba dan dipraktekkan dan rasakan dampaknya ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya. Semangat untuk jalani hidup.

Cara mendidik anak dengan baik dan benar

Cara mendidik anak dengan baik dan benar

View Article


Halo mom, sudah berapa tahun menikah nih? Sudah punya anak berapa? Sudah pada paham belum cara mendidik anak yang baik dan benar? Mendidik anak juga punya cara sendiri ya mom bukan sembrono sesuai kemauan mom. Ini cara mendidik anak yang baik dan benar




Menanamkan nilai-nilai keislaman


Nilai-nilai keislaman sangat penting untuk diajarkan kepada anak yang masih dini. Anak dengan usia dini sangat mudah sekali diajarkan berbagai hal apalagi dengan memberi nya contoh. Nilai-nilai keislaman jugalah sangat penting untuk kehidupan anak kedepannya dan sangat dibutuhkan saat umur berapa saja.


Nilai- nilai keislaman sangat banyak diantaranya  yaitu mengajarkan akhlak seperti bagaimana anak harus bersikap  menghargai, sopan santun, jujur dan sebagainya, selain mengajarkan akhlak (hubungan dengan sesama manusia) anak juga harus diajarkan bagaimana cara baik dan benar dalam berhubungan dengan Allah, sang pencipta seperti diajarkan sholat, menghafal doa-doa, mengajarkan membaca al-qur’an, melatih berpuasa dan sebagainya. jadi mom, harus seimbang antara manusia dengan Allah, karena semua itu sangat penting.


Menunjukkan contoh yang baik dan benar


Untuk anak yang masih berusia dini sangat mudah sekali mengikuti gerak gerik orang yang berada di dekatnya maka dari itu jangan hilangkan kesempatan untuk memberikan contoh yang baik. Setiap anggota keluarga haruslah melakukan hal-hal yang positif  apalagi saat ada anak kecil di dekatnya.


Sudah banyak sekali bukti bahwa anak kecil sering mencontoh perbuatan orang-orang yang ada di dekatnya, semisal di tv dengan maraknya emak-emak  joget-joget di tik tok maka anak-anaknya pun pintar ber tik tok meskipun dari orang tuanya tidak langsung diajari tapi karena anak kecil itu sering melihat emaknya joget maka otomatis diikuti. Jadi mom, kalau ingin mengajarkan anak agar berbuat baik maka berilah contoh yang baik. Sebelum mengajarkan maka haruslah melakukan terlebih dahulu. Kan lucu toh kalau kita menyuruh anak untuk selalu berkata halus tapi orang tuanya berkata kasar? Wkwk


Menceritakan kisah tauladan dari sahabat-sahabat yang dulu


Anak kecil juga sangat suka mendengarkan dongeng maka dari itu orang tua haruslah pandai menceritakan kisah yang bisa berdampak baik pada perilaku anak kedepannya. Bukan hanya sebagai lucu-lucuan saja tetapi juga haruslah diniatkan untuk memberi anak pelajaran agar nantinya mencontoh kisah-kisah yang telah kita ceritakan


Misalnya ketika mau tidur, biasanya anak kecil ingin mendengarkan dongeng dari orang tua, nah orang tua itu haruslah menceritakan kisah-kisah tauladan sahabat-sahabat nabi yang dahulu dengan cara yang tidak membuat anak jenuh yang kemudian nanti anak akan merasa kagum pada salah satu tokoh yang ada di kisah tersebut dan ber ending ingin seperti tokoh yang diceritakan.


Memanggil dengan nama yang baik


Nah mom ini juga penting untuk mom praktekkan karena akan berdampak pada kenyamanan anak. Memanggil anak bagusnya tidak memanggil langsung namanya bisa dengan memanggil kakak untuk anak pertama, adek anak kedua dan seterusnya atau bisa memanggil boy untuk anak laki-laki dan girls untuk anak perempuan. Dampak dari panggilan itu anak merasa lebih dianggap sebagai anak daripada memanggil namanya dengan langsung. Kok bisa gitu sih? Duh, ini penulisnya sudah pengalaman gimana rasanya dipanggil dengan nama langsung atau dengan ber embel kakak.


Beri rasa nyaman kepada anak


Jika anak sudah merasa nyaman dekat dengan orang tua maka tidak ada tabir hitam antar keduanya. Banyak sekali contoh anak yang pendiam dirumahnya tapi sebenarnya dia paling bar-bar di luar, itu karena anak itu merasa  nyaman dekat dengan teman-temannya daripada orang tuanya, makanya anak itu akan diem jika berada di rumah. Orang tuanya yang belum bisa membuat anaknya nyaman dekat dengannya, orang tuanya belum bisa membuat anak itu menggambarkan orang tuanya sebagai rumah untuk pulang makanya anak tidak terlalu dekat dengan orang tua.


Orang tua adalah orang yang paling dekat dengan anak, maka dari itu orang tua lah yang sangat paham bagaimana karakter dan sifat anak dan bagaimana harusnya ia membuat nyaman si anak dengan karakter dan sifat masing-masing anak. Kalau emang anaknya ceplas-ceplos maka orang tua harus lah selalu bisa meluangkan waktunya untuk mendengarkan segala ocehan anak, sedangkan jika anaknya memang pendiam maka orang tua lah yang harusnya ceplas-ceplos bertanya ini itu kepada anak, agar anak itu merasa aman jika  menceritakannya kepada orang tua.


Sangat tidak baik sekali jika anak tidak merasa nyaman dengan orang tua, jika dampaknya hanya membuat anak pendiam tidak terlalu bermasalah, kalau dampaknya membuat anak memberontak diluar rumah seperti menjadi anak nakal dan sebagainya kan yang repot orang tua, lagipula bisa jadi orang tua belum berhasil dalam mendidik anak.


Berilah apresiasi dan pujian


Duh, kalau penulis emang sangat butuh sekali dengan pujian apalagi dari orang dekat, dampaknya tuh akan wah sekali. Pastinya anak lain nggak akan jauh dari apa yang aku rasakan. Memberi pujian kepada anak sekalipun melakukan hal yang paling kecil pasti tetap sangat berdampak, semisal hanya karena anak bisa  makan dengan benar lalu orang tua memberi pujian maka anak tersebut akan senang dan akan berdampak membiasakan perbuatan tersebut karena menurut mereka orang tuanya sangat senang melihatnya seperti itu.


Anak memang akan sangat senang jika dipuji maka dari itu orang tua haruslah sering-sering memuji anaknya jika melakukan perbuatan yang baik dan benar. Namun, orang tua haruslah tau sikon ya, karena pujian juga bisa membuat anak menjadi males.


Menasehati tanpa membentak


Selain memuji, pasti anak tidak akan luput melakukan kesalahan. Orang tua dalam menasehati anak jika ia melakukan kesalahan haruslah mengetahui seperti apa dulu bagaimana karakter setiap anak, karena setiap anak pasti mempunyai karakter yang berbeda. Misal, ada anak yang akan berdampak jika dinasehati dengan lembut ada pula ada anak yang akan berdampak jika dinasehati dengan tegas. Tegas loh ya bukan kasar atau membentak.


Membentak anak menurut penelitian akan lebih berdampak membuat anak menjadi agresif atau bisa jadi melawan. Jika orang tua selalu membentak anak, maka jika anak tidak melawan anak akan merasa ketakutan. Padahal, membuat anak takut kepada orang tua bukanlah perbuatan yang baik, harusnya anak merasa nyaman kepada orang tuanya bukan? Maka dari itu, orang tua haruslah bisa sabar dan menahan diri agar tidak pernah membentak anak. Aku tegaskan membentak ya, bukan jangan bertindak tegas kepada anak.

Baca juga

 

membentak anak? jangan deh

Curahan hati anak, berbentuk puisi 


Baiklah, ada 7 cara mendidik anak dengan baik dan benar, semoga mom bisa mempraktekkannya ya. Sangat tidak recom banget aku jika ada orang tua yang membodoamatkan mendidik anak dengan baik dan benar, artinya yang penting menurut orang tua ini sudah dinamakan mendidik tapi menurut anak tidak, malah semakin membuat anak bertindak amoral. Semangat mom!

Review Ganjil genap karya Almira by penasulfa

Review Ganjil genap karya Almira by penasulfa

View Article

 

Ganjil genap? Apa sih ambigu. But, ini yang bikin novel ini unik! Tentunya bikin penasaran pembaca, apa lagi aku. Jakarta ada peraturan ganjil genap gitu ya? Kok aku nggak tau wkwk. So, ganjil genap itu seperti peraturan membawa mobil agar tidak macet di jalanan. Kendaraan boleh melintasi jalan sesuai dengan tanggal dan nomor polisinya. Jika tanggal ganjil maka nomor polisinya juga harus ganjil, begitu sebaliknya. 




Sinopsis Novel by penasulfa


Gala, seorang yang sudah hampir berumur 30 tahun yang berpacaran selama 13 tahun dengan Bara teman SMA nya dulu. Peraturan ganjil genap tidak menyulitkan mereka berdua, ganjil, Gala dijemput, genap, Gala menjemput. Hingga tiba kenyataan pahit Gala telan, Bara memutuskan Gala di parkiran hanya karena alasan Gala terlalu baik dan Bara merasa tidak cocok dengan Gala. Hey, aku bacanya gregetan! 13 tahun baru sadar! Alasannya klise lagi, alasan yang nggak pernah logis di mata cewek!


Hidup Gala mulai absurd setelah ditinggal Bara, apalagi ia akan berumur 30 tahun, apa kata orang, jika seorang perempuan dengan umur segitu belum menikah? Apalagi banyak orang yang tau kalau gala sudah pacaran lama dengan bara.


Beragam cara gala lakukan demi mendapat pengganti bara dengan bantuan dari ketiga sahabatnya, Sydney, detira dan Nandi. Btw, nandi itu beda keyakinan dengan mereka berdua, kalau saja tidak, mungkin gala akan menculik nandi untuk kemudian menjadi pasangannya.


Beragam cara telah dilakukan pun beragam orang yang gala kenal. Liburan ke tempat detira, ketemu pangeran, cowok tampan tapi sudah punya istri. Ikut main dengan nadin, tapi teman nadin nggak ada tanda-tanda tertarik dengan gala. Sydney juga? Iya dong! Penasaran? Baca lah! Ikut biro jodoh, unduh aplikasi tinder, ke dukun! Uwu perjuangan sekali.


Kamu tau, endingnya bagaimana? Uwaah sekali! Setelah berbagai cara dilakukan, ternyata endingnya… aduh!


Berlebihan dalam mengejar Jodoh semakin bikin jodoh kabur!


Benar sekali, segala macam gala lakukan untuk mendapat jodoh hanya membuat ia lelah dan hasilnya pun mengecewakan.


Bisa berbahagia nyatanya belum tentu bisa didapatkan dengan digenapi orang lain. Bahagia harusnya datang dari diri sendiri.


Nyatanya, ada banyak hal di dunia ini yang tidak akan terjadi seperti apa yang tidak akan terjadi seperti apa yang kita inginkan. Tidak sepenuhnya hasil memperlihatkan usaha. Perempuan baik mungkin harus menunggu untuk berakhir dengan pria baik. Pria baik mungkin harus menjalani proses karena sebelumnya memiliki masa lalu yang jauh dari kata baik. Tidak memiliki pasangan tidak menjadikan dunia berakhir tidak memiliki pasangan tidak menjadikan dunia berakhir. Dunia berjalan sebagaimana mestinya (hal 336)


Betul sekali, mungkin yang kamu inginkan tidak baik menurut Allah, makanya tidak Allah beri, tapi bukan berarti kita akan kembali dengan tangan kosong saja, Allah pasti akan menggantikannya  dengan yang lebih.


Mau dikejar seperti apapun kalau belum saatnya berjodoh ya nggak bakal bersatu juga kali. Lihat, selama 13 tahun dengan bodohnya gala berhubungan dengan bara yang pada akhirnya nggak berakhir di pelaminan! Bahkan berakhir di parkiran. Duh, kasihan.


Bahagia karena self love memang benar-benar melegakan. Tak apa lah kita sendiri dulu, menikmati me time dengan maksimal pun produktif. Ah, itu waktu yang nggak akan bisa terulang kalau sudah mempunyai pasangan!


Novel ganjil genap ini banyak sekali memberikan pelajaran bagaimana harusnya perempuan mengejar jodoh, eits pesannya tersirat ya, ambil hikmah dari apa yang gala lakukan oke.


Tinggalkan saja yang tidak mau berkomitmen


Membacanya saja aku bergidik ngeri, entah apa yang ada dipikiran bara sampai ia memutuskan gala padahal sudah bersama-sama selama 13 tahun. And you know gaes! Bara menyesal putusin gala dong endingnya! Uwwuu. Gala pandai sekali mengambil keputusan, meski puing-puing cinta itu masih ada, ia tak mau balikan lagi, gala tak mau mendapat harapan palsu lagi.


Ada lagi seseorang yang katanya sangat suka sekali pada gala bahkan sampai ia menyusul ke Negara tetangga hanya untuk menyusul nya pun semalaman berdiri di lobi. Uwu banget nggak sih? Tapi hallah! Orang itu nggak mau berkomitmen, maunya jalani saja, jalani saja. nggak ada pikiran mau menikah bahkan takut untuk menikah. Hey, emang perempuan suka diberi kepastian yang masih abu-abu? Dih, endingnya nanti seperti gala dan bara ahaha.


Kelebihan dan kekurangan buku ganjil dan genap


Kelebihannya kisah gala ini sangat lucu, tergelak aku membacanya. sangat seru pula. Pelajaran sekali untuk para perempuan yang sedang mencari jodoh. Nggak nyangka juga di dalamnya masih ada bau-bau agamanya, keluar ayat pula! Mantaap sekali.


Kekurangannya buku ini kurang cocok dibaca oleh anak-anak, bahasanya agak kasar sedikit.


Ganjil dan genap peraturan yang mudah sekali dilakukan oleh yang punya pasangan dan membuat menderita bagi jomblo yang cintanya bertepuk sebelah tangan! Ahaha.


Identitas buku

Judul: ganjil dan genap

Nama penulis: Almira bastari

Penerbit: gramedia pustaka utama

Tahun terbit: cetakan ketiga; maret 2020

Jumlah halaman: 342 halaman

Pengulas: Sulfaini

Review buku, "kau, aku dan sepucuk angpau merah" karya Tere liye

Review buku, "kau, aku dan sepucuk angpau merah" karya Tere liye

View Article




Identitas buku

Penulis: tere liye

Penerbit: PT Gramedia pustaka utama

Tahun terbit: cetakan keempat belas; 2016

Jumlah halaman: 512 halaman

Pengulas: Sulfaini


Akhirnya setelah sekian lama menunggu antrian, sampai juga pada giliran. Buku kau, aku dan sepucuk angpau merah ini sebenarnya setahun sebelumnya sudah ku baca, tuntas. Namun, karena belum ku review ku baca lagi, sebab sayang kalau cuma aku yang menikmati buku ini.


Borno, tokoh utama dalam buku ini. seorang yang ditinggal mati bapaknya, hanya tamat SMA, bekerja serabutan (kebun karet, penjaga SPBU, penjaga karcis dermaga pelampung, supir sepit dan sebagainya) hingga akhirnya bisa sukses memiliki bengkel yang sudah bercabang dua, padahal sebelum itu, Borno tidak kuliah.


Borno adalah seorang bujang berhati baik sepanjang Kapuas (kata mei). Ia selalu di suruh-suruh oleh cik tulani, koh acong, bang togar dan tentu ibunya. Borno mempunyai tempat penasihat terbaik, kata-kata nya dalam dan tak pernah keliru, kalau pun keliru berarti kebenarannya datang terlambat (Borno said); dia adalah pak tua, bernama asli hidir, seorang yang berperan penting dalam hidup Borno, apalagi tentang cinta  pertamanya.


Buku ini tentu menceritakan soal cinta, cinta pertama Borno. Pengemudi sepit itu berjumpa dengan gadis berwajah sendu menawan di dermaga kayu; gadis berbaju kuning itu menumpang sepit Borno. lantas kemudian, petugas timer menemukan surat bersampul merah nan rapi tertinggal di sepit Borno; pojokan sepit. Setelah berusaha mengingat, gadis sendu menawan berbaju kuning lah yang duduk disana dan kemungkinan besar pemilik surat sampul merah itu.


‘Abang mau terima angpau juga?” suara merdu itu menyapa.

Aku menoleh, “Eh? Kau memanggilku?”

“Iya, Abang borno, mau angpau?”

Tubuhku membeku seketika (hal 95)


Borno pikir, angpau berwarna merah itu penting, ternyata hanya angpau biasa yang berisi "uang".


Kisah cinta ini pun dimulai.


Malu-malu, perjuangan, beranikan diri, kisah indah yang sekejap, janji tak ditepati, satpam galak, tau diri, kejutan cinta, cinta sejati. Ah, banyak sekali pelajarannya. Alur yang tak bisa ditebak, semakin menyelam semakin seru. Benar, ini bukan soal cinta pada umumnya; sederhana namun penuh makna.


Tentu ending dalam ceritanya tak tertebak, sok menerka-nerka akhirnya salah.


Kau, aku dan sepucuk angpau merah mengajarkan cinta sejati


Aku sering tergelak-gelak dengan hubungan antara Borno dan mei, apa yang mereka banyak khawatirkan, banyak perjuangkan, padahal tidak punya hubungan spesial ahaha. Tapi begitulah sederhana nya cinta sejati.


Membaca setiap patah kata, “eh”, “kau” dan yang lain sebenarnya mengingatkanku pada seseorang, dia sangat suka sekali karya bang tere mungkin kebiasaan yang bang tere tulis juga menjadi kebiasaannya dia (kenapa harus bahas dia hm?)


Borno yang belum pernah sekali merasakan cinta sungguh kebingungan dengan perasaannya, ingin menyapa, bertanya banyak hal namun setelah keduanya bertemu, tak ada satu patah pun ia lontarkan, hanya menjawab sekenanya dengan wajah grogi. Pertemuan mereka selalu tak terduga (ini lain soal dengan si Borno yang selalu mengantri urut 13 agar Mei menjadi penumpang sepit Borno).


Jika dia memilih menjauh itu berarti sudah saatnya kau memulai kesempatan baru. Percayalah, jika dia memang cinta sejati kau, mau semenyakitkan apa pun, mau seberapa sulit liku yang harus dilalui, dia tetap akan bersama kau kelak, suatu saat nanti. Langit selalu punya skenario terbaik. Saat itu belum terjadi, bersabarlah. Isi hari-hari dengan kesempatan baru. Lanjutkan hidup dengan segenap perasaan riang. (Pak tua)

 

Bukan hanya tentang cinta, tetapi juga tentang persahabatan sejati dan solidaritas penghuni gang Kapuas


Yeah, salah satu kelebihan novel berjudul kau, aku dan sepucuk angpau merah bukan hanya membahas soal cinta belaka, kau dan aku saja, angpau merah, namun lebih dari itu. berulang kali aku berdecak kagum sama kisah ini.


Pertama, persahabatan antara Borno dan Andi. Teman sekolah yang tamat sma bersama itu kompak tidak melanjutkan pendidikannya lagi; bukan karena perjanjian bodoh tapi keadaan. Sudah berapa kali Borno dan Andi sama-sama saling mengerjai, kesal, marah tapi tentu dalam persahabatan hal itu tak akan bertahan lama. Saling menolong, bercerita, menyanyi, mungkin Pontianak sudah banyak kali merekamnya. dari yang hanya bekerja di bengkel sempit, jelek dan tanpa alat memadai sampai kini bengkelnya besar nan bercabang, mereka berdua berjuang bersama.


“Rasa sedih melihat teman baik menangis ternyata bisa berubah menjadi semangat menggebu tiada tara. Rasa pilu melihat teman teraniaya, bahkan konon bisa mengubah seorang pengecut menjadi panglima perang.” (hal 362)


Kedua, solidaritas tinggi penghuni gang Kapuas. Bertempat tinggal di sungai Kapuas, rumah-rumah mengapung, berkolong sungai. Bukan mobil bagus nan mewah kendaraannya, tetapi sepit; semacam perahu. Tak berhenti aku mendecak kagum solidaritas warga disana, mulai dari pengemudi-pengemudi sepit di dermaga kayu, warga-warga yang setempat tinggal di gang-gang sungai Kapuas, apalagi pada bang togar.


Mau-maunya mereka sering bermusyawarah tentang kehidupan borno apalagi sampai membelikan sepit baru; hasil sumbangan seluruh warga Kapuas. Tak pernah lelah mereka bercanda di dermaga Kapuas; bahkan di suatu persoalan mereka lebih memilih menunggu Borno yang akan bertemu dengan gadis sendu itu daripada menarik sepit (kalau dipikir, apa untungnya bukan?). lagi, lagi mereka sungguh sangat baik sekali, tolong menolong, sirat kekhawatiran saat pak tua ditemukan pingsan. Ah, kagum benar aku.


Begitu sedikit cuplikan dari buku kau, aku dan sepucuk angpau merah. Cocok sekali dibaca oleh remaja yang sedang marak-maraknya sok bercinta-cinta. Namun tidak ada salahnya dibaca oleh semua orang. Ini buku, eh novel yang recommend sekali, sudah pasti kenal dengan bang Tere Liye kan? Yah, karyanya sudah nggak bisa diragukan lagi.


Baca karya bang Tere yang sudah ku review yuk;

Review novel pergi

Review novel negeri pada badebah

Review novel dikatakan atau tidak di katakan itu tetap cinta

Review novel daun yang jatuh tak pernah membenci angin


Rugi tidak bergabung dengan odop blogger squad, ini manfaatnya!

Rugi tidak bergabung dengan odop blogger squad, ini manfaatnya!

View Article

 

ODOP blogger squad menampung banyak -blogger-blogger dari pemula, setengah pemula dan suhu-suhu yang ilmunya udah nggak bisa di ragukan lagi, sering banget menang lomba-lomba blog. Benar-benar tidak rugi bukan bergabung dengan orang yang sudah sukses?



Ketika ODOP blogger squad membuka pendaftaran, aku nggak ragu-ragu langsung bergabung, namun kemudian setelah admin memaparkan hanya sedikit saja yang masih tersisa di sana, aku merasa takut, mengingat aku sangat newbie meskipun sudah mempunyai blog selama 7 bulan. Apalagi sistem nya disana bikin merinding, setelah materi dibagikan kita langsung diberi tugas dengan tenggat waktu tertentu, setelah sampai pada waktunya namun kita masih nggak mengerjakan, alasan kek apapun tetap auto tendang dong. Alhamdulillah, masih bisa bertahan sampai hari ini, semoga sampai kapan pun tetap disana.


Ini dia Manfaat bergabung dengan ODOP blogger squad




Ilmu yang diberikan benar-benar dari 0


Aku pribadi adalah orang yang paling nggak tau mau bertanya apa sebelum materi disampaikan makanya kondisi seperti ini sangat membutuhkan komunitas dan suhu-suhu yang sudah pandai. Setelah membaca teliti barulah pertanyaan-pertanyaan itu muncul, kalian seperti ini juga, tidak?


Menurutku juga ilmu yang di transfer benar-benar dari awal-pertama tapi tetap daging dong! Materi yang paling berkesan di aku adalah, apa big why, kenapa kamu ngeblog? Materi ini tamparan buat kita semua jika kita sok bangun blog tapi hanya sekedar membangun, tidak punya impian akan di apakan, mungkin juga tidak akan tau se-bermanfaat apa membangunnya. Lagi pula, kalau tidak tau alasannya maka akan lebih cepat longsor! Eh kenapa bahas ini sih? Ya sudah, yang penasaran sama alasan ku kenapa ngeblog, boleh ceki-ceki disini yaa


Setiap PJ memberi tahu bahwa malam nanti akan ada materi, aku ketar ketir, merasa takut tidak paham, tidak punya waktu, tidak bisa mengerjakan tugas dan auto tendang pastinya. Namun Alhamdulillah sekali, selain sabar menjawab pertanyaan berkelit-kelit dan sepele ku, aku selalu tuntas mengerjakan tugas, dan menurutku masih bisa dibilang gampang ahaha, cari ide yang masih agak kesulitan kalau udah dapat mah asik benar nih jari-jari menari di keyboard.


Teman semakin banyak dan ramah tamah


Ah, sudah di berapa konten aku isi dengan begitu bahagianya mendapat teman baru karena memang aku sangat suka berteman di online, sok kenal, sok akrab begitu lah aku, tapi jangan tanya kalau di nyata bagaimana, diem seribu bahasa kalau ketemu orang baru!


Mungkin bagi orang manfaat ini terkesan sepele, tapi bagi aku tidak. Coba bayangkan, jika guru-guru yang ngajar kalian sangat galak, nggak pernah senyum, marah terus, berani nggak ngebacot nanya ini itu? aku mah langsung kicep.


Beruntung sekali bergabung dengan ODOP blogger squad ini, hari-hari diisi dengan candaan, apalagi yang paling dominan disana adalah emak-emak yang produktif, sudah punya anak masih saja meluangkan waktunya untuk menyimak materi, mengerjakan tugas dan sebagainya, salut benar akutu. Yah pasti paham lah bagaimana sifat emak-emak kalau sudah membahas suatu persoalan, sekalipun aku jarang nimbrung (karena aku malu ahaha) aku tetap menikmati solidaritas teman-teman disana.


Apalagi untuk para suhu yang sudah sukses, mau-maunya mereka mengajari gratis untuk aku yang benar-benar buta tentang blog, sabar banget menjawab pertanyaan-pertanyaan sepele ku. Dulu mah, yang penting nge post, sekarang harus mikir keras dulu dong biar yang di tulis muncul di halaman utama google, apalagi jadi page on. Uh manteep.


Sukses lebih cepat


Pernah dengar kata pepatah tidak? Ah aku lupa isi sebenarnya tapi intinya, membaca buku tanpa guru itu akan lebih berdampak sesat. Betul tidak? Iya sekalipun nggak semuanya tapi menurutku guru tetap penting memang. Otak atik sendiri sih ya boleh saja, tapi kalau berurusan dengan ini alamak, takut. Pernah dulu, sebelum masuk ODOP blogger squad ada orang yang baik sangat mengotak atik blog ku, sampai template premium ia kasih gratis buatku. Setelah aku disuruh buat ini itu aku salah langkah dong, ewuh! Marah besar dia mah, bilang kalau kesalahan ku kali ini fatal! Eu,, semoga itu berlaku satu kali saja.


Hm, kembali ke pembahasan awal.


Bergabung dengan squad itu membuat aku lebih banyak dan gampang mendapatkan ilmu, daripada suruh nyari sendiri wkwk. apalagi sekali dapat materi langsung praktek, gimana nggak bisa sukses? Setelah coba-coba cek, Alhamdulillah sekali salah satu artikel ku berada di halaman utama google! Meski belum page on, nggak papa lah, ini sangat membahagiakan. Alhamdulillah.


Baru-baru masuk, blog kita di tuntut untuk berdomain, aku yang notabenenya memang sudah berdomain santai-santai saja, beda dengan beberapa orang yang belum, histeris wkwk tapi ini memang untuk kebaikan kita kan?


Setelah itu kita langsung di suguhi materi SEO ON PAGE (sebuah langkah untuk mengoptimasi artikel agar mudah dibaca pembaca dan memperoleh posisi terbaik di google), membuat GA (Google analytic) dan membuat beberapa akun sosmed kemudian menanam link disana. Benar-benar bermanfaat.


Ini masih baru-baru bergabung dengan ODOP blogger squad materinya daging bener dan traffic blog juga lumayan wkwk. apalagi kalau tetap disana sampai kapan pun, ah bismillah terbayar lah nanti perpanjangan domain ku tanpa merogoh saku wkwk. Rugi benar nggak masuk, serius!


Baca juga 

Lulus ODOP